Buat Kamu Yang Ingin Bahagia, Yuk Bermurah Hati Kepada Sekelilingmu
Sumber: GRID.id

Single / 21 January 2020

Kalangan Sendiri

Buat Kamu Yang Ingin Bahagia, Yuk Bermurah Hati Kepada Sekelilingmu

Puji Astuti Official Writer
6212

Tahukah kamu bahwa menurut penelitian, kemurahan hati meningkatkan kebahagian dan meningkatkan kualitas hubungan dengan sesama? Ya, kebaikan yang kamu bagikan tidak hanya berdampak bagi orang lain yang menerimanya,  tapi juga berdampak positif kepada dirimu sendiri.

Selain itu, kemurahan hati adalah salah satu karakter Allah yang wajib kita miliki, seperti yang tertulis dalam 6:36 ini:Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

Kemurahan hati mendekatkan kita pada orang lain

Menurut Jason Marsh dan Jill Suttie dari Greater Good Science Center, “Ketika kita memberi kepada orang lain, kita tidak hanya membuat mereka merasa dekat dengan kita; kita juga merasa dekat dengan mereka.”

Hal ini karena saat kita bermurah hati dan peduli hal itu mendorong kita melihat orang lain daari sisi positif serta membuat kita terhubung dengan komunitas atau masyarakat.

Baca juga : 

Menabur Dalam Kemurahan Hati, Menuai Ucapan Syukur

Menyebarkan Benih Kemurahan Hati

Kemurahan hati membuat kita merasa lebih baik terhadap diri sendiri

Yang ini penting nih, bermurah hati kepada orang lain akan meningkatkan kepercayaan diri kita dan juga menghancurkan rasa benci kepada diri sendiri. Dengan memfokuskan kepada memberi daripada pada menerima, kita menciptakan orientasi keluar kepada orag lain, dan tidak terfokus kepada diri sendiri

Dengan meningkatnya kepedulian ini, kita membangun keseimbangan yang sehat tentang kepedulian pada diri sendiri dan sensitifitas kepada kebutuhan orang lain.

Selain itu kemurahan hati juga akan mengalihkan suara kritikan yang sering kita ucapkan pada diri sendiri di pikiran kita dan menggantinya dengan kata-kata positif. Ketika kita melihat kebahagian orang lain yang menerima kemurahan hati kita, maka suara di pikiran kita atau nurani kita tidak bisa mengkritik kita.

Bagaimana kita menerapkan kemurahan hati? 

1# Berikanlah sesuatu yang penting dan bermakna untuk orang lain

Pemberian tidak selalu berbentuk uang dan barang ya, hal itu bisa berupa waktumu untuk menemani mama berbelanja, telinga yang mau mendengarkan curhatan sahabatmu, membantu membersihkan rumah  tetangga gang sebelah yang kebanjiran, dan masih banyak hal lainnya.

Tetapi perlu juga sih memberi dalam bentuk uang atau barang kepada mereka yang membutuhkan. Seperti membagikan nasi bungkus kepada anak jalanan, atau sumbangan uang kepada teman yang sakit.

2# Terimalah ucapan terima kasih

Hampir bisa dipastikan ketika kita memberikan sesuatu, pasti penerima akan mengungkankan terima kasih kepada si pemberi. Namun banyak orang dari budaya timur suka berbasa-basi dengan berkata, “Ah, ngga seberapa kok.”

Namun hal itu sebenarnya bukan menunjukkan kerendahan hati loh, tapi malah seperti kita tidak menghargai rasa terima kasih mereka.

Menurut hasil penelitian dari Departemen Psikologi dari University of North Carolina di Chapel Hill, emosi ungkapan terima kasih berfungsi secara unik untuk membangun hubungan yang sangat berkualitas antara orang yang berterima kasih dengan target dari ungkapan terima kasih itu. Jadi, terimalah ungkapan terima kasih mereka ya.

3# Jangan sombong, terimalah juga kemurahan hati dari orang lain

Nah, banyak orang dengan mudah melakukan kemurahan hati atau memberi kepada orang lain, namun ada yang sulit untuk menerima pemberian atau bantuan orang lain. Mereka berpikir lebih baik memberi daripada menerima, makanya sering tidak mau menjadi penerima.

Namun menerima pemberian adalah sebuah bentuk kemurahan hati juga loh, tahu mengapa? Karena kita memberi kesempatan orang lain untuk bermurah hati dan merasa bahagia juga.

Kemurahan hati adalah ungkapan cinta kasih, mereka yang merasa tidak nyaman menerima kemurahan hati biasanya merasa tidak dikasihi atau kurang layak menerima kasih sewaktu mereka masih anak-anak. Itu sebabnya ada banyak orang merasa tidak suka menerima kemurahan hati. Semoga kamu bukan salah satunya ya.

4# Sering-seringlah berterima kasih dan bersyukur

Sama seperti menerima ungkapan terima kasih, mengucapkan terima kasih penting bagi kita, karena kita memberikan penghargaan kepada orang lain. Jadi, jangan lupa untuk berterima kasih atas kontribusi sekecil apapun dari orang lain ya.

Kamu juga perlu bersyukur kepada Tuhan atas semua yang kamu miliki dan nikmati hari ini. Karena semua itu adalah anugrah Tuhan atau pemberian dari Tuhan. Kamu bisa memberi, karena kamu sudah terlebih dahulu menerima dengan berlimpah-limpah dari Tuhan.

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. 1 Tesalonika 5:18

Baca juga : 

Hidup Bagaikan Uap! Berinvestasilah di Dalamnya Dengan Kemurahan Hati

Kemurahan Hati Yang Mengubah Hidup Seorang Pengantar Pizza

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami