Lori

Official Writer
981


Apa kamu sudah punya gambaran melakukan apa untuk lebih baik dalam mengatur keuangan di tahun 2020 mendatang?

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk kembali mengadopsi cara pengelolaan keuangan yang sehat. Kamu yang merasa kurang maksimal mengatur keuangan di tahun sebelumnya pasti berpikir untuk melakukan apa untuk gak mengulangi kesalahan pengelolaan keuangan yang sama bukan? Jadi, cobalah untuk memasukkan 15 resolusi ini ke dalam daftar pengelolaan keuanganmu.

1. Investasi

Berinvestasi harus jadi resolusi pertama yang harus kamu lakukan. Temukan ide atau sesuatu yang kamu punya yang bisa dijadikan asset investasi yang menghasilkan.

Kalau di tahun sebelumnya kamu belum mencoba hal ini, mulailah dengan berani. Jangan biarkan peluang besar yang sebenarnya kamu punya terbuang sia-sia. Jangan berpikir investasi itu adalah soal sesuatu yang besar. Bahkan bakat atau hobi yang kamu punya bisa jadi investasi. Misalnya, bakat menulis, membuat vlog atau membuat produk seperti sabun, tas anyaman dan sebagainya.

Kalau kamu rasa gak punya keahlian dalam hal marketing, mulailah belajar dari banyak sumber. Atau kamu bisa belajar dari orang-orang terdekat yang sudah lebih dulu berinvestasi.

2. Nabung

Segala sesuatu bisa terjadi. Kamu bisa sewaktu-waktu butuh uang dan gak tahu harus nyari dari mana karena kamu gak punya tabungan atau dana darurat.

Kondisi inilah yang harus mendesakmu untuk membuat tabungan khusus untuk kondisi-kondisi darurat yang mungkin bisa terjadi, seperti kehilangan pekerjaan atau kecelakaan.

Buatlah anggaran khusus untuk dana ini. Misalnya dari 100% gaji yang kamu terima, alokasikan sebanyak 10-20% untuk dana darurat ini. Simpanlah di satu akun terpisah dari uang yang biasa kamu pergunakan sehari-hari.

3. Pilih antara memakai kartu kredit atau gak

Apa kamu tipe yang lebih memilih memakai kratu kredit untuk setiap transaksi yang kamu buat?

Di satu sisi, memakai kartu kredit memang cukup fleksibel. Kamu hanya tinggal bayar sesuai masa bayar yang ditentukan. Dan kalau memang memakai kartu kredit adalah hal yang lebih nyaman buatmu, gak masalah. Tapi ingatlah untuk tetap mengontrol keinginan berbelanjamu dan selalu tepat waktu membayar semua tunggangan yang ada.

4. Buat daftar pengeluaran yang lengkap

Kalau kamu bukan tipe yang bisa mengatur keuangan secara langsung, maka buatlah panduan pengeluaran yang rinci.

Setiap kali gajian tiba, buatlah daftar pengeluaran apa saja yang perlu selama sebulan. Daftar inilah yang akan mendorongmu untuk tetap fokus pada seberapa besar dana yang perlu kamu belanjakan.

5. Sisihkan untuk biaya kuliah atau pengembangan skill

Buat kamu yang masih kuliah, pikirkan bagaimana cara mengelola keuangan yang baik. Biaya kuliah yang gak murah memaksamu harus menabung. Jadi, cobalah untuk mengakumulasi keuangan lebih dulu. Berapa yang perlu disimpan untuk uang kuliah dan dibelanjakan untuk keperluan sehari-hari. Kalau ternyata gak cukup, kamu perlu kembali ke poin 1 dan mulailah mencari ide bagaimana cara mencari uang dengan mudah.

Buat kamu yang gak lagi kuliah, juga penting mengalokasikan keuangan untuk pengembangan skill seperti ikut seminar atau training.

6. Pikirkan dana pensiunmu

Menabung untuk dana pensiun di masa muda mungkin  terdengar lucu. Tapi percayalah tindakan ini akan sangat membawa keuntungan buatmu. Kalau di tahun sebelumnya kamu belum terpikir mengalokasikan dana pensiunmu, mulailah dari tahun ini.   

Prinsipnya, semakin cepat kamu menyisihkan dana pension, semakin aman pula hidupmu di masa tua. Berinvetasi untuk masa tua berarti bahwa kamu juga berani berinvestasi untuk masa depanmu.

7. Pikirkan punya rumah atau sesuatu yang penting

Ini penting diketahui oleh kaum muda. Semakin tahun, harga rumah akan semakin tinggi. Semakin lama kamu menunda untuk punya rumah, maka kesempatan untuk mendapatkan harga yang tepat sesuai dengan kemampuanmu akan semakin kecil.

Jadi, pikirkan baik-baik di tahun 2020 ini untuk punya rumah sendiri. Atau kalaupun sudah punya rumah, cobalah untuk mencari peluang baik dari membeli sesuatu yang sebenarnya penting kamu pakai. Misalnya, mobil atau kendaraan lain.

Akhir tahun 2019 sudah di depan mata. Inilah waktunya kamu memikirkan tentang resolusi keuangan yang harus kamu lakukan pada tahun 2020 nanti. Mengatur keuangan yang baik akan membuat keuanganmu aman dari segala kondisi darurat. Jadi, masukkan beberapa daftar di atas dalam resolusi keuanganmu di tahun baru nanti ya.

Sumber : Moneyunder30.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7245

Banner Mitra Juli 1-2