Naomii Simbolon

Official Writer
696


Keluarga merupakan tempat ternyaman dimana kita bebas berekspresi semau kita tanpa takut di hakimi apalagi di jauhi.

Dalam keluarga kita tentu belajar banyak hal,karena merekalah yang selalu bersama-sama dengan kita sejak kecil hingga dewasa. Mulai dari berlajar tentang sebuah nilai hingga kebiasaan yang akhirnya mempengaruhi kita secara pribadi, entah menyangkut etika kerja, politik kita, cara bicara kita bahkan cara makan kita. Dan tentunya, hal seperti ini nggak mudah untuk di ubah.

Ketika sampai dalam hubungan percintaan, jangan kira bahwa keluarga tidak ada pengaruh apapun dalam hal itu. Justru perlu diketahui bahwa hubungan percintaan orangtua kamu  alias hubungan pernikahan orangtuamu adalah role model pertama yang secara tidak langsung kamu tiru dan tertanam di pikiran kamu. Sehingga secara tidak sadar, kebiasaan merekalah yang kamu adopsi dan tuangkan dalam hubungan percintaan kamu saat ini juga. Bahkan dalam pernikahanmu di masa mendatang.

Nah, untuk menilai hubungan percintaanmu sekarang dengan si dia, dibawah ini ada beberapa dampak yang sering terjadi karena melihat pernikahan yang tidak sehat di dalam rumah.

1. Kamu meragukan pasangan kamu sepanjang waktu

Memang sih sulit banget pas melihat orangtua cerai , apalagi waktu itu kamu masih sangat muda. Walaupun memang perceraian orangtua tidak akan mengacaukan masa depan kamu selamanya tapi hal ini ternyata justru membuat kamu merasakan kecemasan yang bisa diartikan sebagai ketakutan yang membuat kamu sulit untuk komitmen dengan pasangan kamu, membuat kamu penuh dengan curiga, dan bisa menjadi posesif. 

Teruntuk pria, biasanya kamu akan merasakan penolakan jauh sebelum kamu mengungkapkan cinta pada seseorang.

Sekarang, kamu harus menyadari bahwa iblis sedang mengintimidasi kamu. Jangan biarkan hal itu terus terjadi dan percayalah masa depanmu aman didalam Tuhan. Putuskan intimidasi itu karena kamu tidak sama dengan orangtuamu!

BACA JUGA : Lepaskan Depresi dan Sambut Tahun Baru Dengan Hidup Yang Lebih Baik. Begini Triknya!

2. Kamu sering sekali berbicara kepada semua orang tentang pasangan kamu

Memang nggak ada orang yang sempurna, tapi gaya komunikasi adalah hal yang sangat penting dan sangat cepat dipelajari oleh anak-anak. Jika kamu menemukan orangtuamu sering bersalah paham dan berantem, lalu mereka mengeluarkan keluhan mereka tidak peduli siapapun yang mendengar di rumah. Maka hal itu cenderung akan kamu tiru. 

Ketika berantem dengan pasanganmu, maka kamu tidak malu untuk melampiaskan kepada orang lain, bercerita dan mencari jawaban atas kekecewaanmu. 

Dari pada cerita ke teman, mending lebih banyak tanya Tuhan dan mengadu pada-Nya.

Richard Weissbourd, seorang psikolog dari Harvard University mengatakan orangtua disarankan untuk meneladankan yang baik mengenai hubungan percintaannya kepada anak-anak.

Karena hal ini sangat jelas berdampak pada anak-anak dan mempengaruhinya hingga besar. Jadi, jangan tiru cara orangtuamu jika itu salah ya. Karena, jika itu melulu kamu teruskan, akan berdampak bagi anak-anakmu juga ke depan. 

Memang kamu mau? Nggak kan?

3. Kamu merasa bahwa kamu dan pasanganmu adalah saingan

Melihat orangtua berantem dan saling menyalahkan akan membuat kita menjadi pribadi yang tidak mau kalah, tidak mau disaingi dan akan berbicara sesuka hati dalam arti mendominasi.

Entah kamu pria atau wanita, kamu tidak akan membiarkan pasangan kamu menjadi pemenang. 

Hm, ini nggak benar! Cinta atau hubungan bukan tentang bersaing satu sama lain, tapi justru mengenal satu dengan lain. Hubungan adalah tentang kerja sama tim dan sebenarnya nggak ada garis finish untuk dikalahkan. Itulah sebabnya dalam mengatasi konflik, diskusikanlah masalah secara bijak sebelum lepas kendali .

Jika kamu melakukan hal ini. Percaya deh! Hubungan pacaran kamu akan mulus hingga dalam pernikahan.

Nah itulah 3 ciri yang sering banget muncul dalam hidup kita, yang berakitan dengan orangtua. Jika kamu merasakan ketiga hal diatas dan membuatmu terpuruk, berbicaralah dengan seseorang dan berdoalah. Karena sangat perlu memiliki seseorang untuk membimbing kita melewati masa-maa sulit, apalagi dalam hubungan percintaan.

Atau kamu bisa sharing melalui kami di Sahabat24 : SMS (0817-0300-5566); Telepon (1-500-224 dan 0811-9914-240).

Jangan kuatir, kami bersamamu!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7245

Banner Mitra Juli 1-2