Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
507


Kita perlu prihatin karena gak banyak anak jaman sekarang yang gemar baca buku. Mereka justru lebih betah menonton di ponsel mereka ataupun bermain game selama berjam-jam.

Di jaman sekarang, membudayakan kebiasaan membaca ke anak mungkin gak lagi mudah. Pastinya gak semudah orangtua jaman dulu.

Karena kita tahu pentingnya membaca buku bagi perkembangan otak anak, hal inilah yang harusnya mendorong orangtua untuk mencari cara yang lebih kreatif supaya bisa mendorong anak lebih menyukai buku dibandingkan dengan ponselnya. Bagaimana caranya?

1. Pakai Metode Storytelling

Kebiasaan membaca bisa dimulai dengan membudayakan membaca setiap hari untuk anak. Pakailah metode storytelling. Bacakan anak-anak sebuah cerita setiap malam. Mulailah hal ini sejak mereka masih bayi, bahkan sejak masih dalam kandungan.

Atau mulailah membaca buku-buku yang anak suka, yang lebih menarik dan membuat mereka bersemangat. Lalu suruh anak berpartisipasi seperti berdiskusi tentang apa sebenarnya isi dari cerita dan apa pesan yang bisa dipetik dari hal itu.

2. Bawa Anak Berkunjung ke Perpustakaan

‘Matilda’ adalah salah satu film favorit yang berkisah tentang seorang anak perempuan yang ditelantarkan orangtuanya. Dia bahkan sudah bisa membaca dan menulis sejak masih bayi. Seiring bertumbuh, Matilda menjadi seorang anak perempuan yang sangat cerdas. Setiap hari dia selalu membaca buku apapun yang dijumpainya. Bahkan saat merasa kekurangan bahan bacaan, dia seorang diri harus pergi ke perpustakaan.

Tahukah kamu kalau pergi ke perpustakaan adalah salah satu cara untuk mengenalkan anak dengan kebiasaan membaca buku. Semakin akrab anak dengan buku, semakin mereka akan menggemari perpustakaan.

Saat diperpustakaan ajarkanlah anak tentang tata krama perpustakaan. Buatkan mereka kartu sendiri dan dorong dia untuk membaca dalam beberapa waktu setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu.

3. Jadilah Role Model Bagi Anak

Melihat orangtua membaca akan memperkuat gagasan bahwa membaca itu menyenangkan dan sangat penting untuk memperluas wawasan.

Jadi, sebelum kamu mengharapkan anak-anakmu jadi penggemar baca buku, jadilah role model lebih dulu.

Biasakanlah membaca di rumah dengan membuat jadwal rutin di hari-hari tertentu atau kalau bisa setiap hari.

Baca Juga:

Dibalik Anak yang Sukses, Ada Orangtua yang Handal

Ini 6 Keuntungan Orangtua Ikuti Kelas Parenting

4. Buat Perpustakaan Pribadi di Rumah

Setiap penggemar buku pasti punya ruang perpustakaan tertentu di rumah. Jadi buatlah ruangan ini senyaman dan semenarik mungkin. Koleksi juga buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan anak supaya dia lebih tertarik berada di ruangan ini selama yang dia mau.

5. Ajarkan Anak Untuk Merawat Buku

Anak-anak perlu tahu kalau buku itu adalah benda yang berharga. Saat anak gak menganggapnya penting, mereka akan lebih mudah merusaknya. Karena itu sejak awal, ajarkan anak bagaimaan cara merawatnya. Buku-buku di kamar anak bisa jadi sangat berantakana. Jadi ajak anak untuk kembali merapikan dan menaruhnya di tempat semula.

Ketika anak sudah mengenal gadget atau ponsel dan Youtube. Akan lebih sulit bagi orangtua untuk mengajarkan tentang membaca. Jadi, buatlah aturan yang jelas soal kapan anak bisa mengakses ponsel dan kapan harus membaca. Dengan itu, dia bisa menggunakan waktunya dengan disiplin.

Sumber : Wehavekids.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iwan hidayat 18 February 2020 - 11:44:00

Pakaian

0 Answer

Fiora Natania 18 February 2020 - 11:41:40

Longsor sepanjang tahun 2005

0 Answer

Fiora Natania 18 February 2020 - 11:40:54

Tanah longsor tahun 2006

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)