Lori

Official Writer
715


Wabah virus corona sampai hari ini masih terus menghantui China. Bahkan kondisi telah menyebabkan kerugian yang signifikan bagi perekonomian China.

Sampai hari ini, wabah virus corona telah menyebabkan anjloknya harga minyak dunia dan juga digadang-gadang mengalami kerugian sebesar 62 milliar dolar.

Gak hanya itu, China juga sedang dibayang-bayangi peningkatan angka pengangguran karena anjloknya produksi industri manufaktur dan pemasokan barang ke negara lain.

Tentu saja di masa-masa ini pemerintah dan semua orang di China mulai merasa was-was. Jika wabah terus meningkat, kemungkinan ekonominya akan semakin melemah. Yang paling parahnya hal ini juga akan berdampak secara global.

Tentunya, krisis ekonomi global ini gak hanya terjadi kali ini saja. Dari pengalaman di masa lalu, wabah penyakit yang lebih parah juga melanda dunia. Puluhan bahkan sampai ratusan juta orang meninggal dunia, pertumbuhan ekonomi berhenti dan seolah gak ada harapan di masa itu. Tapi kemudian keadaan kembali membaik. Seiring dengan itu, segala hal perlahan-lahan membaik.

Selama kita hidup, kita akan beralih dari satu krisis ke krisis yang berikutnya. Karena itulah, bukan berarti kita harus takut dan menyerah.

Bagi orang percaya, satu-satunya cara untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan adalah dengan berdoa. Kita bisa belajar dari berbagai tokoh di dalam Alkitab cara untuk menghadapi krisis. Seperti contoh yang dilakukan oleh Daud. Di mulai dengan Mazmur 3 sampai 149. Kita akan menemukan bagaimana pemazmur secara aktif dan sungguh-sungguh berdoa kepada Tuhan menyerahkan kondisi sulit yang dihadapinya, bukan hanya kondisi seputar ekonomi tapi bahkan seputar hidup dan mati.

Di tengah kesulitan yang dialaminya, Daud meminta keselamatan fisik kepada Tuhan dan Tuhan pun melindunginya.

Tentu saja Tuhan gak hanya menolong Daud. Tapi Dia menolong orang-orang yang berharap kepada-Nya saat di tengah masa sulit, termasuk di tengah situasi ekonomi yang gak pasti atau saat usahamu sedang anjlok karena wabah atau fluktuasi harga yang gak stabil.

Di tengah situasi global inilah pula kita perlu melakukan 5 hal ini:

1. Andalkan Tuhan

Sebagai orang percaya, kita seharusnya tidak lagi hidup dengan cara kita melihat. Kita harus berjalan dengan iman karena kita percaya ada kedaulatan Tuhan yang bekerja atas hidup kita (2 Korintus 5: 7; Mazmur 103: 19; Mazmur 115: 3).

2. Fokuslah kepada Tuhan

Kita harus tetap fokus pada Tuhan dan berusaha melihat dengan iman melampaui masalah. Dengan iman kita harus melihat kenyataan yang ada, walaupun janji dan kesetiaan Tuhan tampak belum kelihatan (Mazmur 19: 7-9; Mazmur 93: 5; Roma 4: 17-21).

Dengan iman, kita tahu kalau Allah adalah Dia yang sanggup menghidupkan yang mati dan menjadikan yang belum ada. Karena itu, fokuslah pada Tuhan.

Terlepas dari kondisi yang terjadi saat ini, kita harus bertahan dan percaya kalau Tuhanlah yang berkuasa dan yang akan menepati janji-Nya.

3. Berdoa dan percaya

Sama seperti yang dilakukan Daud, di tengah kondisi global ini mari terus berdoa dan percaya. Mari lakukan apa yang bisa kita lakukan. Kalau memang takut harus diserang wabah penyakit, mintalah perlindungan, jaga kesehatan dan mintalah bimbingan dari ahli kesehatan tentang bagaimana cara mencegah penularan penyakit. Tuhan gak mau kita mengambil solusi sesuai dengan apa yang kita tahu.


Baca Juga: Lagi Heboh, Wabah Virus Corona Berdampak Besar Bagi 4 Jenis Bisnis Ini Loh!


4. Nantikan pertolongan Tuhan

Waktu kita menghadapi keadaan kita hanya dengan mengandalkan apa yang kita lihat, maka Tuhan gak akan pernah bisa bertindak.

Hal inilah yang dialami oleh Lot, memilih berdasarkan penglihatan, bukan iman dan akhirnya kehilangan segalanya. Atau seperti orang Israel yang gak mau dipimpin oleh Tuhan, sehingga mereka harus berputar-putar di padang gurun selama 40 tahun.

5. Jangan fokus pada masalah

Masyarakat dunia dan juga pemerintah mungkin seperti kebakaran jenggot dan mulai panik ketika wabah atau keadaan ekonomi gak baik

Tapi alih-alih panik dan mulai ketakutan, kenapa kita gak fokus saja kepada Tuhan?

Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini semuanya ada dalam kendalinya Tuhan. Karena itulah kita perlu menjalin kerja sama dengan Dia supaya kita bisa menemukan jalan keluar dari semua keadaan yang terjadi.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7233

Kanan Agustus