Tahun 2020 Masih Terlilit Utang? Ayo Bebaskan Dirimu Dari Keterikatan Ini, Begini Caranya!

Finance / 14 January 2020

Kalangan Sendiri

Tahun 2020 Masih Terlilit Utang? Ayo Bebaskan Dirimu Dari Keterikatan Ini, Begini Caranya!

Naomii Simbolon Official Writer
2909

Semua orang tentu saja butuh uang, tapi uang bukanlah segalanya meski semua harus dibeli dengan uang.

Diatas dari uang, masih ada Tuhan. Kita harus lebih membutuhkan Tuhan dari pada uang.

Cuma, sayangnya ada banyak orang yang mengetahui ini namun pada praktiknya tidak melakukannya. Beberapa orang bahkan rela melakukan hal buruk dan melupakan Tuhan demi mendapatkan uang banyak. Misalnya, korupsi di kantor, menjual diri, mencuri bahkan menipu orangtua dan orang lain hingga meminjam sana sini kemudian tidak mengembalikannya.

Tahu nggak sih kapan dikatakan kamu itu terikat dengan uang? Nah, kamu dikatakan terikat dengan uang ketika :

Pertama, kamu selalu berdebat dengan anggota keluargamu tentang uang. Entah karena kamu berbohong, atau kamu tidak iklas memberi bantuan dan lain sebagainya.

Lalu. kedua, kamu tidak membayar kartu kredit kamu setiap bulan dan rela mengabaikan peringatan dari kartu kredit.

Ketiga, tanpa sadar atau sadar kamu menghabiskan uang untuk terapi emosional, seperti belanja, nyalon, makan dan lain sebagainya.

Jadi, jika salah satu dari ketiga hal di atas kamu alami, itu berarti kamu harus menyesuaikan keuangan kamu sesuai prinsip-prinsip Alkitab.

Orang yang terikat dengan uang biasanya lahir dari keyakinan yang salah tentang uang. Roma 12:2 menawarkan solusi buat kamu, yaitu, " 

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna."

 

Kamu mungkin mengaku percaya dan mengikut Yesus, tapi kebiasaan kamu dalam mengatur keuangan mengikuti dunia ini.

Itulah sebabnya kamu harus mengalami pembaharuan dalam pemikiran kamu seperti yang dikatakan dalam Alkitab, supaya kamu bisa mengubah cara kamu bersikap.

Menerapkan kebenaran Firman Allah itu tidak mudah, tapi jika kamu terus berusaha dan mengubah apa yang kamu yakini tentang uang menjadi apa yang Tuhan ingin ajarkan kepada kamu, maka kamu akan diubah secara radikal dari dalam ke luar.

Jadi, mau menunggu sampai kapan lagi? Saatnya untuk berkomitmen dalam mengikuti jalan Tuhan sehingga kamu keluar dari perbudakan uang ya.

Berikut beberapa langkah praktis yang bisa kamu lakukan di tahun 2020. Yuk, alami kebebasan secara finansial di tahun ini!

1. Hentikan segala bentuk pinjaman.

Ngerti kan maksudnya? Yap, jangan lagi memakai kartu kredit ataupun meminjam duit dari orang lain, baik itu keluarga atau teman.

Pakai kartu kredit adalah sumber hutang yang paling umum bagi banyak orang, jadi berhentilah memakainya.

Semakin kamu berhenti memakai kartu kredit, maka semakin cepat kamu keluar dari hutang.

2. Mulailah membuat perencanaan pengeluaran kamu

Yap, ini penting banget. Semakin kamu detail dalam mengatur perencanaan keuangan kamu, maka semakin membuat kamu mengerti apa saja yang prioritas yang harus dibeli.

Semakin kamu fokus dalam membayar hutang maka semakin ketat rencana pengeluaran kamu. 

BACA JUGA : Kalau Bisa Dikerjakan Kenapa Harus Menunda? Yuk, Ubah Cara Bekerja Kamu Tahun Ini!

3. Belajarlah untuk mempercayai Tuhan sehingga kamu bisa mengendalikan diri.

Kedengarannya seperti paradoks ya, tapi ini benar adanya bahwa untuk bisa keluar dari hutang dan menghindar dari hutang maka kamu harus semakin dekat kepada Tuhan. Ketika kamu dekat kepada Tuhan maka Tuhan akan memberimu hikmat dan membantumu mengendalikan diri untuk membeli ini dan juga itu.

4. Mulailah belajar memberi perpuluhan.

Memberi perpuluhan adalah sebuah cara untuk menghancurkan kematerialisme annya kamu.

Ini adalah cara supaya kamu bisa menjadi orang yang murah hati. So, mulailah memberikan 10 persen dari penghasilan kamu untuk mendukung pekerjaan Tuhan, untuk menunjukkan bahwa Dia adalah prioritas tertinggi dalam hidup kamu.

Uang bisa menjadi masalah bagi beberapa orang, bisa buat orang stress dan hidup kekurangan. Jadi, bijaklah dalam mengatur segala sesuatu yang Tuhan percayakan kepada kita di dunia ini. Jadilah orang Kristen yang bijak.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami