Biar Gak Banyak Pengeluaran, Yuk Siasati Pengeluaran di Last Minute Natal Pakai Cara Ini
Sumber: ecobabysteps.com

Finance / 23 December 2019

Kalangan Sendiri

Biar Gak Banyak Pengeluaran, Yuk Siasati Pengeluaran di Last Minute Natal Pakai Cara Ini

Lori Official Writer
2468

Desember adalah bulan yang paling dinanti sekaligus mengkuatirkan. Karena liburan berarti harus mengeluarkan lebih banyak uang. Baik itu buat beli kado Natal maupun untuk memikirkan jalan-jalan selama liburan akhir tahun.

Daripada pusing, mendingan kamu melakukan beberapa cara buat lebih menghemat di last minute perayaan Natal. 

#1 Yuk berdoa dulu

Liburan bisa membuat kita terdistraksi dari kebiasaan penting seperti berdoa. Karena dengan doalah kita bisa tahu apa yang Tuhan mau kita lakukan selama liburan. Tentunya kita mau kalau Tuhan juga mengingatkan kita tetap berhemat selama belanja menjelang Natal bukan?

Cara kerja Tuhan itu bisa sangat sederhana. Entah menunjukkanmu diskon besar-besaran di last minute  belanja kado Natal, atau bisa juga dengan mendapatkan pemberian atau rejeki yang lebih dari apa yang kita butuhkan.

Iman membuat kita jauh lebih percaya dan terkontrol. Karena itu belajarlah untuk mempercayai Tuhan dalam keuanganmu. 

#2 Terapkan kebiasaan tiga hadiah

Sudah waktunya kita mengubah tradisi dari menghambur-hamburkan uang di hari Natal menjadi momen yang sederhana dan bermakna.

Kado bukan berarti harus berasal dari sesuatu yang mahal. Tapi sebaliknya, kita bisa membuatnya dari hal-hal sederhana. Entah itu dengan buatan tangan atau hanya sekadar memberikan tulisan ucapan hari Natal yang indah.

Karena itu, buang jauh-jauh keinginan untuk membelanjakan semua uangmu dengan boros. Cobalah tradisi 3 hadiah, sama seperti waktu orang Majus datang dan membawa tiga persembahan yaitu emas, kemenyan dan mur.

Tiga hadiah ini bisa kita tukar dengan hadiah-hadiah sederhana yang bisa dinikmati oleh semua keluarga.


Baca Juga: Ingin Low Budget? Ini Pilihan Kado Natal untuk Anda


#3 Belilah hadiah jauh-jauh hari

Ada beberap tips yang bisa kamu lakukan untuk tidak tergoda menghabiskan uang di hari-hari menjelang Natal:

Sisihkan uang tunai. Sisihkanlah sejumlah uang tunai untuk mebayar transaksi-transaksi penting selama liburan. Hindari penggunaan kartu kredit.

Pilih toko yang sesuai budget. Setiap toko pasti mematok harga yang bervariasi dan semua itu tergantung dimana dan seberapa besar tokonya.

Akan lebih baik membeli barang di toko yang lebih terjangkau dengan harga yang lebih murah dibandingkan membelinya di mall.

Belanja bareng pasangan atau teman. Ini bisa jadi cara menghemat yang cukup smart. Karena dengan belanja bersama kalian bisa membagi dan mengambil untung bersama.

Kado bukanlah hal yang paling penting dalam perayaan Natal. Tapi bagaimana keluarga bisa saling terhubung dan menikmati Natal bersama dengan sukacita dan penuh ucapan syukur. Karena momen-momen seperti inilah yang akan selalu diingat. Jadi, jangan terlalu memaksa dirimu untuk membeli barang-barang yang gak terlalu berfaedah selama liburan ini.

Sumber : Cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami