9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah (Part 2)

Single / 24 February 2020

Kalangan Sendiri

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah (Part 2)

Claudia Jessica Official Writer
2850

Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas lima hal yang harus kamu perhatikan sebelum menikah. Maka di artikel kita akan empat poin lainnya tentang apa saja sih yang harus kamu perhatikan sebelum menikah.

Baca juga: 9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah (Part 1)

6.  Pernikahan adalah kelanggengan.

" . . . dan bersatu dengan istrinya" (Kejadian 2:24). Secara alamiah, kelanggengan mengikuti pemutusan. Sebelum bersatu dengan pasangannya, seseorang meninggalkan harus keluarganya terlebih dahulu untuk dapat benar-benar bersatu.

Sama seperti dua buah kayu yang disatukan dengan lem khusus dengan begitu kuat, sehingga, jika ditekan, kayu itu akan pecah dan patah sebelum melepaskan kelekatannya. Demikian juga pernikahanmu.

7.  Pernikahan adalah kesatuan

". . . sehingga keduanya menjadi satu daging” (Kejadian 2:24). Bukan menjadikan dua kepribadian untuk menjadi satu namun dua individu untuk hidup dan bekerja selaras dengan nilai-nilai yang sama dan tujuan bersama. Kesatuan adalah perbedaan yang membawa keselarasan.

Baca juga: Pertanyaan Seputar Pra Nikah Berdasar Alkitab

8.  Pernikahan adalah keintiman

Tidak melulu tentang seks, keintiman ini juga bisa secara spiritual, maupun fisik dan bahkan secara aktivitas. Jika keintiman spiritual tinggi, maka suami istri akan berjalan dalam kehendak Tuhan dan sama-sama bertahan untuk saling mengerti.

Jika bahas mengenai keintiman fisik, hal pertama yang terbesit dipikiran kita adalam intim dalam hubungan seksual, namun tidak hanya itu. Keintiman secara fisik juga bisa dilakukan dengan pelukan hangat, berpengangan tangan atau mungkin juga dengan mencium kening.

Sering sekali kita menjadi sibuk sendiri didalam aktivitas seperti bermain handphone atau menonton sendiri, nggak ada salahnya jikalau kita mengajak istri ikut nonton bersama dan tertawa bersama. Pasanganmu adalah teman hidupmu bukan?

9.  Pernikahan adalah penyatuan dua anak Tuhan yang sepadan atau seimbang

Kejadian 2:18 “Tidak baik manusia seorang diri saja dan Aku akan menjadikan seorang penolong yang sepadan baginya.” 2 Korintus 6:14, “Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tidak percaya.”

Baca juga: Tak Cuma Ikut Bina Pra Nikah, Calon Pasangan Menikah Kristen Wajib Ikut Sertifikasi

Yang dimaksud dengan sepadan dan seimbang adalah kecocokan bukan sama. Cocok dalam arti:

  • Kesepadanan atau seimbang pertama-tama berarti keduanya adalah pria dan wanita yang telah lahir baru atau keduanya adalah pria dan wanita yang telah bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus (2 Korintus 6:14). Ketentuan ini tidak bisa dikompromikan.
  • Kesepadanan atau seimbang berarti Kita cocok dengan karakternya dan bisa menerima gaya hidupnya. Maksudnya cocok dengan karakternya adalah kita tidak merasa bahwa karakternya mengganggu kita, menyusahkan kita, menghalangi kita tapi justru menganggap karakternya itu sedikit banyak saling membantu, saling melengkapi dengan karakter kita.

Demikianlah 9 hal yang harus kamu perhatikan sebelum menikah untuk membangun pernikahan yang dikehendaki Allah dalam Kristus Yesus. Biarlah kasih Kristus membangun pernikahanmu dan membawa kepada tujuan yang sebenarnya dihadapan Allah.

Baca juga: Dosa Gak Sih Seks Pra-Nikah? 9 Ayat Alkitab Ini Kasih Jawabannya

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami