Tetaplah Waspada, Jangan Anggap Sepele Musuh yang Mengintai di Sekitarmu!

Tetaplah Waspada, Jangan Anggap Sepele Musuh yang Mengintai di Sekitarmu!

Lori Official Writer
1268

Di dalam 1 Petrus 5: 8, Rasul Petrus mengingatkan para penatua untuk berjaga-jaga mengawasi umatnya. Karena musuh orang percaya, si iblis, berkeliling untuk memburu dan membuat kita menjadi serupa dengan dunia.

Dia mengingatkan bahwa orang-orang percaya yang langkahnya mulai goyah akan mudah diombang-ambingkan si iblis dan membuat mereka teralihkan dari pandangan dan iman mereka dalam Kristus.

Rencana si iblis adalah mencabik-cabik daging orang-orang percaya. Dia akan berusaha melakukan segala cara untuk mendapatkan kita, termasuk memanipulasi dirinya menjadi sama seperti Tuhan.

Dalam beberapa kasus, Tuhan akan memberikan beberapa keleluasaan kepada musuh, bukan untuk menghukum orang percaya, tapi untuk membawa kita kembali kepada hubungan yang kuat di dalam Dia.

Gak banyak dari kita yang tahu tentang apa yang Tuhan lakukan dalam hidup kita. Tapi kita percaya Dia selalu bekerja di dalam hidup orang-orang yang percaya kepada-Nya. Salah satu contoh adalah Ayub. Dia juga gak tahu apa yang terjadi dengan hidupnya. Dia tidak tahu apa yang Tuhan lakukan kepada si iblis, tapi dia merasakan ada sesuatu yang terjadi.


Baca Juga:

7 Hal yang Orang Kristen Perlu Lakukan Supaya Jadi Terang di Luar Gereja

Jangan Hanya Diselamatkan, Tapi Alamilah Keselamatan di Dalam Yesus Dengan Cara Ini…


Faktanya, si iblis gak punya kendali apapun atas orang-orang yang percaya di dalam Kristus dan pengorbanan-Nya di kayu salib. Karena mereka gak lagi mengandalkan kekuatan mereka sendiri dan hanya mengandalkan Tuhan untuk bekerja dalam hidup mereka. Penyerahan diri inilah yang akan membuat si iblis gak punya kuasa atas hidup mereka. Walaupun dia akan terus bergerilia seperti singa, dia hanyalah singa ompong yang gak bisa melukai.

Waktu Yesus mati di kayu salib, kuasa si iblis dikalahkan.

"Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka." (Kolose 2: 15)

Salib Kristus memberikan kita kuasa yang sama untuk mengalahkan siasat si iblis. Tapi walaupun kita sudah diberikan kuasa di dalam nama Yesus dan kita hanya punya musuh yang kalah, kita harus tetap berjaga-jaga dan tetap waspada. Kita harus menjaga iman dan kepercayaan di dalam Kristus dan kuasa salib-Nya. Karena saat kita lengah sedikitpun, maka si musuh akan memanfaatnya untuk memanipulasi kita.

Sebagai orang percaya, kita harus tahu bahwa singa yang kita hadapi sedang terikat oleh rantai yang kuat. Dia hanya bisa menggertak dan gak bisa menerkam kita. Karena itu, jangan pernah takut karena selama kita berpegang teguh di dalam Tuhan kita akan tetap aman.

Singa-singa ompong ini melambangkan kuasa si iblis dan mereka biasanya akan melemparkan ketakutan-ketakutan yang disertai intimidasi. Tujuannya untuk melemahkan iman kita dan membuat kita kehilangan pengharapan di dalam Tuhan. Satu-satunya senjata yang bisa mengalahkannya adalah kuasa salib.

“Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.” (Wahyu 12: 11)

Apakah kamu mulai dikuasai oleh ketakutan, keraguan, putus asa? Ingatlah bahwa si singa itu sudah dirantai dan gak bisa melukaimu. Usirlah semua rasa takut dan keraguanmu dengan kuasa nama Yesus. Jagalah mata dan imanmu untuk tetap tertuju pada Yesus.

“Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” (1 Petrus 5: 8)

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami