Jangan Jadul-jadul Amat, Nih 4 Cara Asuh Anak Yang Baik Buat Orangtua Jaman Now!
Sumber: working mom

Parenting / 29 November 2019

Kalangan Sendiri

Jangan Jadul-jadul Amat, Nih 4 Cara Asuh Anak Yang Baik Buat Orangtua Jaman Now!

Naomii Simbolon Official Writer
1547

Sebagai orangtua yang baik,tentu saja kita perlu memberikan yang terbaik bagi anak bukan?

Salah satu caranya adalah memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik untuk tumbuh kembang si anak.

Mungkin, setiap orangtua memiliki karakteristik dan cara tersendiri untuk mengasuh si buah hatinya, dan ada juga yang tegas dan bersikap lembut dalam memberikan pengajaran. Tapi bukan sebuah rahasia lagi bahwa gaya pengasuhan semua itu sangat menentukan masa depan seorang anak di masa mendatang.

Terus, gimana dong caranya mengasuh anak dengan baik?

1. Ajarlah anakmu dengan gaya pengasuhan yang otoritatif

Orangtua yang sukses membesarkan anaknya harusnya tidak otoriter ya melainkan otoritatif. Nah, pola asuh yang ini adalah pola asuh demokrasi, dimana orangtua yang berwibawa akan menetapkan aturan dan mengharapkan anak mau mengikutinya tapi juga mengizinkan anak untuk berdebat mengenai aturan yang diterapkan itu. Jadi masih bisa negosiasi.

Sementara yang otoriter, biasanya tidak mengizinkan anak negosiasi bahkan mempertanyakan aturan. Biasanya anak-anak yang lahir dari pola pengasuhan ini akan mengalami harga diri yang lebih rendah bahkan bisa depresi lho.

2. Menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan diet

Orangtua yang baik itu adalah orangtua yang menjaga dirinya tetap sehat karena memikirkan anak-anaknya. Kalau fisiknya nggak sehat, gimana mau menghabiskan banyak waktu dengan anak coba?

Anak-anak pun ketika melihat orangtua bertumbuh demikian, maka mereka cenderung akan meniru perilaku sehat itu sepanjang hidup mereka.

BACA JUGA : 4 Cara Mengajarkan Nilai Hidup dan Ke-Tuhanan Kepada Si Kecil. Gampang Dimengerti!

3. Mengekspos anak ke dalam budaya kekristenan mereka

Mengekspos anak ke dalam berbagai tempat, atau orang seperti komunitas gereja, ke panti asuhan ke lingkungan anak-anak akan membuat mereka belajar sesuatu. Otak mereka akan aktif untuk fungsi kognitif, kecerdasan sosial, perhatian, motivasi dan memori anak.

Kalau kamu rajin membawa mereka ke komunitas gereja dan bertemu anak-anak yang lain, maka mereka akan belajar hal benar tentang Tuhan. Jika kamu memunjukkan bagaimana kamu hidup di dalam kekristenan maka mereka  pun akan belajar sesuatu dan meniru akan hal itu.

4. Memberi tugas kepada anak

Harvard Grant Study menegaskan bahwa prediktor terbesar dari kesuksesan seseorang adalah apakah mereka diberikan tugas sebagai seorang anak tidak.

Jadi, sejak kecil, berilah mereka tugas karena tugas ini akan membantu mereka belajar disiplin, prioritas , dan kerja sama.

Memberikan tugas kepada anak akan membuat mereka siap untuk menghadapi dunia yang nyata dan semakin kerja keras untuk mendapatkan yang dibutuhkan.

Kalau dari kecil kamu tidak memberi anak kerja apapun maka itu hanya akan membuat mereka hidup bergantung kepada orang lain alias manja.

Jadi, itulah 4 cara pengasuhan yang baik untuk anak agar mereka bertumbuh menjadi seseorang yang memberkati dan menjadi terang bagi bangsa-bangsa. Jangan salah mengasuh dan merasa puas sendiri ya, teruslah belajar!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami