#FaktaAlkitab - Kisah Tentang Murid-murid Tuhan Yesus - Yakobus Anak Alfeus

#FaktaAlkitab - Kisah Tentang Murid-murid Tuhan Yesus - Yakobus Anak Alfeus

Puji Astuti Official Writer
1531

Apakah kamu sudah membaca seri kisah murid-murid Tuhan Yesus sebelumnya? Pastikan kamu baca ya. Nah, kali ini JC  Channel akan membahas salah satu murid Yesus yang juga saudara Simon,  dia adalah Yakobus anak Alfeus.

Semasa Yesus hidup dan berkarya, para rasul adalah orang-orang yang paling dekat denganNya. Di kemudian hari, pengikut-pengikut terdekatNya menjadi pemberita Kabar Baik yang diwariskan Yesus.

Berikut 8 Fakta menarik mengenai Yakobus Anak Alfeus?

1.      Yakobus mantan pemungut cukai

Yakobus Anak Alfeus lahir di Galilea di masa pemerintahan kekaisaran Romawi.

Nama Alfeus sendiri berasal dari nama Ayahnya, sedangkan Ibunya bernama Maria (Markus 15:40). Sebelum menjadi murid Tuhan Yesus, Yakobus Anak Alfeus bekerja sebagai seorang pemungut cukai dengan tugas sebagai kolektor pajak, tanpa paksaan kepada rakyat maupun para pedagang.

2.      Julukan-julukan untuk Yakobus Anak Alfeus

Beberapa julukan yang digunakan untuk merujuk pada Yakobus Anak Alfeus antara lain  Yakobus yang Adil atau Yakobus yang Benar. Yakobus anak Alfeus sering juga disebut Yakobus Muda atau dalambahasa latin disebut ho micros yang berarti yang kecil (Markus 15:40).

3.      Yakobus Alfeus berbeda dengan Yakobus Tua

Ada dua nama murid Yesus yang bernama Yakobus. Selain Yakobus Muda ada juga Yakobus Tua. Keduanya adalah murid Yesus yang berbeda. Ayah Yakobus Tua adalah Zebedeus sedangkan Ibunya bernama Salome.

Alasan penyebutan Yakobus Muda diduga disebabkan karena postur tubuhnya yang kecil, dan usianya yang lebih muda dari Yakobus anak Zebedeus. Alasan lain menyebutkan bahwa Yakobus Tua lebih dahulu dipilih menjadi murid dibandingkan Yakobus Muda.

4.      Saudara Matius

Persamaan nama ayah dari Yakobus dan Matius mengindikasikan menjadi salah satu alasan teolog mempercayai bahwa mereka bersaudara, selain itu mereka juga memiliki profesi yang sama yakni sebagai pemungut cukai (Markus 2:14). Dalam Injil Markus, nama lain dari Matius adalah Lewi. Diperkirakan Yakobus mengikuti Tuhan Yesus oleh karena perubahan hidup Matius yang lebih dulu bertobat.

5.      Nama Yakobus Alfeus hanya disebut dengan jelas sebanyak 4 kali dalam Alkitab

Alkitab menceritakan cukup banyak mengenai kehidupan dan pelayanan dari beberapa murid Tuhan Yesus. Sebaliknya, beberapa diantaranya tidak terlalu menonjol, salah satunya Rasul Yakobus anak Alfeus. Kehidupan, tugas dan pelayanannya sangat jarang disebutkan dalam catatan kitab Injil.

Dalam daftar 12 rasul yang dicatat dalam kitab Perjanjian Baru, nama Yakobus Muda hanya disebutkan dengan jelas dalam Matius 10:3, Markus 3:18, Lukas 6:15, dan Kisah Para Rasul 1:13.

6.      Penulis Kitab Surat Yakobus

Surat Yakobus adalah salah satu kitab dalam Perjanjian Baru. Kitab ini digolongkan ke dalam "Surat-surat Am" atau surat-surat yang ditujukan untuk umum, bukan kepada pribadi atau jemaat tertentu. Penulisnya ialah Yakobus anak Alfeus yang memperkenalkan dirinya sebagai "hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus," (Yakobus 1:1).

7.      Sokoguru Jemaat

Alkitab tidak banyak mencatat tentang kebersamaan Yakobus Alfeus dengan Tuhan Yesus. Nama Yakobus mulai menonjol pada masa gereja mula-mula. Bahkan Paulus, menyebut Yakobus disebut sebagai salah satu sokoguru jemaat (Galatia 2:9). Yakobus mendapat kedudukan yang sama dengan Petrus dan Yohanes.

 8.      Kematian Yakobus Anak Alfeus

Beberapa cerita mengatakan bahwa Yakobus anak Alfeus mengabarkan Injil di Persia dan disalibkan di sana. Tetapi kita tidak mempunyai informasi nyata mengenai pelayanan terakhir dan kematiannya.

Jika kita mengikuti catatan gereja Katolik maka Yakobus menjadi martir saat penganiyaan jemaat Yerusalem sekitar tahun 69 M. Sementara jika menilik catatan di Gereja Ortodoks, Yakobus anak Alfeus dikisahkan melakukan penginjilan ke selatan Yerusalem, menelusuri Gaza hingga ke wilayah Ostrakine (saat ini El Felusiyat, Mesir), dan wafat disana.

Nah itulah beberapa Fakta Alkitab mengenai Yakobus Muda. Apakah kamu diberkati? Kalau diberkati, bagikan ke teman-teman di WhatsApp group dan juga sosial media ya. Supaya mereka juga bisa mendapat berkat dari artikel di atas.

Selain itu, kamu juga harus kunjungi dan subscribe akun JC Channel, untuk mendapatkan update video-video terbaru yang inspiratif DISINI. Yuk tetap semangat untuk menjadi berkat bagi sesama. Tuhan memberkati.

Sumber : JC CHANNEL

Ikuti Kami