Banyak Digandrungi, Ternyata Ini Lho 3 Pelajaran Untuk Dipetik Dari Para Idola K-Pop
Sumber: Soompi.com

Entertainment / 12 December 2019

Kalangan Sendiri

Banyak Digandrungi, Ternyata Ini Lho 3 Pelajaran Untuk Dipetik Dari Para Idola K-Pop

Inta Official Writer
2172

Industri hiburan adalah salah satu hal yang banyak disenangi oleh kita. Beberapa tahun terakhir, industry hiburan dimeriahkan oleh para idola dari Korea Selatan yang sering disebut sebagai K-Pop. Siapa yang disini punya bias alias artis idola dari Korea Selatan?

Buat yang punya, banyak banget hal yang pastinya bikin kita betah mencari update-an mengenai hidup idola kita ini. Banyak orang yang menyukai artis K-Pop karena cara berpakaian, riasan wajah, atau bagaimana mereka menari dan bernyanyi. Pokoknya, ada banyak alasan buat suka sama mereka.

Buat yang nggak ngerti kenapa ada banyak banget yang suka sama K-Pop ini, ternyata di balik bagusnya mereka di depan layar, ada pesan positif yang bisa kita ambil dari kisah mereka, lho. Bukan cuma soal talenta, idola K-Pop juga mengajarkan kita hal-hal di bawah ini.

1. Idola K-Pop mengajarkan kita kalau perjalanan mereka itu tidak instan

Kadang, ada banyak banget yang berpikir kalau menjadi idola yang dikenal oleh banyak orang itu mudah. Padahal, kalau kita mengulik kisah mereka lebih dalam, ternyata ada saja kerikil yang membuat jalan mereka tidak mulus.

Untuk bisa menjadi seorang idola K-Pop mereka harus mengalami berbagai macam tahap. Mulai dari tahap audisi. Kalau mereka dinilai memang punya talenta, maka mereka akan dijadikan sebagai trainee. Saat menjadi trainee ini pun, mereka nggak lalu terjamin akan menjadi artis yang mendunia.

Setiap orang yang berhasil menjadi trainee, mau agensi mana pun, mereka akan menjalani beragam latihan keras, bahkan sampai bertahun-tahun sampai akhirnya bisa debut. Hal ini adalah upaya agensi agar menjadikan para trainee ini kuat secara mental dan fisik.

Nggak main-main lho, agensi akan menggambleng para traineenya dengan latihan super ketat, bahkan menerapkan aturan tertentu, misalnya nggak boleh punya hubungan pacaran atau harus mengalami masa karantina.

Selama masa trainee ini, para calon artis ini hanya mendapatkan bayaran yang nggak banyak, lho. Beberapa dari mereka harus menjalani kehidupan lainnya, misalnya masih bersekolah, atau bekerja paruh waktu untuk menghidupi keseharian mereka.

Lantas, setelah debut, apakah perjalanan mereka menjadi mudah? Tentu tidak. Persaingan antar artis pun harus mereka hadapi. Mereka harus berhadapan dengan para senior yang tentu sudah tenar lebih dahulu.

2. Harus bisa memenuhi standar sebagai idola

Kalau mau tahu kenapa industri hiburan di Korea Selatan berkembang sangat pesat, ya karena mereka memang punya standar yang cukup tinggi untuk para idola mereka. Mereka nggak sekedar harus menelurkan karya yang booming, tetapi juga harus bisa melampaui standar yang dimiliki oleh para penggemar.

Kadang, standar itu terdengar tidak masuk akal. Misalnya, ketika ada satu idola yang dirasa mengenakan pakaian yang kurang pantas, maka orang Korea sana nggak akan segan-segan buat mencela para idola. Kalau mereka mengalami kesalahan sedikit saja di panggung, maka mulut netizen akan langsung menyambar mereka dengan berbagai macam kritikan.

3.  Harus rela kehilangan privasi

Tahukah kita kalau ada lho, fans yang memang sengaja membuntuti para idola kemana pun mereka pergi? Kehidupan mereka seakan selalu punya CCTV yang terus aktif selama 1x24 jam. Menjalani kehidupan idola ini nggak mudah, harus diiringi dengan prestasi juga kerja keras. Kehidupan pribadi mereka pun kadang mengalami penilaian sampai detail sekali.

Orang yang dekat dengan mereka, dari mana mereka berasal, semuanya seakan jadi konsumsi publik. Sebagai idola, mereka juga harus bisa menjadi panutan dan contoh belajar. Kalau salah sedikit, ya itu tadi, bisa timbul omongan yang kurang enak didengar.

Karir mereka selalu berada di ujung jurang, salah langkah bisa berakibatkan kejatuhan. Persaingan yang sangat ketat sering bikin banyak idola berguguran. Kalau kurang sedikit, maka karir mereka akan berakhir.

Nah, lewat tulisan ini, penulis pengin kita nggak langsung benci sesuatu kalau tidak suka. Meski kadang kita kesal dengan teman kita yang kelihatannya bisa se-ngefans itu sama pada idol mereka, ternyata, kalau dilihat lebih lanjut, mereka memang pantas berada di posisi mereka sekarang.

Ya gimana tidak? Mereka adalah para pekerja keras, mau berjuang untuk mimpinya sendiri, bahkan rela mengorbankan banyak waktu untuk itu. Hal ini tentu akan menjadi guru yang baik buat para fansnya.

Namun, hal ini nggak berarti kita harus mendewakan mereka. Karena seperti yang kita ketahui, mereka juga manusia dewasa, yang bisa salah kapan pun. Jadi, ambil yang baik dan jangan mudah untuk membenci sesuatu, ya.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami