Lori Mora

Official Writer
522


Perubahan iklim sangat berpengaruh kuat dalam peningkatan wabah influenza (flu). Suhu udara yang berubah menyebabkan perkembangbiakan bakteri dan virus meningkat.

Faktanya, sifat penyakit flu yang mudah menular telah menginfeksi sebanyak jutaan orang setiap tahun. Saat terserang flu, penderita akan mengalami demam, batuk, nyeri di bagian tubuh, dan ingusan. Gejala lain dari flu yang dialami sebagian orang bisa berupa demam, muntah dan diare.

Bagi yang sehat, mereka akan berusaha menangkal wabah flu dengan menjaga kesehatan mulai dari mencuci tangan lebih sering, menyemprotkan hand sanitizer ke bagian tangan dan bahkan mengkonsumsi vitamin penambah daya tahan tubuh.

Dan bagi mereka yang sudah terserang flu selama sekali dalam setahun percaya kalau mereka tak akan mudah terserang flu lagi. Sayangnya, para ahli menyatakan sebaliknya. Dr. William Schaffner, seorang spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville menyampaikan bahkan rata-rata manusia akan terserang flu selama dua kali dalam setahun. Itu karena ada setidaknya empat jenis flu yang bisa muncul sewaktu-waktu yaitu flu A, B, C, dan D. Karena itulah seseorang bisa saja terserang flu dua kali oleh jenis virus yang berbeda.

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan bahwa rata-rata manusia akan terserang flu musiman jenis H3N2 atau jenis flu A. Tapi sebagian kecil orang (sekitar 10-15 persen) mengalami jenis flu H1N1 atau virus influenza B. Seseorang bisa terserang dua jenis flu ini dalam waktu setahun karena sedang berada di lokasi atau tempat yang berbeda, dan mereka yang biasanya terserang flu ini adalah orang-orang yang antibodinya benar-benar lemah.

"Kamu harus benar-benar lemah untuk terpapar kedua jenis virus ini sehingga kamu lebih rentan dan mengalami sakit dua kali," kata Schaffner.

Apakah vaksin bisa mencegah wabah flu?

Walaupun wabah flu selalu terjadi setiap beberapa bulan sekali dalam satu tahun. Tapi kondisi itu gak perlu dikuatirkan. Asalkan tetap menjaga kebersihan dan ketahanan tubuh setiap hari akan sangat membantu untuk mencegah penyebaran virus influenza.

Dan hal terpenting yang perlu dilakukan adalah dengan mendapatkan vaksin.

Mendapatkan vaksin flu musiman sendiri perlu dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali. Karena jenis vaksin flu berbeda-beda, tergantung dengan jenis virus yang harus ditangkal. Vaksin untuk jenis virus A tentunya tidak bisa menangkap jenis virus B, C atau D. Karena itulah sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksin sesuai dengan jenis virus yang dihadapi.

Namun para ahli penyakit menular memastikan bahwa mendapatkan salah satu jenis vaksin ini bisa meringankan kondisi penderita saat terserang virus jenis lain.


Baca Juga:

10 Jurus Tangkal Flu dan Dingin di Musim Hujan

Cegah Flu Versi Baru Dengan 7 Tips Sederhana Ini !


Bisakah seseorang yang sudah terserang flu mendapatkan vaksin?

Mendapatkan vaksin saat sedang terserang flu tentunya gak akan berfaedah terhadap virus. Tapi mereka yang sudah terserang dan sembuh dari flu bisa mendapatkan vaksin kembali untuk menangkal serangan virus flu jenis lain yang mungkin bisa mewabah tanpa terduga.

Bahkan vaksin juga bisa jadi penangkal virus yang bukan saja hanya melindungi diri sendiri dari serangan wabah flu, tapi juga melindungi komplikasi yang berisiko terhadap lansia, wanita hamil, anak di bawah umur 2 tahun dan orang-orang yang memiliki antibodi yang lemah.

Sampai tahun ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sendiri menemukan sebanyak 13 juta kasus flu. Dan di awal tahun ini, seluruh dunia tengah dikejutkan oleh munculnya jenis virus flu baru bernama virus corona atau COVID 19 yang berasal dari Wuhan, China.

Gejala virus ini sendiri sangat mirip dengan jenis virus flu jenis A (H1N1, H2N2 dan H3N2), tapi juga menimbulkan gejala seperti virus flu jenis B yaitu sesak napas. Karena itulah sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksin musiman setiap tahun demi meminimalisir kondisi infeksi virus tertentu.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7258

Banner Mitra April Week 2