Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
889


Perayaan Epifani atau dalam bahasa Yunani Epiphaneia bagi warga Yahudi menjadi momen yang begitu sakral. Perayaan yang digelar pada 19 Januari 2020 lalu ini ditandai dengan berkumpulnya ribuan orang di Sungai Yordan untuk menjalani baptisan.

Bagi masyarakat Yahudi Ortodoks dan gereja Timur, Epifani dipercaya sebagai peringatan pembaptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis di Sungai Yordan. Pembaptisan inilah yang diyakini sebagai awal pelayaan Yesus di dunia sebagai Anak Allah.

Keyakinan inilah yang membuat perayaan Epifania setiap tahunnya meriah.

Sebagaimana diberitakan, sebanyak 20.000 orang Kristen datang ke Sungai Yordan di akhir pekan ini untuk dibaptis dan mengalami baptisan yang sama seperti Yesus. Baptisan ini sendiri dilakukan secara bergantian oleh lima denominasi Kristen di Yerusalem. Setelah Katolik dan Kristen Ortodoks mendapat giliran sejak awal Januari, Kristen Koptik dan Armenia akan dijadwalkan untuk mengadakan baptisan di sana pada akhir bulan ini.

Administrasi sipil melakukan banyak upaya untuk mempersiapkan upacara-upacara penting ini sebagai bagian dari programnya untuk menjaga kebebasan beragama dan beribadah bagi semua denominasi Kristen. Berkat upacara ini, kita melihat peningkatan yang nyata dalam periwisata di samping dorongan untuk ekonomi. Pada kesempatan ini, aku mengucapkan berlibur kepada semua anggota komunitas Kristen,” kata Letnan Kolonel Eran Gross, juru bicara komunitas Kristen.


Baca Juga:

Temuan Ini Yakinkan Arkeolog Kisah Bangsa Israel Sebrangi Sungai Yordan di Alkitab Benar

Dipenuhi Ranjau Darat, Gereja-gereja di Sungai Yordan Akan Dibersihkan


Tak jauh dari tempat pembaptisan Yesus terdapat juga sebuah Tanah Biara seluas 250 hektar yang dilarang untuk dikunjungi. Pasalnya ada masih banyak ranjau yang tertanam di sana sebagai peninggalan konflik Perang Enam Hari. Presiden Israel Reuven Rivlin pun berjanji akan membuka Tanah Biara ini untuk umum jika semua ranjau yang masih tertinggal sudah dibersihkan sepenuhnya.

“Kami akan menyelesaikan semua tambang dari Tanh Biara di awal tahun ini. Jumlah peziarah Kristen ke Tanah Suci meningkat setiap tahun. Baru tahun ini, hampir 90.000 peziarah mengunjungi Tanah Biara. Kami bekerja keras untuk menyelesaikan pengembangan seluruh area di akhir tahun 2020,” ucap Rivlin.

Mengenal Tradisi Epifani

Sehari sebelum perayaan Epifani, orang Kristen akan berpuasa. Mereka tidak makan sampai malam. Setelah itu mereka akan memasak beberapa hidangan Prapaskah atau makanan tanpa daging seperti kue, ikan goreng, pancake soba, hidangan dari biji-bijian serta minuman buah kering tradisional seperti uzvar.

Selain berpantang makan, perayaan Epifani juga akan melakukan upacara pengudusan air, dimana orang Kristen percaya air suci bisa menyembuhkan penyakit. Mereka juga menyucikan rumah dan hewan peliharaan  dengan air yang mereka anggap suci.

Sementara di negara dan kota-kota lain, perayaan Epifani dilakukan dengan cara yang berbeda. Seperti mandi di lubang es.

Meski perayaan Epifani ini dilakukan dengan cara-cara yang berbeda, namun inti dari perayaan ini adalah dimana orang-orang percaya mengkhususkan hari untuk menghormati peristiwa baptisan Yesus di Sungai Yordan.

Jadi gak heran kalau di bulan ini banyak peziarah yang berdatangan ke Yerusalem dan memilih untuk dibaptis seperti Yesus.

Sumber : Cbn.com | Wikipedia.org


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

pengiran lang 21 February 2020 - 19:48:28

Menjaga untuk tetap hidup kudus

0 Answer

Itin N 21 February 2020 - 02:41:08

Cara berhenti dari kecanduan judi

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7264

Banner Mitra Februari 2020 (2)