Tidak Harta Berjibun, Tapi Inilah Yang Anak Inginkan Dari Orangtua di Tahun 2020 Ini!

Tidak Harta Berjibun, Tapi Inilah Yang Anak Inginkan Dari Orangtua di Tahun 2020 Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
793

Kadang sebagai orangtua, kita selalu sibuk mempersiapkan segalanya untuk anak.  Sampai-sampai melupakan hal yang sederhana yang sebenarnya penting bagi anak dan yang  mereka inginkan meskipun terdengar sepele.

Yap, sebenarnya, anak ingin merasakan kenyamanan dan juga rasa aman. Dan sebagai orang terdekat dan paling mereka percaya, kita harus memberikan itu.

Di jaman sekarang ini, ada banyak orang tua yang terlalu fokus dengan hal yang besar seperti masa depan anak-anak tanpa memperdulikan mereka secara mental dan fisik.

Hal ini bisa berbahaya bagi pertumbuhan mereka kelak lho.

Ketika orangtua  tidak berhasil memberikan kenyamanan dan keamanan untuk anak, mereka akan merasa tidak dicintai dan mulai mencari rasa itu ke luar. Seperti yang kita ketahui bahwa di luar ada begitu banyak iblis yang menyerupai singa yang siap-siap menerkam anak kamu sehingga mereka jatuh ke dalam pergaulan yang salah.

Biar nggak menyesal, inilah beberapa hal yang bisa orangtua lakukan di tahun yang baru ini, agar anak merasa dicintai dan bertumbuh lebih baik :

1. Habiskan waktu bersama

Sering sekali, kesibukan membuat kita lupa akan anak-anak.

Di jaman yang modern ini, rata-rata orangtua menitipkan anak kepada baby sitter atau opa-oma untuk dijaga dan dibawa bermain kemana pun yang mereka suka.

Padahal sebenarnya, anak tidak mau itu. Mereka ingin memiliki waktu bersama dengan kamu, mereka ingin mengenal kamu dan memeluk kamu lebih lama.

Itu sebabnya, coba deh habiskan waktu bersama dengan mereka. Seperti bermain bersama sepulang kamu kerja, nonton bersama, belajar memasak bersama ketika weekend dan liburan bersama.

Hal ini akan membuat merasa dicintai karena kamu menjadikan mereka prioritas dibanding pekerjaan kamu dan semua kesibukan kamu.

2. Selalu katakan "Iya" untuk sebuah pelukan

Tahu nggak sih bahwa pelukan itu mampu menyembuhkan dann membuat orang merasa disayang. Hal itu karena pelukan mampu menghasilkan hormon oksitosin dan melepaskan dopamin ataupun hormon bahagia.

So, berikanlah mereka pelukan kapan saja dan dimana saja mereka minta.

Selain baik untuk perkembangan anakmu, pelukan juga bagus untuk kamu sendiri lho.

Lagi pula, sebentar lagi si kecil akan semakin besar dan semakin dewasa dan akan membuat kita sulit untuk memeluk karena malu. Itu sebabnya, mumpung mereka suka menagih pelukan, maka peluklah mereka.

Jangan lupa untuk memberikan mereka ciuman di kening atau di bibir sebagai tanda cinta.

BACA JUGA ARTIKEL INI : 

                    Nggak Suka Dengan Calon Mantu? Inilah Hal Baik Yang Bisa Orangtua Kristen Lakukan!

                    Inilah 4 Cara Mendidik Anak Remaja Yang Orangtua Kristen Tidak Banyak Ketahui!

3. Jangan marah-marah, bangunkan mereka dengan senyuman.

Memang sih, kadang si kecil susah dibangunin. Tapi jangan paksa mereka bangun dengan suara yang tinggi ya. Lebih baik, bangunkan mereka dengan cara yang lebih menyenangkan, nggak ada salahnya kan?

Yap, coba deh bangunkan mereka dengan senyuman dan elusan lembut di kepala, karena itu akan membuat mereka bangun dengan wajah yang lebih ceria.

Senyuman dari orang disayang, apalagi di pagi hari bakalan membuat mereka merasa disayang bukan? Sementara kalau teriak-teriak akan membuat mereka kesal dan jadi anak yang bebal.

4. Rencakan kencan romantis bersama anak. Hanya berduaan saja ya.

Kencan berdua dengan anak akan membuat mereka lebih terbuka dengan cara yang baru lho.

Jadi, rencanakan untuk membuat kencan dengan anak kamu. Pergilah makan berduaan di restoran dan menghabiskan waktu bersama ke pusat perbelanjaan, kencantikan ataupun game.

Dengan melakukan kencan seperti ini, maka kamu dan anak akan semakin terkoneksi lebih dalam. Dan semakin banyak waktu yang kita gunakan untuk terhubung secara personal dengan anak-anak kita, maka semakin besar anak kita merasa dicintai.

 

Jadi, itulah 4 hal yang orangtua bisa lakukan agar anak merasa dicintai dan nyaman serta aman. Jangan sampai hubungan kamu dan anak menjadi renggang hanya karena gengsi ya. Ingat, mereka adalah aset yang akan memuliakan nama Tuhan, dan mereka adalah hadiah dari Allah yang harus kamu hargai, hormati, jagai dan juga cintai.

Sumber : crosswalk | Jawaban

Ikuti Kami