Atur Keuangan Dengan Cara Yang Baru di Tahun 2020 Yuk. Begini Caranya!
Sumber: Biz New Orleans

Finance / 10 December 2019

Kalangan Sendiri

Atur Keuangan Dengan Cara Yang Baru di Tahun 2020 Yuk. Begini Caranya!

Naomii Simbolon Official Writer
2441

Nggak terasa ya, tahun 2019 akan berlalu. Sebentar lagi tahun 2020 akan datang, Apa yang kamu harapkan ditahun depan? Apakah kamu sudah menulis resolusi kamu dengan baik di akhir tahun ini?

Kalau ngobrolin soal harapan sih, semua orang tentu ingin menjadi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya termasuk urusan keuangan pribadi.

Pas balik gereja kemarin, seorang teman mengeluh dalam mobil. Katanya, "Duh gila, tahun ini aku wasting money too much sampe banyak hutang. Tahun depan, aku harus atur keuanganku lebih baik dan lunasin semua utang-utangku. Harus atur keuangan, harus!"

Sadar nggak sadar, sekarang ini banyak sekali anak-anak muda bahkan pernikahan yang sedang bergumul dalam keuangan, dan  gaya hidup. Apakah kamu salah satunya? Apakah kamu juga sedang bergumul dalam mengatur keuanganmu, atau gimana?

Nah, hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat kondisi keuanganmu lebih baik adalah mengatur pengeluaran dan berhemat lebih banyak.

Meskipun nggak mudah dilakukan, apalagi kalau penghasilan kita terbilang stagnan, tapi nggak mungkin nggak bisa sih, asal kamu tahu caranya saja .

Dibawah ini, beberapa tips atur keuangan dan berhemat di tahun 2020. Tiru yuk!

1.  Tetapkanlah tujuan keuangan kamu

Langkah awal yang  bisa kamu lakukan adalah memahami apa yang sebenarnya kamu butuhkan secara finansial.

Mulailah dengan menetapkan tujuan keuangan yang akan kamu capai dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Pikirkan apa saja yang bisa membantu tujuan tersebut tercapai dan pertimbangkanlah apa saja yang perlu disingkirkan dan bisa menganggu tujuan tersebut tercapai.

Cara di atas sangatlah bagus untuk membantu kamu membuat strategi yang efektif dan akhirnya bikin kamu mulai sadar dan mau menabung.

2. Bersikaplah secara realistis

Nggak salah kok menetapkan sasaran yang tinggi, asal realistis dan kamu bisa mencapainya.

Tapi, jika kamu berpikir penghematan sebesar 50 persen dari penghasilan yang bisa di lakukan demi mencapai tujuan keuangan di masa depan, maka lakukanlah strategi tersebut.

Namun, jika kamu memiliki hutang yang harus kamu bayar setiap bulannya dan nilainya pun cukup besar, maka target yang ditetapkan di atas sangatlah sulit untuk dicapai.

So, mulailah dengan nilai yang lebih kecil dan tingkatkanlah secara perlahan misalnya menyisihkan 10 persen untuk ditabung dan diinvestasikan.

BACA JUGA : Meski Banyak Uang Itu Enak, Tapi Nggak Semua Bisa Dibeli Dengan Uang!

3. Buatlah daftar yang membuatmu bisa mencapai tujuan tersebut

Membuat daftar merupakan langkah yang efektif untuk melacak apa saja hal-hal yang perlu lakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Misalnya, kamu bikin daftar yang bisa kamu dapatkan ketika kamu sudah menghemat dan menyisihkan sebagian pendapatan kamu.

Daftar itu akan membantu dan memotivasi kamu sehingga memiliki gambaran yang jelas mengenai strategi penghematan yang dilakukan.

4. Bersabarlah

Hasil akhir dari penghematan yang bisa kamu lakukan nggak bisa hanya dilihat dalam waktu beberapa bulan saja.

Bersabarlah dan nikmati proses yang dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan yang kamu inginkan ya. Semangat.

5. Belajarlah untuk mengubah gaya hidup ditahun depan, please!

Tau nggak sih bahwa alasan utama kenapa orang sulit menabung dan menyisihkan pendapatannya karena gaya hidup yang hedon sehingga menghasilkan banyak uang.

So, pikirkanlah dengan matang apakah kamu harus selalu mengikuti tren berpakaian, haruskah kamu membeli smartphone yang terbaru setiap bulan atau perlukan kamu nongkrong di cafe setiap minggunya, pikirkanlah itu.

6. Mulailah  pikirkan masa depan kamu secara spesifik

Apa sih yang kamu inginkan di masa depan? Apa yang kamu butuhkan di masa depan?

Nah, dua pertanyaan ini akan membantu kamu untuk mulai menghemat pengeluaran kamu setiap bulannya.

Karena, tanpa penghematan dari sekarang maka kamu nggak akan bisa membeli rumah untuk keluarga kamu di masa depan, kamu juga nggak akan bisa membiayai pendidikan anak, dan mengajak mereka berjalan-jalan.

Nggak cuma berhemat saja tapi kamu juga butuh berinvestasi untuk masa depan yang lebih bagus.

Itulah 6 cara yang bisa kamu melakukan untuk membangun keuangan kamu lebih baik dan disiplin melakukannya. Ayuk, jangan menghabiskan uang begitu saja melainkan investasilah.

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami