Tiap Jam Kita Minimal Pegang Wajah 16 Kali, Sadar Yuk Biar Bantu Stop Penyebaran Corona

Tiap Jam Kita Minimal Pegang Wajah 16 Kali, Sadar Yuk Biar Bantu Stop Penyebaran Corona

Puji Astuti Official Writer
1867

Sebuah riset di tahun 2008 terhadap 10 subjek di sebuah perkantoran menyimpulkan bahwa mereka dalam satu jam menyentuh wajah sebanyak 16 kali, sedangkan penelitian di tahun 2015 terhadap mahasiswa medis di Australia menyatakan bahwa setiap jam mereka menyentuh wajah sebanyak 26 kali.

Kita memegang wajah karena hidung gatal, mata terasa lelah atau mengucek mata,menggaruk pipi, mengusap mulut, dan banyak hal lainnya. Hal ini sudah menjadi kebiasaan dan sering kita lakukan tanpa sadar, padahal dengan adanya pandemic corona virus ini, memegang wajah bisa memperbesar potensi tertular atau menulurkan kepada orang lain.

Tahukah kamu, menyentuh wajah bisa menjadi indikasi tingkat stress?

Laman CNN mengutip penelitian pemerintah federal Amerika yang dilakukan pada tahun 2014 yang menyatakan bahwa menyentuh atau memegang awajah adalah salah satu gestur menunjukkan ketidaknyamanan. Karenanya memegang wajah bisa menjadi salah satu cara mengurangi stress.

Menurut dr.Dawn Mueni Becker, seorang ahli penyakit menular dari Gainesville, Florida, manusia menyentuh wajah secara spontan dan akan semakin sering dilakukan saat tekanan yang ia alami meningkat. Hal ini sering dilakukan dalam keadaan sadar, maupun tidak sadar.

Bangun kesadaran untuk berhenti menyentuh wajah

Penyebaran virus corona dan penyakit menular lainnya melalui mata, hidung dan mulut harus benar-benar kita mengerti. Dengan kesadaran ini, maka kita akan berpikir ulang saat akan menyentuh bagian dari wajah kita.

Baca juga :

Krisis Virus Corona Bisa Menghancurkan Atau Melesatkan Usahamu, Coba 5 Tips Ini!

Para Pemimpin Agama Israel dan Iran Ini Klaim Wabah Virus Corona Terjadi Karena Alasan Ini

Menghentikan kebiasaan ini tentu tidak mudah, butuh terus menerus diingatkan dan juga mengingatkan diri sendiri. Teruslah berusaha, hingga kebiasaan untuk memegang wajah ini berkurang seminimal mungkin.

Cuci tangan sesering mungkin menjadi kunci mengurangi penyebaran virus dan penyakit

Sebagai tindakan penjegahan karena kebiasaan memegang wajah ini, maka kita harus sering-sering untuk mencuci tangan. Pastikan mencuci tangan kamu dengan benar menggunakan sabun, minimal selama 20 detik.

Bayangkan bahwa sebelum atau sesudah kamu memegang wajahmu, kamu kemudian memegang handphone, laptop, meja, lalu pegangan pintu dan benda-benda lainnya. Saat kita memegang benda-benda lain itulah resiko infeksi dan penyebaran virus terjadi.

Selain cuci tangan, kamu juga bisa menggantinya dengan memakai hand sanitizer ya. Pastikan mengandung alcohol minimal 60% seperti standar kesehatan yang berlaku.

Buat pengingat yang kreatif untuk tidak menyentuh wajah

Kamu bisa membuat tulisan dengan post it dan menempelkannya di komputermu dan di tempat-tempat yang mudah kamu lihat untuk mengingatkan kamu tidak menyentuh wajahmu. Kamu juga bisa memakai gelang atau cincin sebagai symbol peringatan bahaya menyentuh wajah.

Kebiasaan menyentuh wajah ini bisa dihentikan, memang butuh kerja keras sedikit sih. Tapi untuk kesehatan kita dan juga orang-orang disekitar, yuk kita melakukannya dengan sukacita.

Tetap jaga kesehatan ya JCers, terus berdoa dan juga saling menguatkan iman di masa-masa krisis seperti saat ini. Tuhan memberkati. 

Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling.

http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami