3 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Tabungan

3 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Tabungan

Claudia Jessica Official Writer
661

Kamu ingin menabung dengan jumlah yang lebih banyak namun pemasukan tetap gitu-gitu aja? Kira-kira bisa gak ya nabung lebih banyak dengan pemasukan yang sama?

Kalua ada cara untuk nabung lebih banyak, gimana ya? Ayo simak 3 cara sederhana di bawah ini ya JCers.

Baca juga: Tahun 2020, Saatnya Memikirkan Pernikahan. Yuk, Nabung Bersama Pacar Dengan Cara Ini!

Tingkatkan Tabungan dengan Mengubah Kebiasaan

Langkah pertama sebelum masuk ke tips cara sederhana untuk meningkatkan tabungan adalah, perhatikan dulu catatan pengeluaranmu selama dua sampai tiga bulan terakhir.

Periksalah apakah kamu banyak mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak begitu diperlukan? Apakah kamu mengeluarkan uang untuk kopi setiap harinya? Apakah kamu menghabiskan Rp. 20.000,00 setiap harinya untuk makan siang?

Bagaimana jika lakukan puasa seminggu sekali dan menghemat Rp. 20.000,00 daripada membelanjakannya? Jika kamu melakukan ini sekali seminggu selama setahun maka kamu bisa menambah Rp. 960.000,00 tabunganmu. Hampir sejuta. Mengejutkan? Saya juga begitu. Sekarang, mulailah menerapkan logika yang sama untuk penyesuaian lain yang dapat kamu lakukan dalam gaya hidupmu.

Baca juga: Walaupun Kudu Nabung, Sekali-kali Reward Diri Sendiri Dengan 4 Hal Ini…

Tingkatkan Tabungan dengan Menghilangkan Pembelian Impulsif

Mulai lihat pembelian ‘impulsif’ sebagai salah satu musuh yang harus dilawan dalam pertempuran untuk menabung lebih banyak.

Pembelian impulsif melanggar aturan untuk belanja bijak seperti: berbelanja dengan kualitas terbaik, menjaga penggunaan kartu kredit, hanya membeli yang dibutuhkan, membeli yang praktis dan memeriksa kualitas dengan cermat.

Larry Burkett, seorang Almarhum guru keuangan sering menyarankan untuk mempertahankan "daftar impuls" yang berfungsi seperti ini:s

• Jangan pernah membeli apa pun kecuali kamu telah membuat anggarannya. Sebagai gantinya, tuliskan pada daftar impulsif kamu.

• Dapatkan setidaknya tiga harga untuk item yang sama dari sumber yang berbeda.

• Tunggu setidaknya 10 hari untuk membelinya.

• Tidak pernah memiliki lebih dari satu item dalam daftar kamu.

Satu-satunya cara untuk menaklukkan impuls adalah disiplin diri. Tanpa disiplin, tidak ada anggaran yang akan membantu. ‘Karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.’ (2 Petrus 2: 9b)

Baca juga: 4 Prinsip Ini, Dijamin Ampuh Bikin Anak Kamu Rajin Menabung Sedari Kecil!

Tingkatkan Tabungan dengan Menyerahkan Diri pada Otomatisasi

Ini salah satu caranya: setor gajimu ke rekening giro bank lokal. Kemudian, buatlah rekening tabungan di bank online (bank-bank semacam itu biasanya membayar tingkat bunga yang lebih tinggi) dan mintalah bank online untuk melakukan transfer otomatis sejumlah uang dari bank lokalmu ke tabungan online kamu setiap kali kamu menerima gaji.

Gimana JCers? Mudah, nyaman, dan menawarkan disiplin yang bermanfaat bukan? Ayo mulai dicoba kalua kamu mau punya tabungan yang lebih banyak. Selamat mencoba!

Baca juga: Nabung Super Logis Buat Ke Luar Negeri, Yuk Mulai Komitmen 3 Cara Ini

Sumber : CBN

Ikuti Kami