Suka Terngiang Lagu Tanpa Sadar? Mungkin Kamu Alami Syndrom Ini
Sumber: archstanton

Health / 30 May 2021

Kalangan Sendiri

Suka Terngiang Lagu Tanpa Sadar? Mungkin Kamu Alami Syndrom Ini

Claudia Jessica Official Writer
4036

Pernah gak sih kamu merasa terngiang-ngiang sebuah lagu yang akhir-akhir ini sering kamu dengerin? Padahal kamu sama sekali ga menyetel lagunya tapi terus terngiang di kepala? Fenomena ini biasanya disebut sebagai earworm.

Mungkin kalau itu lagu kesukaanmu, kamu gak akan merasa terganggu. Namun kalau lagu itu adalah lagu yang mungkin sedang viral namun kamu ga menyukainya bisa jadi menjengkalkan bukan? Tapi gak perlu khawatir karena fenomena ini adalah hal yang umum. Ayo kita kenali earworm dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu Earworm?

Kenapa fenomena ini disebut sebagai earworm? Earworm atau secara harfiah biasa disebut cacing telinga adalah fenomena terperangkapnya musik yang dimainkan secara berulang oleh otak kita secara terus menerus, meskipun lagu itu sudah tidak lagi diputar.

 

Baca juga: Buat Kamu Yang Sering Stres Saat Nyetir, Musik Jenis Ini Bisa Turunkan Stresmu Loh!

 

Istilah ini sendiri berasal dari bahasa Jerman ohrwurm yang artinya sama dengan musik yang melekat atau sindrom lagu tertanam.

Sebutan lain untuk mendeskripsikan earworm adalah musical imagery repetition, involuntary musical imagery, and stuck song syndrome imagined music, dan banyak lagi.

Apa Perlu Cek ke Dokter?

Dilansir dari researchgate.net, menurut Victoria J. Williamson sebanyak 91 persen orang mengalami earworm sekali setiap minggu. Jadi, earworm bukanlah penyakit dan kamu tidak perlu pergi ke rumah sakit.

Earworm juga bisa dikatakan seperti kategori yang sama dengan ingatan-ingatan spontan tentang ingatan dan pikiran yang mengganggu yang berada di luar kendali kesadaran kita.

 

Baca juga: Peranan Musik Dalam Hubungan Manusia dan Tuhan Serta Manfaat Bagi Sehari-hari!

 

Dikutip dari sciencefriday.com, Elizabeth Margulis dari University of Arkansas mengatakan bahwa earworm disebabkan karena adanya reaksi tidak sengaja oleh otak, tepatnya di area korteks motorik. Otak tanpa sadar menghafal lagu sehingga terngiang-ngiang terus.

Apa Sebabnya?

Fenomena earworm ini akan semakin menjadi jika kamu terus mendengar lagu yang sama secara berulang. Jika lagu yang kamu dengar adalah lagu yang kamu sukai mungkin earworm tidaklah menyebalkan namun, bagaimana jika sebaliknya?

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika bisa, biarkanlah pikiran itu berlalu. Semakin kamu fokus untuk menghilangkan pikiran itu, maka kamu akan semakin terikat. Bahkan sebagian orang perlu terlibat dengan tune untuk mengeluarkan lagu itu dari kepala mereka.

 

Baca juga: Selain Bikin Cerdas, Musik Juga Punya 6 Manfaat Penting Buat Anak Loh!

 

Selain itu, kamu juga bisa mencoba menghilangkan earworm dengan melakukan melakukan aktivitas yang memaksa otak untuk berpikir keras seperti: mengerjakan teka-teki silang, bermain scrabble atau puzzle.

Apakah informasi di atas cukup menjelaskan apa itu earworm dan cara menyembuhkannya? Dari pengalamanmu, lagu apa yang sering terngiang dipikiranmu? Coba berbagi di kolom komentar yuk!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami