Depresi  Menyambut Natal dan Tahun Baru? Mungkin Ini Yang Kamu Butuhkan!

Single / 13 December 2019

Kalangan Sendiri

Depresi Menyambut Natal dan Tahun Baru? Mungkin Ini Yang Kamu Butuhkan!

Naomii Simbolon Official Writer
2376

Yang namanya stres pasti semua orang mengalaminya lah ya, entah itu stres level ringan ataupun stres level akut.

Gangguan mental seperti ini nggak cuma berdampak pada kondisi psikis tapi juga kondisi rohani lho! Sudah tahu belum?

Yap, depresi atau stres bisa mempengaruhi berat badan, kehidupan seksual, kerontokan rambut dan penyakit kronis lainnya. So, jangan abaikan stres yang kamu rasakan ya, segera mencari tahu penyebab dan gimana caranya menghilangkan stres kamu. Kalau kamu ngerasa sulit untuk mengabaikan stresmu, maka cobalah untuk mencari bantuan profesional.

Nah, dibawah ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan stres yang bisa kamu tiru :

1. Olahraga lari

Olahraga yang satu ini ampuh banget memperbaiki mood, meningkatkan produksi endorphin alias hormon bahagia, serta membantu menyalurkan pikiran-pikiran negatif dengan cara yang sehat Hal ini sudah diakui oleh Health Me Up.

Jadi, bagi kamu yang stresnya berkepanjangan dan setiap hari maka lakukanlah olahraga ini.

2. Puasa gadget.

Selain olahraga lari, maka puasa gadget bisa menjadi pilihan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of California, mengecek e-mail setiap saat mampu membuatmu stres. Nggak cuma itu, menggunakan internet dengan aktif juga akan mengalami depresi yang rentan. Jadi, ketika kamu merasa stres, jauh-jauh deh dari gadget. Nikmati harimu tanpa gadget, pasti seru. Sudah pernah mencoba?

3. Menulis jurnal atau diary

Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama 2 hari mampu menurunkan kadar stres. Jadi, tulis kuy! Karena stres dan pikiran itu harus disalurkan.

4. Kurangi komsumsi gula, kafein dan juga daging merah

Ini penting banget, meski terdengar remeh tapi membatasi komsumsi ketiga makanan ini akan menghilangkan stresmu. Tahu nggak sih kalau dalam porsi yang berlebihan, gula, kafein dan daging merah justru meningkatkan hormon stres serta memicu kegelisahan.

Coba cek, kalo kamu sering gelisah dan gampang lelah gitu, mungkin kamu sedang kelebihan gula. Kurangi ya!

Sementara, jika saat ini kamu sedang hamil dan tiba-tiba stres, coba deh melakukan pertolongan pertama ini :

1. Pijat kepalamu selama 15 menit

International Journal of Neuroscience mengatakan bahwa pijat sendiri selama 15 menit selama 2 kali seminggu mampu menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf lho. Jadi pijat sendiri saja, kan gampang. Kalau kamu  nggak tahu gimana caranya memijitnya, maka kamu bisa melihat caranya di YouTube ya.

2. Jalan kaki di pagi hari.

Ma, aktivitas fisik yang ringan seperti jalan kaki begini bisa meningkatkan hormon endorphin dan mengurangi bengkak pada kaki kamu lho.

Sementara paparan cahaya matahari pagi biasanya akan merangsang otak kamu dan melepaskan serotonin dan meningkatkan ketenangan. Yuk, bangun pagi dan jalan kaki. Ajakin suami mendampingi, biar romantis dilihat tetangga.

BACA JUGA : Karena Menikah Bukan Tujuan Hidup, Jadi Bersyukur Yuk, Meski Mama Sudah Tanya Calon!

3. Tidurlah yang cukup

Ini pun sangat penting. Jangan begadang karena menonton film Korea dan lain sebagainya ya, melainkan aturlah waktumu sendiri dan tidurlah yang cukup.  Dengan tidur yang cukup maka hormon stres pada tubuh kamu akan menurun dengan sendirinya.

4.  Membaca

Ternyata, membaca bisa menurunkan stres? Kamu baru tahu juga?

Yap, membaca bisa menurunkan stres sebanyak 68 derajat. Duh, mudah banget ya menurunkan stres. Nggak cuma menurunkan stres, membaca juga bisa membuat kamu mendapatkan banyak pengalaman yang baru dan menarik.

 

Itulah cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stresmu. Yuk, coba praktekin!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami