Pakai Zoom Meeting Selama Kerja di Rumah? Ini Dos dan Don’t yang Perlu Diperhatikan

Pakai Zoom Meeting Selama Kerja di Rumah? Ini Dos dan Don’t yang Perlu Diperhatikan

Lori Official Writer
1040

Walaupun kerja di rumah, kamu tetap saja diwajibkan ikut meeting kantor. Tapi caranya ya harus pakai aplikasi video online seperti zoom meeting.

Nah, selama mengikuti zoom meeting ini kamu perlu tahu beberapa aturan yang penting.

Beberapa diantaranya adalah:

Dos

1. Pastikan kamera web menyala, kondisi ruangan dengan pencahayaan yang bagus dan ketersediaan internet

Bagi karyawan yang merasa masih baru dengan aplikasi ini perlu mencatat apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengaktifkan zoom meeting.

Salah satu diantaranya adalah memastikan kamera hp atau zeb adalam keadaan baik. Periksa juga ketersediaan internetmu yang setidaknya punya kapasitas 2 0 mb per detik. Dan terakhir pastikan pencahayaan ruangan baik.

2. Bisukan audio

Pada dasarnya zoom meeting ini bisa diatur oleh host atau penyelenggara meeting sendiri. Tapi alangkah baiknya untuk memastikan setiap anggota yang ikut serta tahu perannya. Termasuk saat pertemuan dimulai. Jadi pastikanlah untuk membisukan audio ketika rekan lain berbicara. Dan juga kamu ingin mencoba untuk berbicara, kamu bisa kembali mengatifkan audionya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari feedback atau kebisingan dari suara-suara lain dan meeting bisa berjalan dengan fokus.

Selain itu, kamu juga bisa mematikan video jika tidak ingin kehabisan terlalu banyak quota internet dan memastikan meeting bisa berjalan dengan lancar.


Baca Juga: Ini 5 Cara Kita Kasih Dukungan ke Usaha Lokal Biar Tetap Jalan Selama Wabah Corona


Dont

1. Jangan beralih saat meeting

Aplikasi zoom punya fitur yang mengatur host bisa mendeteksi apakah peserta fokus di tempat selama meeting atau beralih selama 30 detik. Jadi, pastikan untuk tetap fokus dan efisien.

2. Jangan biarkan orang lain ada di sekitar

Salah satu hal yang jadi perhatian saat melakukan meeting zoom adalah latar belakang videomu. Bisa saja rekan lain dan orang lain tidak fokus dengan meeting karena memperhatikan ada orang lain yang sedang ngobrol atau melakukan panggilan telepon di sekitarmu.

Jadi sebisa mungkin jangan melakukan zoom meeting di tengah kerumunan orang. Sebaliknya, ambillah tempat yang nyaman dan sepi supaya kamu bisa berkonsentrasi dan pertemuan pun berjalan dengan baik.

Di masa-masa ini, kita pasti akan tergantung dengan aplikasi pertemuan video. Sehingga penting untuk memahami apa yang bisa dan gak bisa kita lakukan selama pertemuan ini berlangsung.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami