Apa yang Harus Dilakukan Supaya Karir Sukses? Yuk Coba 5 Langkah Ini…

Apa yang Harus Dilakukan Supaya Karir Sukses? Yuk Coba 5 Langkah Ini…

Lori Official Writer
780

Dari dulu, kita ajarkan untuk menjadi sukses kita perlu sekolah, kuliah dan mendapatkan pekerjaan.

Tapi tampaknya prinsip itu mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakt. Karena di zaman ini segala sesuatu mungkin terjadi. Mereka yang gak lulus sekolah pun bahkan bisa sukses dan jadi milliarder. Kenapa bisa begitu?

Saat ini, ada begitu banyak kesempatan dan peluang yang tersedia bagi mereka yang ingin sukses dalam karir. Ada banyak orang yang berjuang untuk menjadi yang terdepan dengan menghadapi medan persaingan yang ketat. Dan satu-satunya kunci untuk mencapai puncak adalah terus berjuang dan percaya diri dengan kemampuanmu sendiri.

Ada banyak orang sukses yang bahkan gak pernah lulus dari kuliah. Tapi dengan kemampuan yang mereka punya, mereka bisa membangun karir dimulai dari nol.

Jadi apa yang harus dilakukan untuk sukses membangun karir?

1. Bikin ResumeTerbaikmu  

Perlu diperhatika! Langkah pertama ini sangat penting. Kamu yang lagi mnegelamar kerjaan atau yang pengen pindah perlu tahu kalau kunci sukses mendapat panggilan adalah membuat resume yang terbaik.

Kamu harus tahu kalau ini bukan hanya sekadar menulis satu resume dan mengirimnya ke banyak perusahaan yang berbeda. Setiap perusahaan pasti punya spesifikasi resume yang mereka perlukan, ada yang dalam bentuk tulisan, ada pula dalam belum visual atau video. Jadi buatlah resume mu sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang akan kamu tuju.

2. Tambahkan Skillmu Secara Bertahap

Terlepas bidang apapun yang kamu kerjakan saat ini, untuk terus sukses kamu perlu menambahkan skillmu secara bertahap.

Dalam sebuah wawancara di program Kick Andy yang bertajuk OB Jadi Pengusaha, rata-rata narasumbernya jadi sukses setelah punya keinginan untuk maju. Mereka gak pernah puas hanya jadi OB saja, tapi mereka terus menimba skill dengan cara apapun.

Di zaman ini, kita justru sangat terbantu karena bisa belajar sendiri dengan adanya berbagai media pembelajaran gratis.

3. Tentukan Tujuan Karirmu

Untuk mendapatkan karir yang benar-benar sukses, tujuan dan keinginan profesionalmu harus disesuaikan. Kamu hanya bisa melakukan dua hal ini dengan menyadari keterbatasanmu dan menciptakan tujuan yang realistis. Dalam hal ini, kita dituntut untuk mengenali potensi kita dan mengakui kelemahan kita.

Misalnya, kalau kamu ingin menjadi CEO di perusahaan tempatmu bekerja dalam 5 tahun kedepan, pikirkan apa yang perlu kamu lakukan dalam 12 bulan ke depan untuk menjadikannya mungkin. Lalu, pikirkan apa yang bisa kamu lakukan bulan ini, minggu ini, dan yang perlu kamu lakukan hari ini.


Baca Juga:

6 Ide Bisnis yang Lagi Ngetren Tahun 2020, Dicoba Yuk!

Keren Cuy! Cuma Dua Bulan Aja Bisnis Cuci Sepatu Shoe Bible Ini Udah Balik Modal Loh!


4. Bangun Jaringan

Mendapatkan pekerjaan impian bukan hanya tentang apa yang kamu tahu. Tapi kamu juga perlu punya jaringan yang lebih luas. Beberapa peluang karir terbaik bisa kamu dapatkan dari orang yang kamu kenal dan yang bersedia merekomendasikanmu di posisi tertentu.

Selain punya jaringan yang luas, kamu juga harus aktif di media-media tertentu seperti media pencari kerja LinkedIn, karir, job fair dan sebagainya. Kamu juga bisa memberikan kesan yang baik sebagai pekerja profesional melalui akun sosial mediamu baik Facebook, Twitter maupun Instagram.

5. Pelajari Sudut Pandang Orang Lain

 Saat sedang merintis karir, kita gak akan bisa sukses jika hanya mengandalkan cara pandang sendiri. Karena itulah penting untuk mau terbuka pada sudut pandang orang lain.

Belajarlah untuk melihat dunia dari sudut pandang orang lain dan jangan pelit untuk memberikan pujian, kebaikan dan sikap ramah atas apa yang mereka lakukan.

Hal ini berkaitan dengan pepatah yang berkata bahwa perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

Jadi baik usaha, skill, jaringan dan sikap adalah satu kesatuan yang dibutuhkan jika ingin benar-benar sukses membangun karir. Dengan terus mencoba langkah-langkah ini, kamu akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik.

"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar." (Lukas 16: 10-11)

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami