Lori Mora

Official Writer
520


Kenapa kita harus melindungi orangtua yang sudah berusia lanjut dari risiko terinfeksi virus corona?

Ini adalah pertanyaan yang menarik dan wajib kita ketahui bersama. Sebagaimana dari hasil laporan pasien penderita virus corona di berbagai negara, rata-rata pasien yang tidak tertolong akibat virus ini adalah mereka yang sudah lanjut usia. Karena itulah para pakar kesehatan dan ilmuwan terus menghimbau untuk mengambil langkah yang cepat untuk melindungi diri dari infeksi virus yang bisa muncul darimana saja. Terutama sangat dianjurkan kepada orangtua berusia 60 tahun ke atas dan juga anak-anak di bawah umur.

Sebagaimana disampaikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), orangtua yang memiliki riwayat medis sebelumnya seperti diabetes atau kanker paru-paru bisa sangat mudah terinfeksi virus corona. Karena kekebalan tubuh mereka rata-rata rendah. Mereka juga dua kali akan lebih mungkin mengalami komplikasi kesehatan yang serius jika terkena virus corona.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA menyampaikan bahwa tingkat kematian akibat virus corona hampir 15% terjadi kepada orangtua di atas 80 tahun. Sementara mereka yang berusia lebih muda hanya berisiko mengalami kematian sebesar 2.3%.

Meskipun hal ini kedengarannya mengerikan. Tapi tetap saja ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah orangtua terinfeksi virus ini.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah:

1. Menunda rencana perjalanan

Tempat yang paling aman bagi orangtua saat ini adalah tetap tinggal di rumah. Membatalkan rencana perjalanan ke suatu tempat di masa-masa pandemi ini sangat membantu orangtua untuk tidak terjangkit. Karena kebanyakan pasien virus corona tertular ketika berpapasan atau bertemu dengan orang lain yang bahkan tidak mereka kenal.

2. Hindari pertemuan atau perkumpulan sosial

Entah itu seminar atau pertemuan dengan banyak orang, orangtua usia lanjut dharapkan menahan diri untuk menghadirinya. Alasannya adalah karena pertemuan sosial yang melibatkan tindakan bersalaman, berpelukan, saling menyentuh dan berinteraksi dengan seseorang yang terinfeksi hanya akan mencari penyakit.

Karena itu, orang dewasa yang lebih tua harus selalu ingat bahwa walaupun mereka sedang dalam pengobatan dan kondisinya stabil, situasinya mungkin bisa jadi lebih buruk jika terinfeksi virus COVID-19.

3. Tunda untuk melakukan kunjungan dengan cucu

Seperti kita tahu, anak-anak juga bisa dengan mudah terinfeksi virus karena sistem kekebalan tubuh mereka yang masih belum sempurna. Saat orang dewasa yang lebih tua terkena virus corona selama kunjungan dengan cucunya yang masih bayi atau balita, kemungkinan penularan akan terjadi kepada anak. Karena itulah, akan lebih baik menunda kunjungan sampai wabah benar-benar berakhir sepenuhnya.


Baca Juga: Dokter Sovian Anugrah dari OBI Beberkan 4 Fakta Soal Virus Corona


4. Batalkan kunjungan pemeriksaan dokter untuk sementara waktu

Orangtua yang punya riwayat penyakit tertentu pastinya harus melakukan kunjungan rutin ke dokter. Tapi untuk beberapa bulan ini, pastikan untuk menundanya. Karena rumah sakit atau ruang dokter yang banyak dikunjungi oleh pasien lain yang seusia bisa saja jadi sumber virus corona.

Tapi bagi orangtua yang kondisi kesehatannya memang membutuhkan pemeriksaan, mungkin bisa dilakukan dengan mengundang dokter datang ke rumah atau melakukan pemeriksaan dengan cara yang lebih aman.

5. Hindari pertemuan keluarga

Untuk menjaga kesehatan dari penularan virus yang mungkin dibawa oleh salah satu anggota keluarga, sebaiknya tundalah untuk kumpul bareng keluarga. Gantilah pertemuan dengan menggunakan pertemuan online. Hal ini bisa sangat membantu orangtua untuk tidak merasa sendiri dan kesepian di tengah masa-masa isolasi diri saat ini.

6. Atur rutinitas harian dengan baik

Virus akan sangat mudah terinfeksi kepada orang yang kekebalan tubuhnya rendah. Karena itu, orang yang lebih tua perlu memperhatikan rutinitas hariannya dengan benar. Misalnya tetap tidur yang cukup, mengkonsumsi makanan-makanan sehat serta berolahraga.

Kebiasaan-kebiasaan sehat ini akan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi demi kesehatanmu, putuskanlah untuk lebih banyak berdiam diri di rumah sampai wabah virus corona ini benar-benar berakhir.


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami: http://bit.ly/InginDidoakanAnda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling: http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : Boldsky.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3