4 Cara Menolong Anak Dalam Mengkontrol Emosi Mereka. Ibu Kristen Wajib Tahu Nih!
Sumber: HerFamily.ie

Parenting / 23 January 2020

Kalangan Sendiri

4 Cara Menolong Anak Dalam Mengkontrol Emosi Mereka. Ibu Kristen Wajib Tahu Nih!

Naomii Simbolon Official Writer
2625

Sebagai orangtua, tentu kita ingin sekali memiliki anak yang hidup dalam takut akan Tuhan dan bertumbuh dengan memiliki sikap yang bagus, sopan, dan lemah lembut bukan?

Tetapi dalam praktiknya, tidak banyak orangtua yang memahami bagaimana cara mendidik mereka untuk bisa bertumbuh seperti itu.

Sehingga dibawah ini, ada beberapa cara untuk mendidik anak yang patut kamu lakukan. Khususnya menghadapi mereka ketika mereka dalam kekesalan dan emosi :

1. Ketika anak bersikap egois kepada kakak atau adiknya.

Filipi 2:3 berkata, "Dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri."

Ungkapan yang sering sekali kita ulangi ketika terjadi konflik antara anak yang satu dengan yang lain adalah, "Kamu nggak akan pernah bertengah kalau kalian nggak memikirkan kakak atau adik kalian dibanding diri sendiri."

Yap, itu adalah cara yang bagus untuk mereka bisa sadar.

Namun kamu juga bisa mengajak mereka ngobrol satu persatu, secara empat mata dan mengajak mereka berpikir dari sisi lawan mereka dirumah.

BACA JUGA : Depresi Itu Bisa Berawal Dari Kecil Lho. Yuk Kenali Tanda Depresi Sejak Kecil Ini!

2. Ketika anak-anak sedang marah.

Efesus 4:31-32 berkata, "Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu."

Ayat-ayat ini nggak hanya memberitahu kita bahwa kita harus menyingkirkan kemarahan kita, tapi juga memberitahu caranya yakni dengan mengampuni orang lain seperti Kristus sudah mengampuni kita. Pelajaran yang sangat berharga yang harus kita ajarkan di usia muda.

3. Ketika anak-anak kamu merasa sendiri.

Ulangan 31:8 berkata, "Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati."

Hal ini bisa terjadi ketika anak kamu masuk sekolah pertama kalinya, atau mungkin mencoba gereja baru untuk pertama kalinya.

Mereka akan merasa sendirian karena tak mengenal satupun, nah dalam hal ini beritahukanlah kepada mereka bahwa Tuhan sudah mendahului mereka dan bersama mereka ke mana pun mereka pergi.

4. Ketika mereka merasa bersalah

Mazmur 103:6 berkata, " TUHAN menjalankan keadilan dan hukum bagi segala orang yang diperas."

Sebagai seorang anak, mungkin sulit sekali memahami ketika mereka merasa nggak adil. Sebagai orangtua, kita bisa menyaksikan ketika anak kita diperlakukan tidak adil. Namun, dalam hal ini beritahukanlah kepada mereka bahwa Allah bekerja diatas nama mereka yang tertindas.

 

Jangan menganggap bahwa mendidik anak adalah hal yang mudah tapi juga bukan hal yang susah. Didalam Tuhan kamu pasti bisa mendidik mereka dengan baik, asal andalkan Tuhan ya!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami