Pola Asuh Orangtua Pintar Ini Wajib Banget Kamu Coba. Sudah Nggak Jaman Mukul Anak, Mama!

Pola Asuh Orangtua Pintar Ini Wajib Banget Kamu Coba. Sudah Nggak Jaman Mukul Anak, Mama!

Naomii Simbolon Official Writer
799

Mengasuh anak adalah pekerjaan yang cukup sulit. Banyak orangtua yang mencari cara gimana mengasuh anak yang baik, karena lebuh mempermudah kita bukan?

Theology of the Body mengajarkan bahwa keluarga adalah sekolah tercinta anak-anak dan orangtua merupakan guru mereka.

Tampaknya, ajaran ini pun sudah diketahui banyak dari kita dan rata-rata semua orangtua tahu tentang inilah ya.

Nah, sementara orangtua adalah guru bukankah orangtua harus memiliki tehnik yang canggih utuk mengajarkan pelajaran yang penting untuk anak?

Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan mengenai tehnik pengasuhan anak :

1. Tehnik nggak bisa menggantikan sebuah hubungan

Ini adalah ajaran kebenaran yang harus kamu pahami secara psikologi, bahwa aturan tanpa laporan akan menyebabkan pemberontakan.

Tehnik pengasuhan anak nggak akan berhasil jika kamu dan anak tidak membangun hubungan yang baik. Misalnya, kamu selalu marah ketika anak selalu bermain game, dan melakukannya setiap hari tanpa mendatanginya kembali sambil menjelaskan 'alasan kenapa tidak boleh bermain game terus menerus."

Jika kamu melakukannya berulang kali, maka hubungan kamu dengan anak-anak akan semakin memburuk, sampai-sampai anak akan menjauh dari kamu dan tidak ingin bersama dengan kamu.

Sebaiknya, jika anak tetap kekeh bermain game maka biarkan saja dia puas bermain game hari itu tapi beri dia konsekuensi yang sudah disepakati misalnya besok tidak boleh bermain game sama sekali.

2. Lakukanlah tehnik yang efetif untuk mengajarkan mereka.

Agar efektif, maka ajarkanlah mereka tehnik yang benar. Jangan melakukan tehnik yang salah ya.

Misalnya, kalau mereka asik menonton TV maka jangan mengomel dan berkata "aku akan matiin TV."

Jangan mengancam mereka namun lakukan tindakan langsung, seperti memperingatkan mereka untuk mematikan TV dan jika tidak melakukannya maka pergilah ke arah TV dan matikan.

Sekarang, kamu sudah mendapatkan perhatiannya kan? Kemudian bicaralah kepadanya dengan lemah dan lembut. Jangan buang waktumu dengan mengancamnya, melainkan fokuslah pada tehnik yang efektif seperti di atas.

BACA JUGA : Jangan Jadul-jadul Amat, Nih 4 Cara Asuh Anak Yang Baik Buat Orangtua Jaman Now!

3. Lakukan tehnik yang berujung pada hal positif

Tehnik yang efektif tidak hanya fokus untuk menghentikan prilaku anak yang negatif tapi ajarkan juga mereka gimana caranya berlaku positif.

Rata-rata orangtua membayangkan, jika kita melakukan yang baik dan menjadi role model yang baik maka kita akan menciptakan keadaan yang positif dan baik buat anak.

Oh belum tentu juga karena anak-anak bertemu dengan banyak orang diluaran sana. Ketika mereka melakukan hal yang negatif, belum berarti mereka memahami kalau itu salah lho.

Jadi, beritahulah kepada mereka dan ajaklah mereka bersama-sama melakukan hal yang positif.

Jangan memberi mereka hukuman secara fisik atau meneriaki mereka ya. Karena itu tidak akan menghentikan prilaku mereka melainkan mereka akan melakukan apapun yang mereka inginkan sebagai perlawanan.

Ngobrollah dengan mereka beritahu apa yang baik dan benar kemudian praktikkan dalam hidupmu. Berikan mereka wawasan yang luas tentang gimana hidup dalam dosa dan prilaku negatif dan gimana hidup dalam prilaku positif.

Selain 4 hal di atas, jangan lupa untuk membawa mereka ke dalam doa. Berdoalah untuk mereka dan mintalah pertolongan Tuhan karena tanpa Tuhan maka kamu tidak akan bisa melakukan apapun dengan kuat dan penuh hikmat.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami