Lori Mora

Official Writer
336


Ian Lightfoot adalah seorang sosok elf berusia 16 tahun yang mencari keberanian dan kepercayaan dirinya. Untuk itulah dia ingin menjadi seperti sosok ayahnya yang dikenal banyak orang sebagai pria yang hebat.

Sayangnya, Ian tak pernah bisa mengenal sosok sang ayah karena dia meninggal sebelum Ian lahir. Kakak laki-lakinya Barley lah yang menceritakan beberapa kenangan tentang ayah mereka.

Menyadari kerinduan putra bungsunya kepada sang ayah, ibu Ian pun akhirnya memberikan hadiah terakhir dari sang ayah untuk mereka. Siapa sangka hadiah itu adalah sebuah benda yang bisa menghadirkan sang ayah hanya dalam 24 jam saja. Untuk membuatnya berhasil, benda itu harus dijalankan dengan mantra. Sayangnya, mantra itu tidak bekerja sesuai dengan harapan mereka. Satu-satunya cara untuk membuatnya berhasil adalah mencari sebuah permata yang bisa membantu mantra tersebut bekerja.

Ian dan Barley pun melakukan perjalanan untuk mencari Permata Phoenix kristal tersebut. Jika mereka bisa menemukan permata itu dalam waktu 24 jam, Ian pasti bisa menikmati percakapan bersama dengan ayah yang selalu dia banggakan.

Film Onward adalah kisah animasi Disney/Pixar tentang petualangan dua remaja bersaudara Ian dan Barley. Film ini sendiri dibintangi oleh Tom Holland sebagai Ian dan Chris Pratt sebagai Barley. Sang ibu sendiri diperankan oleh Julia Louis-Dreyfus. Film ini sendiri menceritakan tentang kehidupan masyarakat di suburban Mushroomton yang dipenuhi dengan kisah peri-peri. Walaupun nenek moyang mereka masih menggunakan sihir, namun sebagai masyarakat yang sudah modern Ian dan keluarganya sudah menjalani hidup dengan cara yang normal.

Nah, karena film animasi ini dipadukan dengan kisah magic, ada baiknya orangtua mengetahui 4 hal ini sebelum mengajak anak menontonnya:

1. Onward bercerita tentang ikatan di dalam keluarga

Dari awal sampai akhir cerita, Onward menyoroti pentingnya sosok ayah dalam kehidupan seorang anak.

Walaupun di dalam film ini Ian tetap punya sosok ibu yang sangat hebat. Tapi dia tetap rindu dengan sosok ayahnya yang tak pernah dia kenal. Dia selalu menanyakan bagaimana sosok sang ayah kepada ibu dan juga kakaknya Barley.

Dan Ian pun mendapatkan kesempatan untuk bertemu sang ayah setelah berhasil menemukan permata dan membuat mantranya bekerja. Dia lalu membuat daftar hal yang ingin dia lakukan bersama sang ayah selama sisa waktu yang mereka punya.

Film ini mengajarkan tentang kisah hubungan antara ayah dan anak serta beberapa adegan pilu yang mengikutinya.

Hal inilah yang membuat Onward sebagai film yang juga bisa mendorong para ayah untuk menonton film ini dan menyadari betapa pentingnya peran mereka dalam proses tumbuh kembang anak.

2. Berlatar tentang kisah dunia sihir

Sama seperti film-film Disney lainnya, Onward, sedikit banyaknya menyuguhkan tentang dunia sihir atau magic.

Untungnya, sihir yang digunakan dalam film ini masih dalam sisi yang positif.

Di awal film ini akan disuguhkan tentang kehidupan yang penuh dengan keajaiban, petualangan dan campur tangan budaya sihir dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Namun karena sihir cukup sulit untuk dikuasai, dunia menemukan cara yang lebih sederhana untuk bertahan hidup yaitu dengan menciptakan fasilitas pendukung seperti lampu, alat elektronik dan smartphone. Seiring waktu sihir pun lenyap.

Namun Ian kembali menghadirkannya melalui petualangan yang dilakukannya bersama Barley. Jika biasanya orang yang menguasai sihir bertujuan untuk kejahatan, maka Ian memakainya untuk menghadirkan sosok ayahnya sendiri.

Tapi, film ini tetap gak terlepas dari berbagai gambaran tentang dunia peri yaitu hadirnya sang peri, kostum dunia sihir, elf dan sebagainya.


Baca Juga: 

Film Pendek Ini Bisa Bantu Atasi Anak Saat Marah. Ditonton Yuk Parents!

Bahayanya Anak Nonton Film Horor Ini, Jadi Tamparan Keras Bagi Semua Orangtua


3. Mengajarkan tentang mengharga saat ini dan orang-orang terdekat

Yakobus 4: 14 menyampaikan tentang arti hidup. Sebagai manusia kita sering kali menyesali waktu yang sudah berlalu. Karena kita tahu waktu tidak akan pernah kembali.

"…sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap." (Yakobus 4: 14)

Bicara tentang kehidupan, film ini mengajak semua penontonnya untuk menghargai waktu kita dan orang-orang di sekitar kita, entah itu orangtua, saudara, anak-anak dan teman-teman kita. Film ini mendorong kita untuk menjalani setiap hari seolah-olah hari esok tidak akan datang.

Hal inilah yang dilakukan oleh Ian dan Barley. Mereka menemukan kembali beberapa keajaiban yang mengubah hidup mereka dan menjadi pribadi yang saling menghargai.

Onward bisa mengajarkan anak tentang bagaimana menjadi akrab dengan saudara sendiri dan tetap bersyukur atas segala sesuatu.

4. Beberapa adegan terkesan kurang tepat

Meskipun pesan yang disampaikan sangat menginspirasi, sayangnya beberapa adegannya cukup mengkuatirkan untuk ditonton oleh anak-anak.

Onward sendiri diisi dengan adegan yang kurang penting. Dimana muncul seorang polisi wanita dan seorang pria bersama anak tirinya. Adegan tersebut dianggap sangat tidak berkaitan dengan alur cerita.

Secara keseluruhan, empat poin di atas patut mendapatkan perhatian dari orangtua. Kalau memang anak memaksa untuk menontonnya, dampingilah dia dan bimbing dia untuk mengerti tentang pesan film. Sampaikan hal apa yang mereka harus petik dan apa yang tidak bisa ditiru.

Langkah melindungi anak dari konten-konten berbahaya harus dimulai dari orangtua sendiri. Karena itu pastikanlah untuk selalu memeriksa dan mencari tahu informasi tentang berbagai konten yang akan ditonton atau dimainkan anak.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3