Harus Bekerja Dari Rumah Karena Pandemic Corona Virus, Bagaimana Agar Tetap Produktif?

Harus Bekerja Dari Rumah Karena Pandemic Corona Virus, Bagaimana Agar Tetap Produktif?

Puji Astuti Official Writer
732

Kemarin saya berbincang dengan seorang teman, dia bercerita bahwa perusahaannya membuat para karyawan harus bekerja dari rumah meresponi pandemic Corona virus atau COVID-19 saat ini.

Sepertinya menyenangkan ya,bisa bekerja dari rumah. Ngga perlu bangun pagi untuk berjuang melawan kemacetan untuk sampai kantor. Namun harus ingat ya, kalau kamu bekerja dari rumah, itu bukan berarti kamu lagi libur loh.

Kamu harus tetap bekerja sesuai dengan target dan juga jam kerja, selain itu kamu juga dituntut untuk tetap produktif. Gimana caranya?

1.    Pilih tempat dimana kamu bisa fokus dan tidak terganggu oleh aktifitas disekitarmu

Salah satu tantangan saat bekerja di rumah adalah gangguan dari anggota keluargamu, mungkin istri yang mondar-mandir, anak-anak yang bermain, dan lainnya.

Jadi pastikan kamu menemukan tempat dimana kamu bisa meminta agar anggota keluargamu tidak mengganggumu saat kamu bekerja. Mungkin itu di kamarmu, atau di ruang tamu, ada meja di pojokan yang biasa kamu gunakan.

2.   Buatlah jadwal dan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, dan fokus mengerjakannya

Jika kamu baru pertama kali mengerjakan pekerjaan dari jarak jauh atau remote, maka akan sedikit membingungkan. Untuk itu, kamu perlu membuat rencana kerja, apa saja target yang harus kamu selesaikan.

Buatlah daftar pekerjaan, dan juga tenggat waktunya. Lakukan langkah demi langkah, serta jangan lupa untuk membuat laporan produktifitasmu.

3.       Jadwalkan untuk pertemuan dengan webbinar atau video conference

Bekerja dari rumah, bukan berarti tidak bisa berkomunikasi dengan atasan dan rekan kerja. Seringkali apa yang kita kerjakan berkaitan dengan rekan kerja kita, jadi perlu melakukan koordinasi, baik dengan atasan, rekan kerja atau bawahanmu atau bahkan klien dari perusahaanmu.

Saat ini sudah banyak perangkat lunak atau aplikasi yang memungkinkan kamu melakukan video conference atau conference call dari berbagai lokasi sekaligus. Pastikan untuk menyepakati jadwalnya bersama ya

4.       Berikan update lebih sering dari biasanya

Mengapa harus lebih sering? Karena kamu tidak bertemu secara langsung, kemungkinan miskomunikasi akan semakin besar. Jadi dengan melakukan update lebih sering akan menghindari kesalahan dan juga akan memberikan hasil akhir yang lebih baik.

5.       Perhatikan keamanan internetmu

Karena kamu bekerja dari rumah atau tidak di kantor, perhatikan akses internetmu, jangan sampai diretas dan membahayaan keamanan data pekerjaanmu. Pastikan kamu menggunakan jasa professional untuk mengamankan jaringan internetmu ya.

6.       Jangan lupa istirahat juga, tapi jangan kelamaan juga ya..

Kadang kalau sudah asik kerja jadi suka lupa waktu, nah, untuk itu penting untuk mengambil waktu istirahat yang sudah kamu jadwalkan. Tapi juga jangan kelamaan ya, nanti pekerjaanmu malah terbengkalai.

Apapun kondisi saat ini, JCers harus tetap percaya bahwa Tuhan memegang kendali atas kehidupan kita ya. Mau bekerja dari rumah atau tetap harus ke kantor, yang terpenting adalah kamu harus terus menjaga kesehatan dan imun tubuhmu, sering-seringlah cuci tangan, terus berdoa dan bekerja dengan penuh semangat.

Semangat ya, God bless you!


Baca juga : 

Bekerja Dari Rumah? Yuk Bangun Lingkungan Kerja Yang Efektif Dengan 4 Tips Ini

Menikah dan Memutuskan Kerja Dari Rumah? Lakukan Hal Ini Biar Nggak Menyesal

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami