Jangan Anggap Sepele Saat Bagian Tubuhmu Gatal, Bisa Jadi Indikasi 8 Penyakit Ini Loh!
Sumber: intisari-online.com

Health / 28 February 2020

Kalangan Sendiri

Jangan Anggap Sepele Saat Bagian Tubuhmu Gatal, Bisa Jadi Indikasi 8 Penyakit Ini Loh!

Lori Official Writer
2563

Dalam kondisi tertentu, kita pasti pernah terserang gatal yang gak tertahankan di bagian tubuh tertentu. Bagian yang gatal pun bisa berubah jadi ruam merah yang menjalar dan melebar. Luka akibat gatal akan muncul dalam bentuk yang bervariasi sesuatu dengan ukuran dan jangka waktunya.

Tapi saat gatal-gatal muncul lebih dari enam minggu dan terus berulang selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun, kemungkinan itu adalah gatal-gatal kronis yang bisa muncul akibat kondisi tertentu.

Beberapa gejala gatal-gatal kronis ini ditandai dengan kondisi seperti:

- Muncul ruam merah di permukaan tubuh

- Gatal bisa muncul berulang-ulang

- Gatalnya terasa sangat mematikan

- Terjadi pengbengkakan pada kulit, bagian kelopak mata, tenggorokan, maupun bibir

Dalam beberapa kasus serangan gatal kronis di bagian tubuh bisa jadi indikasi adanya 8 penyakit ini di dalam tubuhmu. Apa saja itu?

1. Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid autoimun banyak dikaitkan dengan beberapa kasus gatal-gatal kronis. Karena itu, segeralah memeriksakan diri jika kamu tidak merasa punya penyakit tertentu. Sebab bisa jadi sistem imun atau antibodimu sedang melemah dan terjadi gangguan pada tiroid tertentu yang menimbulkan gatal pada bagian tubuh.

2. Gangguan Hati

Hepatitis B merupakan jenis penyakit hati yang dikaitkan dengan gatal-gatal kronis. Tapi selain itu, banyak juga penderita Hepatitis C yang mengaku mengalami gejala gatal yang kronis dalam waktu tertentu. Sehingga harus butuh dukungan pengobatan Hepatitis C untuk meredakannya.

3. Kanker

Sebuah studi menemukan bahwa gatal-gatal kronis yang dialami seseorang bisa jadi indikasi dari kemunculan kanker tertentu di dalam tubuh. Diantara berbagai jenis kanker, dipastikan jika kanker kelenjar getah bening dan kanker darah (leukimia) menunjukkan gejala gatal-gatal kronis bai penderitanya.


Baca Juga: Kulit Gatal Karena Air Banjir? Atasi Dengan Sabun Antiseptik !


4. Celiac

Ruam merah yang sangat gatal di bagian tubuh juga dikaitkan dengan beberapa jenis penyakit celiac yang terjadi di dalam usus halus seperti sakit perut, kembung, dan diare.  

5. Lupus

Pernahkah kamu menyaksikan bagian wajah penderita lupus? Biasanya bagian wajah atas kiri dan kanan sampai ke hidung akan menimbulkan ruam merah. Dan kebanyakan gejala gatal ini jadi pertama awal dari penyakit lupus.

6. Kontak Fisik

Salah satu sumber penyebab gatal-gatal kronis bisa berasal dari kontak dengan sinar matahari. Beberapa orang mungkin punya latar belakang kulit yang sangat rentan dengan sinar matahari. Sehingga saat terpapar, kulit mulai gatal dan menyebabkan ruam yang cukup parah.

7. Alergi Suhu Udara

Alergi dingin bisa menyebabkan seseorang mengalami gatal-gatal yang para di sekujur tubuh. Hal ini terjadi karena kulit sensitif dengan kondisi udara yang dingin. Sementara bagi yang lain, gatal-gatal bisa terjadi karena alergi dengan suhu panas.

8. Stress

Meskipun para peneliti belum bisa menyatakan dengan yakin kalau stress bisa memicu gatal-gatal kronis. Tapi kemungkinan kecilnya stress bisa memicu gatal-gatal. Semakin tinggi tingkat stress, maka kondisi gatal-gatal pun akan semakin parah dan bertahan lebih lama.

Sementara di sisi lain, kondisi gatal kronis bagi sebagian orang bisa terjadi begitu saja tanpa tahu sebabnya. Kondisi ini sendiri dinamakan dengan urtikaria idiopatik kronis, yang terjadi kepada 80% kasus gatal-gatal.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami