Lori

Official Writer
507


Kuliah adalah perjalanan bari bagi anak-anak dewasa muda. Demi meraih cita-cita, ada banyak anak-anak yang berjuang masuk universitas terbaik yang bahkan jauh dari rumah.

Anak kuliahan yang jauh dari orangtua tentunya lebih rentan mengalami berbagai macam godaan dan pengaruh buruk dari lingkungan sekitar.

Berbeda dengan masa SMA, kuliah akan jauh lebih bebas, bertemu dengan orang-orang berbeda dari semua kalangan. Ada yang baik dan ada juga yang gak. Ada yang rohani dan ada juga yang sama sekali gak percaya Tuhan. Lingkungan semacam inilah yang mau gak mau berpengaruh besar terhadap kehidupan anak-anak kuliahan.

Bahkan gak sedikit anak-anak Kristen yang mulai kehilangan arah, meninggalkan imannya dan masuk dalam pergaulan yang salah. Karena itu penting untuk membekali diri supaya gak kehilangan iman di dalam Tuhan.

Ada 5 tips yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Pelajari lingkungan kampus

Kuliah adalah masa-masa yang dihabiskan untuk menemukan jati diri dan belajar lebih luas tentang dunia sekitar. Di sana kita akan bertemu banyak orang-orang yang berbeda, mulai dari orang-orang yang paling unik sampai yang paling hancur.

Jadi, saat pertama kali menjejakkan langkah ke kampus. Mulailah mengenali lingkunganmu. Kenali orang-orang di sekitarmu. Setelah itu pilihlah untuk bergaul dengan orang-orang seiman dan yang punya motivasi belajar yang sama denganmu.

2. Carilah gereja

Supaya imanmu terus bertumbuh, carilah gereja terdekat dimana kamu merasa nyaman. Kenalilah cara pelayanannya dan jika memungkinkan mulai terlibat dalam pelayanan ibadahnya.

3. Bergabung dalam pelayanan Kristen kampus

Hampir semua kampus negeri ataupun swasta punya komunitas mahasiswa Kristennya. Bergabunglah bersama mereka sebagai anggota baru dan terlibat aktif dalam kegiatan yang mereka lakukan. Hal ini berguna untuk membuatmu lebih aktif dan terikat dengan orang-orang percaya lainnya, punya mentor dan teman-teman yang mendorongmu melakukan hal-hal positif.


Baca Juga:

Ini 7 Alasan Kamu Anak Muda Indonesia Butuh Perlengkapi Diri Dari Sekarang...

Bukan Cuma Dengar Khotbah, 3 Faktor Ini yang Banyak Dicari Anak Muda di Gereja


4. Tetap bangun hubungan pribadi dengan Tuhan setiap hari

Pergi ke gereja dan terlibat komunitas mahasiswa Kristen di kampus gak cukup membantumu untuk terus terikat kepada Tuhan tanpa mengalami hubungan pribadi dengan-Nya.

Karena itu penting untuk membiasakan diri membangun hubungan pribadi setiap hari dengan Tuhan.

Hubungan pribadi dengan Tuhan itu penting karena semakin kamu dekat dengan Tuhan, semakin kamu tumbuh dewasa dalam iman dan semakin kamu bisa memilih mana yang baik dan yang buruk. Hal ini juga akan membantumu menghadapi berbagai tantangan dari dalam kampus, baik menghadapi kecurangan, penyelewengan dan tindakan-tindakan yang tidak benar yang terjadi di kampus.

5. Selalu berpegang pada firman Tuhan

Salah satu alasan kenapa banyak anak-anak muda meninggalkan gereja dan Tuhan adalah karena dunia kampus menawarkan beragam ideologi dan pandangan yang sangat berbeda dengan firman Tuhan. Anak muda diajak untuk berpikir secara logis tentang iman, yang sebenarnya tidak bisa dipahami dengan logika. Seperti contoh, ‘Kenapa Tuhan gak berbentuk? Kenapa Dia harus membiarkan ada banyak penderitaan dan kemiskinan di dunia?’

Dan saat mereka gak menemukan jawabannya, mereka mulai meragukan Tuhan dan meninggalkan-Nya.

Tanpa kita sadari jawaban dari semua pertanyaan yang mengusik pikiran anak-anak muda ini ada di dalam Alkitab. Kita perlu tahu isi firman Tuhan dan memahaminya dengan iman, bukan logika.

Masa-masa kuliah bisa jadi titik balik dalam perjalanan rohanimu dengan Tuhan. Ada dua hal yang bisa terjadi yaitu semakin dekat atau semakin jauh dari Dia.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7244

Banner Mitra Juli 1-2