Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
311


Baru-baru ini, Justin Bieber penyanyi asal Kanada, mengungkapkan bahwa dirinya baru didiagnosa menderita penyakit Lyme yang ternyata sumber dari masalah depresi dan kelelahannya.

Seperti disampaikannya lewat Instagram, bahwa penyakit yang dialaminya cukup serius karena telah mempengaruhi fungsi otak, kelelahan dan kesehatannya secara keseluruhan.

Sementara dari penjelasan medis, penyakit lyme, yang ditularkan dari gigitan kutu yang terinfeksi bakteri Borrelia burgdorferi ini bisa menyebabkan depresi dan gejala lainnya.

Gejala Penyakit Lyme

Seseorang yang menderita penyakit ini bisa dikenali dengan ciri-ciri gejala yang berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Setelah kutu mengigit tubuh seseorang, reaksinya bisa muncul dalam waktu 3 sampai 30 hari.

Gejala umum yang dialami oleh penderita adalah demam, sakit kepala, kelelahan dan ruam erythema migrans di bagian kulit.

Jika kondisi ini tidak ditangani dengan segera, maka bakteri akan bermigrasi ke area tubuh yang lain. Parahnya, bakteri bisa menembus organ bagian dalam seperti sistem saraf, jantung dan juga bagian sendi.

Saat bakteri sudah masuk ke dalam tubuh, gejalanya bisa jadi sangat parah diantaranya penderita akan mengalami kelelahan, berkeringat di malam hari, leher kaku, sakit kepala, gangguan tidur dan depresi. Gejala ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Penyakit Lyme dan Risiko Depresi

Salah satu gejala paling parah yang bisa disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi adalah depresi dari berbagai tingkatan, mulai dari yang sedang sampai berat.

John Aucott, Direktur Johns Hopkins Lyme Disease Research Center di Baltimore, menyampaikan bahwa para penderita pasca Lyme desease (PTLDS) akan mengalami depresi dari tingkat yang ringan sampai sampai berat. Parahnya, penderita penyakit ini bisa mengalami depresi berat yang berujung pada pikiran bunuh diri.

Di sisi lain, gak mudah bagi para dokter untuk mendiagnosa perbedaan gejala depresi pada penderita penyakit Lyme.

"Survei gejala penyakit Lyme yang kami lakukan baru-baru ini, tidak bisa membedakan Lyme dan depresi. Terutama gejala vegetatif seperti kelelahan, gangguan tidur dan lain-lain," kata Aucott.

Sementara hasil temuan dari penelitian lain yang dilakukan oleh Suffering the Silence menyatakan bahwa penyakit Lyme bisa menyebabkan risiko jangka panjang seperti gangguan pada kesehatan mental.

“Saat seseorang sakit dalam jangka waktu yang lama, kesehatan mental mereka akan menderita. Jika seseorang sakit mental untuk jangka waktu yang lama, kesehatan fisik mereka kemungkinan menderita juga,” kata Allie Cashel, pendiri dari Suffering the Silence.

Akibat dari gigitan kutu yang terinfeksi bakteri ini memang sangat berisiko bagi kesehatan. Meski begitu, pada kenyataannya gak banyak penderita menyadari gigitan ini. Bahkan mereka baru tahu terkena penyakit Lyme setelah beberapa waktu lamanya.


Baca Juga: Mengenal Penyakit Lyme Avril Lavigne


Bahkan dokter sendiri kesulitan untuk menemukan akar dari masalah kesehatan penderita penyakit Lyme yang kebanyakan mengalami keluhan kelelahan dan berkurangnya fungsi otak. Seringnya dokter malah bisa membuat diagnosa dengan kondisi lain seperti depresi atau kecemasan.

Hal ini terjadi karena belum ditemukannya uji laboratorium untuk penyakit Lyme. Satu-satunya cara yang biasanya dokter lakukan adalah dengan menggunakan tes antibody dengan mengukur respon sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri.

Sayangnya, penderita penyakit ini harus menjalani perawatan secara rutin. Karena gejala dari infeksi bakteri bisa dirasakan selama bertahun-tahun. Satu-satunya pengobatan yang memungkinkan adalah dengan pemberian antibiotik. Dan bagi penderita yang sudah mencapai jantung membutuhkan perawatan intravena dengan antiobiotik.

Meskipun di Indonesia penyakit ini bisa dibilang tidak populer, tapi kita perlu berhati-hati ya. Jangan anggap remeh saat kamu digigit oleh serangga. Sebaliknya, segera periksakan diri dan lakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.

Sumber : Healthline.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

upin ipin 20 February 2020 - 06:10:46

Hewan yang penakut

0 Answer

ria rahmadani 19 February 2020 - 20:05:36

Pengertian dari masalah sosial

0 Answer

Benedicto Morio Wada 18 February 2020 - 14:51:23

Riri Panjaitan

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)