Jamu Tamu di Tahun Baru Tanpa Habiskan Banyak Uang, Iya Bisa Kok!
Sumber: Ignite Church

Finance / 29 December 2019

Kalangan Sendiri

Jamu Tamu di Tahun Baru Tanpa Habiskan Banyak Uang, Iya Bisa Kok!

Lori Official Writer
2757

Liburan Tahun Baru adalah momen dimana semua orang akan merayakannya dengan meriah, baik di rumah maupun di tempat lain.

Di tengah masyarakat Indonesia sendiri, Tahun Baru biasanya dirayakan dengan jamuan makan. Jadi, keluarga maupun teman-teman terdekat bisa diundang untuk datang ke rumah dan merayakan Tahun Baru bersama.

Ada perayaan, tentunya akan ada uang yang harus dikeluarkan bukan?

Ya, biasanya untuk memberikan kesan yang baik ke tamu-tamu rata-rata mereka yang merayakannya akan banyak menghabiskan uang untuk hidangan dan minuman Tahun Baru.

Bagi mereka yang gak punya uang akan mulai merasa stress karena gak punya cukup uang untuk menghidangkan makanan dan minuman terbaik untuk tamu-tamunya. Bagi yang punya uang, mereka akan mulai merasa sudah terlalu banyak menghabiskan uang untuk semua persiapan Tahun Baru.

Tapi wajarkah semua orang harus menghabiskan banyak uang untuk perayaan sehari itu?

Kalau tak mau pusing dengan kehabisan uang di Tahun Baru, kamu juga bisa kok menjamu tamu sesuai dengan budget yang kamu punya. Gak perlu banyak biaya, yang penting kamu bisa mengaturnya dengan baik.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan budget di Tahun Baru.

1. Kenapa gak coba mode potluck aja?

Potluck artinya sebuah jamuan makan yang diadakan sekelompok orang dimana mereka masing-masing membawa makan dan minumnya masing-masing.

Bahkan tamu yang datang pastinya gak akan keberatan kalau mereka membawa makan yang mereka persiapkan dari rumah untuk disantap bersama di rumahmu. Cara ini juga pasti bakal menambah pengalaman baru makan bersama kalian, dimana tamu bisa punya pilihan makanan yang lebih banyak di atas meja.

Sementara kamu hanya perlu mengkonfirmasi, hidangan apa yang bisa kamu persiapkan di rumah. Entah itu lauk, atau makanan penutup lain. Semuanya tergantung kesepakatan bersama kok!

2. Sebelum mengadakan jamuan, pikirkan apakah kamu sanggup menutupi biayanya

Melihat banyak orang datang ke rumah kita memang akan sangat membahagiakan. Tapi, jangan sampai hanya karena euphoria sesaat itu kamu justru harus menelan banyak kerugian secara finansial. Sebelum mengundang teman-temanmu ke rumah, pastikan apakah keuanganmu cukup untuk mengadakan jamuan itu. Kalau memang gak, pastikan, berapa banyak orang yang bisa kamu undang dan jangan sampai melebihi dari yang kamu sanggup layani.

3. Sediakan makanan pembuka yang mengenyangkan

Menyediakan makanan pembuka yang bikin cepat kenyang adalah salah satu tips untuk menghemat pengeluaran di Tahun Baru.

Jadi, setibanya para tamu ke rumah persilahkan mereka lebih dulu mencicipi makanan pembuka dan minuman. Setelah beberapa saat kamu bisa mengajak mereka untuk makan bersama. Pastinya dengan perut yang gak terlalu lapar, akan membuat tamu makan dengan porsi yang tak terlalu banyak.


4. Pilih minuman ringan

Ada banyak pasangan yang berusaha menyenangkan semua tamu dengan menghabiskan banyak biaya untuk membeli minuman mahal.

Daripada buang-buang uang, akan lebih bijak menggantinya dengan minuman ringan seperti es teh, limun, es buah atau minuman kaleng.

Baca Juga: Cara Sukses Ala Pebisnis Kristen, Gak Perlu Pakai Penglaris Kok!

5. Hindari daging, buatlah pesta kue

Jamuan makan bukan berarti harus melulu makan berat seperti nasi dan daging. Tapi kamu juga bisa merayakannya dengan pesta kue.

Membuat kue sendiri juga akan jadi pilihan yang bijak untuk memangkas pengeluaran. Kamu hanya perlu buat kue bolu atau tart sesuai dengan kebutuhan dan menghidangkannya kepada semua tamu.

6. Hindari dekorasi yang berlebihan

Biaya untuk dekorasi Tahun Baru juga bisa sangat mahal. Apalagi kalau bahannya harus dibeli. Daripada buang duit, kenapa gak menghias seadanya saja? Atau gunakan bahan-bahan yang gak dipakai. Semakin kreatif kamu, semakin sedikit uang yang kamu keluarkan.

7. Rencanakan masak bersama

Merayakan Tahun Baru bukan cuma makan bersama. Tapi kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk sharing pengeluaran dan masak bersama di dapurmu. Hal ini akan jadi lebih fair secara ekonomi.

Merayakan Tahun Baru gak bicara tentang seberapa mewah makanan atau minuman yang kamu hidangkan. Jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana kalian menghabiskan hari itu dengan rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Jadi, jangan pernah berpikir kalau Tahun Baru hanyalah satu hari yang akan menghabiskan banyak uang. Ubahkan tradisi itu dengan cara berpikir yang baru.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami