#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Petrus
Sumber: JC Channel

Kata Alkitab / 8 January 2020

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Petrus

Puji Astuti Official Writer
10668

Jika kita membaca kisah murid-murid Yesus, maka Rasul Petrus adalah sosok yang menarik dan cukup menonjol dari murid-murid yang lain. Pria yang berprofesi sebagai nelayan itu adalah saudara dari Andreas, dimana sebelumnya mereka adalah murid Yohanes Pembabtis.

Petrus diperkenalkan kepada Yesus oleh Andreas, hal ini dituliskan dalam Yohanes 1:41-42, di saat bertemu Yesus itulah, Petrus yang sebelumnya bernama Simon diberi nama baru oleh Yesus, yaitu Kefas (dalam Bahasa Aram, Kefa berarti batu karang, yang diterjemahkan dalam Bahasa Yunani menjadi Petros, sehingga ia akhirnya dipanggil Petrus).

Siapakah Petrus?

Petrus lahir dengan nama Simon (Bahasa Yunani), dalam Bahasa Aram adalah Simeon, ayahnya bernama Yohanes  (Yohanes 21:15). Kata Simeon sendiri berasal dari kata Shim’on yang berarti mendengar. Itulah sebabnya, ia sering disebut Simon Petrus, gabungan antara nama pemberian orangtuanya dan nama pemberian Yesus.

Petrus diperkirakan lahir pada tahun 1 sesudah masehi,  dan menjalani kehidupan sebagai seorang nelayan. Pada masa itu, nelayan adalah pekerjaan yang kasar, dimana orang yang berprofesi ini dikenal sebagai orang perkataannya kasar dan vulgar, keji, berpakaian lusuh, dan penampilannya berantakan.

Para nelayan di abad pertama dikenal sebagai lelaki yang jantan, mereka penuh semangat dan penuh emosi yang meledak-ledak. Mungkin itulah sebabnya rekan-rekan Petrus yang juga berprofesi sebagai nelayan, Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya Yakobus disebus anak-anak guruh (Markus 3:17).

Itu juga yang membuat Petrus dikenal sebagai orang yang kasar, emosinya meledak-ledak, berani, dan juga seorang yang cepat bertindak dan berkata-kata tanpa pikir panjang lebih dahulu. 

Apa saja keunikan Petrus yang dicatat Alkitab?

1# Petrus meninggalkan profesinya sebagai nelayan begitu kenal Yesus

Setelah diberi nama baru oleh Yesus Kristus, Petrus dengan segera meninggalkan profesinya sebagai nelayan dan dengan setia mengikut Yesus. Ia terbilang cukup berani, karena ia sendiri telah menikah dan seorang kepala keluarga.

Baca juga : 

#FaktaAlkitab – Siapakah Sebenarnya Orang Farisi Itu?

#FaktaAlkitab – Terowongan Air Rahasia Raja Hizkia

Sumber : JC CHANNEL
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami