Benarkah Makan Kulit Pisang Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Loh Faktanya
Sumber: www.kaskus.co.id

Health / 19 December 2019

Kalangan Sendiri

Benarkah Makan Kulit Pisang Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Loh Faktanya

Puji Astuti Official Writer
2072

Banyak orang suka dengan buah pisang, selain enak rasanya juga mengandung banyak nutrisi penting seperti potassium, vitamin C dan B6. Selain itu pisang juga mengandung 3 gram serat, serta menjadi sumber pati resisten, zat alami yang menekan keinginan untuk makan sehingga baik untuk diet.

Namun selain buahnya, menurut ahli gizi kulit pisang juga bisa dikonsumsi dan mengandung banyak vitamin dan zat yang berguna bagi tubuh.

Manfaat kulit pisang

“Secara khusus, kamu akan meningkatkan jumlah serat setidaknya 10 persen, karena banyak serat bisa ditemukan di kulit pisang,” demikian jelas Susie Burrell,ahli nutrisi asal Australia.

“Kamu akan mendapatkan 20 persen tambahan vitamin B6 dan hampir 20 persen vitamin  C dan kamu akan mendapatkan tambahan potassium dan magnesium.”

Cara mengkonsumsi

Walau demikian, ia tidak menyarankan memakan kulit pisang begitu saja, namun bisa dimasak dahulu sehingga bisa menghancurkan dindingny sel yang ada di kulit, kemudian mencampurnya dalam resep kue atau masakan atau bahkan membuatnya menjadi smoothie.

“Hal itu akan membuat nutrisi menjadi lebih mudah diserap,” demikian tambah Susie.

Baca juga :

Dari Obat Batu Ginjal Sampai Diabetes, Ini Manfaat Besar Batang Pohon Pisang

Selain Pisang, 3 Buah Ini Ternyata Bisa Kamu Makan Beserta dengan Kulitnya…

Warna kulit pisang

Ia juga menjelaskan bahwa setiap warna kulit pisang memiliki nutrisi yang berbeda. Kulit pisang yang berwarna hijau kaya akan amino acid tryptopan yang bisa meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kualitas pencernaan.

Sedangkan kulit pisang yang berwarna kuning mengandung antioksidan yang lebih tinggi dengan dampak anti kanker.

Apakah bisa menurunkan berat badan?

Walau kulit pisang terbukti memiliki banyak nutrisi dan vitamin, kamu perlu tahu bahwa info yang menyatakan memakan kulit pisang bisa membantu menurunkan berat badan itu tidak benar atau belum terbukti secara ilmiah.

“Tidak ada riset yang telah dipublikasikan tentang ini, jadi kita tidak tahu pasti bagaimana dampak makan kulit pisang berdampak kepada turunnya berat badan,” demikian jelas Cynthia Sass, RD, seorang kontribur di laman Health.com.

Secara teori memang nutrisi seperti serat, prebiotic dan antioksidan mungkin menolong penurunan berat badan, namun karena belum ada penelitian lebih lanjut tentang kulit pisang dalam hal ini, maka belum ada bukti yang bisa dipercaya.

“Saya pikir tidak perlu mencoba memasukannya ke dalam dietmu,” demikian tambahnya.

Jika kamu mau mencoba untuk memakan kulit pisang ini, pastikan bahwa pisang tersebut di tanam secara organik dan mencucinya hingga bersih untuk menghindari racun-racun berbahaya bagi tubuh seperti pestisida.

Menarik sih, bagaimana buah pisang ngga ada yang dibuang, bahkan kulitnya bisa dimakan dan bermanfaat untuk kesehatan. Tapi kalau soal rasa, harus pintar-pintar mengolahnya agar bisa terasa enak dan tetap sehat ya.

Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga :

Sering Dibuang, Ternyata Makanan Ini Bisa Obati Penyakit. Salah Satunya Kulit Pisang!

10 Fakta Terbaru Pentingnya Makan 3 Buah Pisang Setiap Hari

Sumber : Health.com
Halaman :
1

Ikuti Kami