6 Ide Bisnis yang Lagi Ngetren Tahun 2020, Dicoba Yuk!
Sumber: Wikipedia

Finance / 5 March 2020

Kalangan Sendiri

6 Ide Bisnis yang Lagi Ngetren Tahun 2020, Dicoba Yuk!

Lori Official Writer
2440

Bagi kamu yang berencana resign dari kerjaan dan pengen mulai buka usaha di tahun 2020, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis bisnis apa yang akan kamu bangun.

Salah satu cara untuk menentukan jenis bisnis yang akan laris manis adalah membaca peluang usaha yang akan sukses ke depan. Karena itulah dibutuhkan riset kecil-kecilan untuk menentukan jenis bisnis yang paling tepat untuk dimulai. Karena kita gak bisa menyangkali risiko kegagalan dari membangun bisnis pun terbilang cukup besar.

Nah, untuk membantu dalam riset dan mengumpulkan perbandingan data artikel ini menyuguhkan 6 jenis bisnis yang lagi ngetren tahun 2020.

1. Bisnis makanan

Saat membangun usaha, apakah kamu cenderung mencari ide bisnis yang gak biasa? Nah, kalau kamu adalah tipe orang yang berani jadi berbeda mulailah berbisnis makanan.

Apa bedanya bisnis makanan yang sudah ada dengan yang akan kamu bangun? Jadi, sebagai ide kamu bisa memulai bisnis makanan truk. Artinya, kamu bisa jualan jenis kuliner tertentu di atas truk atau van. Bisnis semacam ini banyak dilakukan di luar negeri dan masih sangat jarang di Indonesia.

Keuntungan bisnis ini adalah kamu bisa bebas berpindah tempat sesuai dengan yang kamu mau. Dan untuk jenis makanannya, sangat disarankan menjual jenis makanan ringan seperti sandwich, kopi kafe, hamburger, spaghetti, salad atau cemilan khas Indonesia seperti tahu telor atau martabak.

Untuk membuat jenis bisnis ini semakin digemari, kamu perlu mengemas produkmu dengan packaging yang menarik, iklan yang meyakinkan dan tentunya harga yang terjangkau.

2. Kedai Kopi

Beberapa tahun belakangan, sejak jaringan internet meroket bisnis kedai kopi pun menjamur dimana-mana. Sampai saat ini, pengusaha kedai kopi pun terus bersaing mendapatkan pelanggan sejatinya.

Nah, buat kamu yang mau bangun usaha kedai kopi. Cobalah mencari ide yang lebih fresh dan jangan meniru yang sudah ada. Karena jenis kedai kopi untuk anak muda sudah banyak menjamur, cobalah jenis yang lebih tradisional dan ramah untuk kantong.

3. Bisnis Handmade

Belakangan ini pengusaha-pengusaha pemula mulai bermunculan dan rata-rata diantaranya mengusung tema baru yaitu bisnis handmade.

Dengan mengandalkan kreativitasnya, para pengusaha pemula mencoba menjual produk yang bukan hanya minim modal tapi juga berkualitas. Karena dibuat dengan tangan dan bahan sendiri.

Meskipun harganya terbilang sedikit lebih mahal. Tapi para pecinta barang berkualitas dan asli akan dengan senang hati membelinya.

Untuk usaha ini kamu bisa mulai coba membuat kerajinan macrame, sabun organik, lilin dan aromatherapi.


Baca Juga : Keren Cuy! Cuma Dua Bulan Aja Bisnis Cuci Sepatu Shoe Bible Ini Udah Balik Modal Loh!


4. Minuman Bubble

Selain kedai kopi, bisnis yang lagi naik daun saat ini adalah minuman bubble. Minuman seperti jenis Chattime, Gulu-gulu atau Koi kini sangat menjamur. Memang sih jenis minuman ini cukup menarik karena suguhan citarasanya yang manis dan kandungan susunya yang tinggi.

Nah, buat kamu yang mungkin tertarik mencoba jenis bisnis ini kamu bisa kok mencoba melakukan waralaba atau franchise. Dengan mengusung brand yang sama dan produk yang sama, kemungkinan suksesnya pun akan lebih besar.

5. Angkringan Outdoor

Orang Indonesia paling suka mencari tempat makanan sembari lesehan. Salah satu tempat angkringan favorit sepanjang masa ada di Malioboro Yogyakarta. Buat yang gak tinggal di sana pastinya sewaktu-waktu akan merasa rindu menikmati tempat serupa di sekitar tempat tinggalnya.

Dan peluang bisnis ini patut kamu ambil. Cobalah untuk membuatnya lebih sederhana. Gak perlu butuh tempat yang besar atau menyewa ruko. Kamu hanya perlu menemukan lokasi berjualan yang strategis dan memakai emperannya untuk angkringan.

Saat memulai bisnis ini, pastikan untuk menjual segala jenis makanan sate-satea, cemilan dan minuman yang paling diminati, seperti kopi, kopi susu, es teh manis, wedang, jagung rebus, jagung bakar dan sebagainya.

6. Sambal

Sadar atau gak, belakangan ini ada banyak pengusaha sambal dari berbagai jenis rasa. Ada sambal tuna, sambal roa dan juga sambal andaliman. Peluang bisnis untuk sambal ini terbilang cukup besar dan hanya membutuhkan sedikit modal.

Satu-satunya kunci sukses bisnis sambal ini hanyalah memilih jenis sambal yang paling digemari masyarakat. Dan cobalah membuatnya lebih tradisional.

Apakah artikel ini membantumu menemukan ide bisnis yang akan kamu bangun? Cobalah untuk mempelajarinya lebih dalam dan beranilah untuk memulai.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami