Ketika Merasa Tak Semangat Secara Roh, Apa yang Harus Kulakukan?
Kalangan Sendiri

Ketika Merasa Tak Semangat Secara Roh, Apa yang Harus Kulakukan?

Claudia Jessica Official Writer
      2723

Matius 27:46

Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 54; Kisah Para Rasul 26; Imamat 18-19

Pernahkah kamu mengalami tidak semangat secara roh dalam hidupmu? Ketika butuh kerja untuk berdoa. Ketika terlalu menyakitkan untuk menerangi sudut hatimu yang gelap?

Aku tau, aku juga menemukan diriku disana, merasa sangat kesepian.

Aku meragukan Tuhan dan aku bergumul dengan-Nya ketika aku tidak menyukai rencana-Nya untukku. Aku menjadi marah ketika doa-doaku dijawab namun bukan yang kuinginkan. Aku bertanya-tanya kemana Dia; jika ada.

Aku sudah sangat luar biasa. Tetapi aku cukup beruntung, Tuhan tidak pernah berhenti datang untuk mencariku. Ini membawaku rasa nyaman mengetahui bahwa bahkan Juruselamat kita memiliki perasaan manusiawi.

Seni penyaliban Romawi adalah seorang jenius jahat - itu adalah alat sempurna untuk menghasilkan penderitaan bagi manusia yang paling tidak manusiawi. Otot robek. Tubuh terasa sakit.

Bahkan, kamu harus melengkungkan punggung untuk menemukan keseimbangan. Ini menciptakan luka yang semakin membesar di kaki. Ini berlanjut sampai paru-paru tubuh terisi dengan cairan. Jantung menjadi tertekan.

Saat hatinya menekan dan tubuhnya terasa sakit, Yesus berseru dengan heran, "Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" Ayat ini sering kita abaikan dalam kebaktian, itu sering ditinggalkan karena kita tidak suka pikiran Juruselamat kita terluka.

Kita tidak suka memikirkan rasa sakit yang disebabkan oleh dosa-dosa kita dan kita tidak suka memikirkan mengapa Juruselamat kita, sangat yakin pada Bapa-Nya, bahkan mempertimbangkan kemungkinan Dia telah ditinggalkan.

Tapi sungguh, kata-kata ini cemerlang. Mereka menghubungkan kita. Kata-kata ini penting. Ini adalah saat kehancuran kita mencapai jauh di dalam roh-Nya.

Mereka mengikat kita pada Bapa kira seperti tangan kecil ikal yang baru lahir di sekitar jari ibunya. Yesus menjadi dosa sehingga kita bisa bebas darinya. Ketika menjadi dosa kita, Dia memiliki pengalaman yang sangat manusiawi - dikalikan dengan kehidupan setiap makhluk yang pernah diciptakan Bapa.

Dia mengumandangkan kata-kata yang sangat menyayat hati. Hati kita menangis tanpa suara seperti ketika menteskan luka dengan air lemon, ketika kita telah menyingkirkan setiap alasan dan tidak dapat menemukan alasan, ketika kita dengan sederhana tidak mengerti, ketika kita tergoda untuk menerima ayah kita harus meninggalkan kita, meninggalkan kita menderita sendirian.

"Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" Kata-kata ini meyakinkan kita dari setiap perjuangan, setiap lembah, setiap keadaan dibenarkan, dikoreksi dan dibenarkan di atas salib.

Ini adalah kata-kata dari hati kita sendiri, kata-kata yang terbungkus dalam hati-Nya.

Aku merasa puitis bahwa dosa-dosa kita dikompromikan karena hatinya tertekan. Bukti apa lagi yang dibutuhkan gadis kutu buku daripada yang dimiliki oleh penulis dan penyelesai imannya secara metaforis dan kiasan memberi hati-Nya?

Kita dapat yakin bahwa Tuhan harus memalingkan kepala-Nya ketika Yesus menderita. Tapi karena Dia memalingkan kepala-Nya, Dia dapat melihat melihat penderitaan kita dan menahan kita melaluinya.

Tidak pernah bergeming, benar-benar terpesona dengan penebusan yang telah Dia beli dengan biaya tertinggi yang bisa dibayangkan.

Hak Cipta © Brooke Keith, digunakan dengan izin.

Ikuti Kami