Liburan Natal & Tahun Baru Bikin Naik Berat Badan, Yuk Hadapi Dengan 7 Tips Ini!
Sumber: Pexels.com

Health / 12 December 2019

Kalangan Sendiri

Liburan Natal & Tahun Baru Bikin Naik Berat Badan, Yuk Hadapi Dengan 7 Tips Ini!

Puji Astuti Official Writer
3663

Siapa yang sudah bisa memprediksi kalau pas tahun baru nanti dan masuk kerja, berat badan kamu nanti akan naik? Ya, saya juga salah satunya. Gimana tidak, liburan akhir tahun selain acara Natal juga ada acara kumpul keluarga, pasti semua itu ada acara makan bersama. Belum lagi kue-kue dan berbagai cemilan…

Wah, ngga kebayang berapa kalori, gula, dan lemak masuk ke dalam tubuh kita kan.

Selain penambahan berat badan, makan tidak terkendali di masa liburan juga berbahaya untuk kesehatan jantung kita. Belum lagi kelelahan, stress dan hal-hal tak terduga yang terjadi. Jadi, ngga heran klo jumlah orang ke rumah sakit pada musim liburan malah tinggi dari hari-hari biasa.

Nah, buat menghindari semua itu, maka kita perlu lebih bijak saat menjalani liburan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1# Tetap konsumsi makanan sehat selama liburan

Sewaktu mau ke pesta Natal atau acara keluarga, jangan dengan perut kosong atau bahkan sengaja tidak makan dari pagi karena malam mau ada acara. Hal ini malah membahayakan pencernaanmu. Tetaplah makan makanan sehat sepanjang hari, seperti biasa. Bahkan saat berangkat, jangan dalam keadaan lapar sehingga waktunya pesta tiba kamu ngga kalap, atau makan berlebihan.

2# Buat batasan untuk makanan yang kamu konsumsi

Saat makan prasmanan, kita sering menemukan ada makanan favorit kita. Nah, kalau yang satu ini nih, rasanya ngga cukup kalau ngga nambah. Tapi kamu harus bisa mengendalikan diri, baik saat pesta, kumpul keluarga atau bahkan cuma makan di rumah.

Selain itu kamu jangan tergoda saat orang-orang babungkus ya, alis pada membungkus makanan untuk dibawa pulang.

3# Jangan tinggalkan olahraga yang sering kamu lakukan, minimal 3 kali dalam seminggu

Ya, biasanya karena liburan, kita ingin santai dan mengabaikan olahraga yang rutin kita lakukan. Apa lagi kalau sudah jalan-jalan atau travelling, jadi lupa deh semua rutinitas. Tapi jangan sampai itu dibiarkan, walau  kamu sedang liburan atau bahkan travelling, pastikan kamu menyempatkan diri untuk olahraga ya.

Baca juga: 

Benar Gak Sih Stres Berkaitan Sama Peningkatan Berat Badan? Ini Jawaban Para Ilmuwan

Frustrasi Berat Badan Naik Tiba-tiba Tanpa Sebab? Apakah Kamu Mengidap 3 Penyakit Ini?


Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami