Lakukan 4 Hal Ini Biar Tetap Fit Selama Liburan
Sumber: Techwalla.com

Health / 25 December 2019

Kalangan Sendiri

Lakukan 4 Hal Ini Biar Tetap Fit Selama Liburan

Lori Official Writer
2268

Waktu liburan tiba, para pejalan biasanya akan mengalami banyak gangguan kesehatan baik di bandara maupun saat berada di tengah perjalanan. Untuk mencegah masalah ini, terdapat beberapa tips yang patut diikuti, diantaranya:

1. Cuci Tangan

Lebih banyak waktu melakukan perjalanan artinya lebih banyak terpapar penyakit dan gangguan pencernaan.

Salah satu penyebabnya bisa muncul dari tangan yang kotor. Karena itu, jangan lupa membersihkan tangan secara taratur selama 15 detik sebelum makan. Bila gak memungkinkan untuk mencuci tangan di tempat liburan selalu bawa hand sanitizer di dalam tasmu dan selalu usapkan sebelum makan atau minum atau sesaat setelah menyentuh sesuatu di bandara atau di stasiun kereta api.

Jangan lupa membawa persiapan disinfektan lain seperti tissue basah atau alkohol untuk membersihkan tempat sekitar sebelum menyentuh atau mendudukinya. Jangan lupa selalu membersihkan seatbelt sebelum dipakai.

2. Minum Banyak Cairan

Selalu ingat untuk tetap terhidrasi selama melakukan perjalanan. Banyak bandara yang menyediakan air mineral bagi para pejalan. Jadi, sediakan botol minum dari rumah dan isi di bandara jika dibutuhkan. 

Karena melakukan perjalanan bisa menyebabkan dehidrasi, penuhilah kebutuhan cairan tubuhmu dengan cukup. 

Penuhi tubuhmu dengan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

Ingatlah kalau kopi dan alkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa memudahkan tubuh jatuh sakit.

Baca Juga: Biar Gak Sakit Perut Waktu Lagi Jalan-jalan, Yuk Ikuti 5 Tips Ini

3. Hindari Stress

Banyak orang gak menyadari betapa stress nya pejalan selama liburan.

Hormon kortisol penyebab stress bisa menyerang sistem imun tubuh. Karena itu ambil waktu untuk istirahat dan temukan tempat yang tenang untuk merelaksasi kembali pikiran lewat istirahat yang cukup. Ambillah waktu istirahat setidaknya enam sampai tujuh jam, karena kurang tidur hanya akan membuat tubuh mudah terserang penyakit.

4. Banyak Bergerak

Tidak bergerak selama empat jam atau lebih setiap hari bisa menyebabkan penggumpalan darah.

Melakukan perjalanan jarak jauh tanpa melakukan peregangan atau gerakan hanya akan menyebabkan risiko penggumpalan darah. Biasanya gejala yang ditimbulkan bisa berupa pembengkakan, nyeri pada kaki dan warna kaki berubah.

Jika memungkinkan, upayakan untuk berjalan selama 20 menit sebelum terbang atau setelah berada di tempat tujuan. Cobalah menggerakkan pergelangan kaki, mengangkat kaki dan betis. Hal ini bisa mendorong aliran darah untuk mengalir ke seluruh tubuh dan mengurangi penggumpalan darah.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk mengenakan pakaian longgar untuk memastikan darah mengalir secara leluasa ke seluruh tubuh.

Cara lain untuk terhindar dari risiko ini adalah dengan memeriksakan diri lebih dulu ke dokter atau ahli bedah sebelum bepergian.

Menjaga kesehatan tubuh sebelum bepergian jauh sama pentingnya dengan mengatur pola makan selama liburan. Kesehatan harus jadi prioritas utama demi menikmati liburan yang menyenangkan.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami