Lori

Official Writer
826


Uang berperan besar sebagai alat untuk mewujudkan kehendak Tuhan atas hidup kita.

Bagi yang belum tahu, terdapat tiga hal yang bisa dilakukan manusia terhadap uang diantaranya: mendatangkan kemuliaan bagi Tuhan, memperluas pelayanan Tuhan di dunia dan menciptakan keadilan dan kesejahteraan manusia.

Meskipun tiga tujuan ini terdengar sangat mulia, namun ada banyak orang yang justru memanfaatkan uang untuk tujuan sebaliknya. Seperti mendatangkan kesengsaraan dalam hidupnya dan orang lain serta mencemari tujuan murni pelayanan Tuhan di dunia.

Kesengsaraan dalam hal ini adalah bagaimana banyak orang, termasuk orang Kristen sendiri, memakai uang dengan cara yang tidak bijaksana. Salah satu contohnya adalah menerapkan gaya hidup menghambur-hamburkan uang, tidak punya pengelolaan keuangan yang baik. Lebih besar pasak dari tiang membuat mereka menjadi miskin dan sengsara.

Uang yang habis karena gak dikelola dengan baik memaksa banyak orang untuk terjerat ke dalam utang, entah itu pinjaman maupun penggunaan kartu kredit. Dan bagi yang tidak ingin melakukan transformasi keuangan, sirklus ini akan berlanjut terus menerus.

Tentu saja Tuhan tidak ingin kita memakai uang dengan cara yang salah. Sebaliknya, Dia mau kita memakai uang untuk menyatakan kemuliaan-Nya.

Penting sekali bagi kita, khususnya orang Kristen, untuk melakukan transformasi keuangan besar-besaran. Karena dengan itulah kita gak lagi menganggap uang jadi masalah dalam hidup kita. Gimana caranya?

Alkitab menyampaikan pentingnya membelanjakan uang kita lebih sedikit dari penghasilan. Raja Salomo juga mengajarkan kita untuk jadi orang kaya dengan cara bekerja keras, menabung secara konsisten dan tidak berutang. Dan yang paling penting lagi adalah, Alkitab menyarankan kita untuk mengubah pola pikir kita dengan pola pikir-Nya Tuhan. Karena kita percaya bahwa sumber dari uang yang kita dapatkan asalnya dari Tuhan sendiri.

Karena itu, Tuhan mau kita hidup tanpa masalah keuangan dengan cara ini:

1. Mengaku dan Bertobat

"Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan." (1 Yohanes 1: 9)

2. Komitmen ke Tuhan

“Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.” (Amsal 9: 10)

3. Merasa Puas Dengan Apa yang Kita Punya

“Dengan nyaring aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku dari gunung-Nya yang kudus. Sela. Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab TUHAN menopang aku!Aku tidak takut kepada puluhan ribu orang yang siap mengepung aku.” (Mazmur 37: 4-6)

4. Bijak Memilah yang Baik atau yang Benar

“Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan.” (Amsal 15: 16)

5. Percaya Sama Tuhan

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” (Amsal 3: 5-6)


Baca Juga:

Mau Jadi Orang Miskin atau Kaya? Dua Hal Ini Cuma Sebatas Pola Pikir Loh!

7 Kunci Sukses Mulai Bisnis Ala Ruben Onsu, Butuh Kerja Keras Sampai Jadi Diri Sendiri


6. Merasa Puas

“Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Filipi 4: 11-13)

7. Tahan Uji

“TUHAN menguji orang benar dan orang fasik, dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan.” (Mazmur 11: 5)

8. Jangan Ikut Arus Dunia 

“Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.” (1 Yohanes 2: 15-16)

9. Tetap Jaga Hati

“Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis…” (Efesus 6: 10-11)

10. Percaya Tuhan Selalu Sediakan Jalan

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Korintus 10: 13)

Ada banyak diantara kita yang sudah sukses menerapkan cara-cara di atas dalam mengatasi masalah keuangannya. Tapi ada juga yang sedang melalui masa-masa sulit keuangan dengan tetap mengandalkan Tuhan. Tapi dalam kondisi apapun itu, percayalah kalau Tuhan pasti akan membantu kita jika kita sepenuhnya bergantung sama Dia.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us