Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
591


Gak ada pernikahan Kristen yang sempurna sekalipun fondasinya adalah Tuhan. Pasti ada saja masalah yang muncul dan kadang bikin hubungan suami istri jadi renggang.

Ada masa mereka gak akan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Karena itulah kadang pasangan Kristen memilih jasa konseling untuk menemukan solusi atas masalah yang mereka hadapi.

Ada lima cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah pernikahan dari kehancuran selain konseling:

1. Menciptakan waktu berkualitas bareng pasangan

Kesibukan adalah salah satu penghancur pernikahan. Pasangan yang gak punya banyak waktu bareng keluarga kemungkinan akan mengalami masalah komunikasi. Contohnya, gak lagi bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan. Akibatnya, keduanya lebih banyak berselisih paham dan menyebabkan konflik yang terus berlanjut.

Gak peduli berapa banyak pekerjaan yang sedang menunggu. Pastikan untuk meluangkan waktu bersama pasangan. Ambillah waktu untuk melakukan apa yang kalian suka dan bangun komunikasi yang baik setiap harinya.

Dengan menghabiskan waktu berkualitas secara teratur, pasangan menikah akan jauh lebih bahagia.

2. Hindari konflik keuangan

Uang adalah masalah yang paling riskan merusak pernikahan. Jika masalah keuangan ini terjadi terus menerus, risiko terbesarnya adalah perceraian.

Karena itu, untuk menghindari rusaknya pernikahan karena uang, pasangan Kristen perlu menyikapi masalah keuangan secara bijak. Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah bijak mengelola keuangan.

Cobalah untuk mengatur uang sebaik mungkin dengan membuat tabungan dan membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan.

3. Terbuka dan mau berbagi

Pasangan Kristen bisa bertengkar karena mereka lupa kalau mereka harus bekerja sama.

Sayangnya, sesaat setelah seorang pria dan wanita menikah mereka bukan lagi dua melainkan satu. Karena itulah mereka harus terus mengingat bahwa kerja sama adalah cara terbaik untuk membangun hubungan yang makin kuat.

Suami istri harus berbagi semua yang mereka punya. Kompromi dan pengorbanan harus dilakukan untuk menjaga keharmonisan dan kedamaian dalam hubungan suami istri.


Baca Juga: 

Anak Dari Keluarga Broken Home Juga Pantas Punya Pernikahan Bahagia, Ini 3 Tipsnya...

Berkati Pasanganmu Dengan 5 Ayat Ini Saat Dia Kedapatan Berkhianat


4. Jangan mudah terusik dengan komentar orang lain

Waktu pasangan Kristen membiarkan merua dan keluarga besar mereka ikut campur dalam urusan rumah tangga, maka akan muncul banyak masalah.

Karena itulah penting untuk tidak mengijinkan orang lain mengganggu keputusanmu dan pasangan.

Prinsip inilah yang disampaikan berdasarkan yang tertulis dalam Kejadian 2: 24, “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

Jadi, kalau masalah yang kalian hadapi bersifat pribadi, mendengar nasihat dari orang lain memang perlu. Tapi bukan berarti orang lain bisa mencampurinya terlalu jauh.

Pastikan keputusan akhir harus selalu datang dari kalian, bukan dari orang lain.

5. Baik suami istri perlu menetapkan harapan yang realistis

Kehancuran pernikahan bisa muncul ketika salah satu pihak merasa gak puas dengan pasangannya ataupun pernikahannya. Hal ini bisa muncul karena menetapkan harapan yang terlalu tinggi dari pasangan. Sehingga saat menjalani realita kehidupan, muncul ketidakpuasan, kekecewaan dan ingin selalu menuntut.

Karena itulah penting untuk menetapkan harapan atau ekspektasi yang realistis dalam pernikahan.

Dengan itu, setiap pasangan Kristen akan mengerti kalau gak ada yang namanya pasangan yang sempurna atau pernikahan yang sempurna. Akan selalu ada perjuangan dan kekurangan dari kedua belah pihak.

Kesadaran inilah yang akan mendorong kita untuk terus belajar menghargai hal terkecil sekalipun yang dilakukan oleh pasangan kita.

Banyak pernikahan yang gagal karena baik suami dan istri hanya fokus pada apa yang mereka punya. Mereka terlalu sibuk mengkuatirkan apa yang gak mereka punya dan akibatnya komunikasi jadi rusak, hubungan gak lagi dipenuhi cinta dan dukungan satu sama lain. Pernikahan adalah sekolah kehidupan dimana pasangan Kristen juga perlu terus belajar untuk menjadi dewasa dan sama-sama berjuang melewati semua rintangan yang ada.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iwan hidayat 18 February 2020 - 11:44:00

Pakaian

0 Answer

Fiora Natania 18 February 2020 - 11:41:40

Longsor sepanjang tahun 2005

0 Answer

Fiora Natania 18 February 2020 - 11:40:54

Tanah longsor tahun 2006

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)