Puji Astuti

Official Writer
697


Hi JCers, kamu pasti kenal dengan murid Yesus yang bernama Simon Petrus, tapi apakah kamu kenal dengan  murid yang bernama Simon Orang Zelot?

Simon orang Zelot  adalah satu dari 1 rasul  pertama Yesus  Kristus  menurut catatan  Alkitab . Ia disebut juga sebagai "Simon Kananaios" atau "Simon orang Kanani". Jejak kerasulannya tidak banyak dikenal dan sedikit tulisan mengenai dirinya.

Berikut 5 Fakta menarik mengenai Simon Orang Zelot?

1.     Arti nama Zelot

Simon orang Zelot lahir di kota Kana provinsi Galilea pada abad pertama Masehi. Kata "Zelot" diturunkan dari bahasa Ibrani, qana, yang berarti "orang yang tekun". Selain itu, kata Zelot juga berarti kota Kana atau daerah Kanaan. Sedangkan dalam Bahasa Yunani, kata Zelot berarti orang yang sangat rajin, giat dan sangat bersemangat.

Zelot juga merupakan sebutan untuk sebuah kelompok pemberontak terhadap pemerintahan Romawi. Simon orang Zelot adalah bagian dari kelompok itu, ia ditempa dan dididik oleh Yudas dari Gamala di Galilea (Kisah Para Rasul 5:37).

Kelompok Zelot adalah pengikut “Theokrasi”yang murni, religius dan fanatik. Kelompok ini mendidik para anggotanya untuk berani mati demi kemandirian dan kemajuan bangsa dan agama Yahudi, dan sangat merendahkan orang Romawi yang menjajah mereka.

2.     Perjalanan Simon Orang Zelot Menjadi Murid Yesus

Alkitab tidak menceritakan kapan Simon orang Zelot ini pertama kali diajak bergabung menjadi murid Tuhan Yesus, tetapi tradisi menyatakan bahwa Tuhan Yesus memanggilnya pada saat yang sama ketika Yesus memanggil Andreas, Simon Petrus, Yakobus, Yohanes, Yudas dan Tadeus (Matius 4:18-22).

Kita juga tidak menemukan banyak hal berhubungan dengan pelayanan Simon orang Zelot ini, tetapi semangatnya dalam mengikut Tuhan serta ketaatannya dalam panggilan menjadi murid adalah hal yang penting yang jelas nampak dalam diri Simon orang Zelot.

 3.     Mengubur Ambisi karena Mengikut Yesus

Simon dan kelompoknya, Zelot beberapa kali memberontak sebelum masa Kristus, dan juga seringkali dipukul mundur dan pemimpinnya dibunuh oleh pasukan Romawi. Meskipun kelompok pemberontak bersenjata, orang Zelot rupanya sangat kuat dalam pandangan Mesianik. Mereka percaya bahwa akan datang Mesias yang akan mengangkat pedang memimpin Israel mengusir seluruh bangsa asing yang menjajah Israel, termasuk Kekaisaran Romawi saat itu.

Mulanya Simon melihat ada hal yang sama dari Tuhan Yesus, Sang Mesias yang diyakininya akan membebaskan Israel dari belenggu penjajahan Romawi. Tetapi, pada akhirnya Simon sadar siapa Tuhan Yesus sesungguhnya dan apa yang sesungguhnya dikerjakan Mesias bagi Israel dan bagi dunia. Simon orang Zelot mengubur ambisi, visi, mimpi dan cita-cita duniawinya untuk tunduk kepada kehendak Kristus bagi dunia.

4.      Lokasi Pelayanan Simon Orang Zelot

Menurut sumber tradisi gereja koptik Mesir, bahwa Simon orang Zelot pernah mengabarkan Injil di Mesir, Afrika, Britania dan Persia. Sedangkan menurut Nicephorus dari Konstantinopel (758-828 Masehi), menuliskan bahwa: “Simon, yang lahir di Kana, Galilea, yang juga disebut Zelot, setelah menerima Roh Kudus dari Sorga, mengadakan perjalanan dari Mesir ke Afrika. Lalu Mauritania dan Libia untuk memberitakan Injil. Dan ajaran yang sama dia ajarkan juga di seputar Samudera Atlantik dan kepulauan yang dikenal sebagai Britania.” 

5.      Kematian Simon Orang Zelot

Alkitab tidak membahas seperti apa kematian Simon Orang Zelot. Namun kuat dugaan bahwa Simon Orang Zelot dan Tadeus, murid Yesus lainnya, keduanya  mengalami penyiksaan yang luar biasa. Mereka di rajam batu, digergaji lalu dibunuh dengan pedang di Persia. Diperkirakan Simon menjadi martir antara tahun 65 – 107 Masehi.

Nah itulah beberapa Fakta Alkitab mengenai Simon Orang Zelot, pria yang rela melepaskan ambisinya untuk memenuhi misi Kristus. Apakah kamu terinspirasi untuk mengikuti jejaknya? Yuk lepaskan ambisi duniawi kita, dan kita kejar panggilan Tuhan dalam hidup kita.

Itulah Fakta Alkitab kali ini, kalau kamu mau menonton video-video inspiratif dan membangun lainnya, yuk kunjungi dan Subscribe JC Channel di link YouTube ini. God bless you!



Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7258

Mitra Banner Maret Week 3