Menolak Untuk Sakit Meski Sudah Menua? Gampang, Lakukan Saja 5 Hal Ini!

Health / 28 January 2020

Kalangan Sendiri

Menolak Untuk Sakit Meski Sudah Menua? Gampang, Lakukan Saja 5 Hal Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
2478

Waktu kita masih muda, atleast sekolah menenah tampaknya masih bugar sekali ya. Nggak perlu olahraga juga nggak masalah.

Tapi semakin usia bertambah, kok tampaknya mulai lelah ya? Efek penuaan memang sangat mempengaruhi setiap area kehidupan kita.

Pikiran, tubuh, dan jiwa adalah mahluk yang terintegrasi.

Alkitab memverifikasi ini dalam Kristus, Dia mengenakan kemanusiaan ketika Dia masuk ke dalam waktu dan sejarah.

Dalam Injil. kalau kita membaca maka kita akan melihat bagaimana Yesus di bumi. Sama seperti kita, Dia menangis, menghadapi pencobaan, lapar dan juga haus, merasakan kesakitan ketika di salib dan merasa ditinggalkan saat di kayu salib.

Jadi, jelas sekali bahwa secara fisik, emosional, dan spiritual, Dia merasakan semuanya. Integrasi diwujudkan dalam kehidupan Yesus.

Nah, dibuat menurut gambarNya, kita semua pasti tahu bahwa kita adalah mahluk terintegrasi.  Buktinya, kita bisa merasakan sakit, dan lain sebagainya.

itu berarti kita harus merawat seluruh tubuh kita, apalagi di masa penuaan ini.

Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat tubuh kamu :

1. Terlibat dalam latihan aerobik secara teratur.

Tahu nggak sih kalau latihan aerobik itu bagus banget untuk otak kamu. Latihan aerobik akan merangsang aliran darah kamu, memicu pelepasan protein khusus yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel-sel otak baru dan merangsang pembentukan neuron baru di hippocampus.

Selain itu, menurut John Medina, Ph.D direktur Pusat Penelitian Riset Terapan Universitas Seattle Pacific, latihan aerobic bisa mengurangi demensia umum hingga 60 persen.

BACA JUGA : Inilah Firman Allah Untuk Mengobatimu Dari Sakit Mental Seperti Depresi!

2. Belajarlah untuk sesuatu yang baru.

Dalam masa penuaan ini, kamu harus melatih otak kamu agar tetap bugar dengan cara kursus online, podcast dan webinar dan kursus lainnya tanpa biaya.

Kamu juga bisa ikut seminar-seminar gratis dari pemerintah lho. Itu penting banget untuk kamu tetap sehat.

Berkomitmen lah pada dirimu sendiri untuk mempelajari hal-hal baru karena ini adalah latihan kekuatan yang baik buat pikiran kamu.

3. Lakukanlah hobi kamu.

Hey, kamu harus punya hobi. Tapi hobi yang sehat ya. Karena hobi itu bagus banget untuk membuat pikiran kamu tetap tajam lho.

Selain meningkatkan fokus dan konsentrasi, hobi juga akan membantu kamu mengurangi kekuatiran dan stress.

Salah satu hobi yang mungkin bisa kamu coba adalah teka-teki silang atau sudoku untuk menantang kapasitas mental kamu atau berlari dan menari untuk menambah elemen kekuatan fisik kamu, atau enggak memancing, fotografi dan membaca jika kamu memang suka.

4. Hiduplah dengan santai, belajarlah untuk santai.

Tubuh kita ini dirancang untuk pekerjaan yang berkelanjutan. Jadi, penting sekali untuk kita belajar bersantai. Ya, pelajari. Tubuh kita bisa diajar untuk rileks.

Salah satu cara untuk merilekskan tubuh adalah melalui latihan pernapasan dalam.

Dua cara sederhana dan mudah untuk memulai adalah pernapasan yang sama dan metode pernapasan 4-7-8.

 

4-7-8 itu adalah sampai hitungan ke empat tarik nafas melalui hidung lalu tahan nafas sampai tujuh hitungan. Kemudian buang melalui mulut selama delapan hitungan. Cobain deh.

5. Jangan lupa untuk makan yang sehat.

Tahu nggak sih kalau seiring bertambahnya usia, metabolisme kita bisa melambat dan komposisi tubuh kita bisa berbeda ketika kita masih muda.

Jadi, nutrisi yang baik itu sangat penting.

Mulailah untuk sarapan sehat setiap hari. Pastikan buah dan sayuran bagian dari diet harian kamu. Variasikan protein kamu dengan makan lebih banyak ikan, kacang-kacangan dan daging tanpa lemak.

Selain itu, belajarlah untuk mengganti makanan yang lebih sehat seperti popcorn sebagai ganti pretzel, atau yogurt Yunani sebagai ganti krim asam.

 

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat tubuh kamu tetap sehat. Semangat ya!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami