Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
438


Menjadi perempuan single adalah sebuah kehormatan yang Tuhan berikan bukan? Apakah kamu senang dengan status singlemu, atau sedang bergumul berat dalam menanti pasangan hidup?

Jangan kuatir, dan jangan patah semangat jika sampai tahun ini kamu belum diberikan pasangan hidup ya. Mungkin beberapa hal dalam diri kamu sedang di proses oleh Tuhan dan sedang dipersiapkan. Jadi belajarlah hidup dalam kasih dan menghasilkan buah roh.

Ngomongin buah roh, salah satu buah roh yang perlu banget kita jaga sebagai perempuan atau lelaki single adalah pengendalian diri. Sama seperti yang dilakukan Yusuf yakni mengendalikan diri dari tante Potifar yang mengajaknya berlaku dosa.

Jadi daripada kamu mengkuatirkan segala sesuatu marilah siapkan diri dan belajar untuk mengendalikan beberapa poin yang sering diabaikan anak muda ini. Karena jika kamu gagal mengendalikan ini, maka ketika menikah kelak maka hubungan pernikahanmu kelak pun bisa rusak. Nih!

1. Mengendalikan waktu

Di masa single ini, coba deh pikirkan kembali gimana kita menghabiskan waktu kita, baik dalam seminggu terakhir maupun dalam sebulan terakhir. Kemudian bagaimanakah kita menghabiskan waktu tersebut ?

Apakah kita menghabiskannya untuk sesuatu yang nggak berguna, apakah kita mengatur waktu kita dengan baik atau justru kita salah memprioritaskan waktu kita.

Sebagai perempuan single, kita harus tahu. Apakah kita bekerja seharian full tanpa ada istrahat dan berkomunitas, atau kita mengatur waktu kita dengan baik, ada waktunya bersama keluarga, bersama Tuhan dan komunitas serta bekerja.

Karena ketika kita bisa mengendalikan waktu kita di masa single ini, maka kita akan bisa mengendalikan waktu kita di masa mendatang ketika sudah menikah.

Aku mengenal seorang pria yang super sibuk sekali di masa single, bahwa sampai usia 35 tahun dia tak kunjung menikah karena terlalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak ada waktu berkomunitas serta bertemu keluarga. Setiap bekerja selalu pulang tengah malam dan demikian sampai weekend.

Tetapi kemudian, setelah dia menikah kebiasaan tersebut dia bawa dan membuatnya dengan isteri selalu berantem. Dan seperti yang kita tahu bahwa tidak mudah untuk mengubah kebiasaan bukan? Jadi supaya tidak menyakiti hati Tuhan, hati pasanganmu kelak, belajarlah mengendalikan waktu dari sekarang.

2. Mengendalikan keuangan

Hal selanjutnya yang sering sekali menjadi tantangan perempuan, apalagi masih single adalah keuangan. Kerap sekali kita sulit mengendalikan uang, mungkin dalam  belanja pakaian, sepatu, makanan, pernak-pernik, dan lain sebagainya.

Banyak dari perempuan single sekarang yang sudah berpenghasilan sendiri tapi masih sering berpikir bahwa "ah masih single lagian kan duitku sendiri, nggak apa-apalah aku habiskan. "Pada akhirnya melupakan menabung dan memberi untuk Tuhan.

Ketika kita melihat uang dari perspektif demikian maka kita tak akan pernah bisa menjadi bijak dalam mengelola keuangan dan mengendalikan diri dalam aspek finansial. Padahal kalau sudah menikah nanti, kamu kan harus bisa mengatur keuangan untuk anak-anak kamu dan semua perintilan dalam berumah tanggal.

Nah, dari sekarang, belajarlah mengendalikan keuangan dan itu dimulai dari hal sederhana seperti persembahan dan perpuluhan. Apakah kamu masih sulit mengebalikan apa yang seharusnya menjadi kepunyaan Tuhan? Apakah kamu sadar bahwa kita harusnya bukan memberi melainkan mengendalikan? 

Disipilinlah soal keuanganmu dan jangan mencintai uang melebihi Tuhan.

Matius 6:24 mengatakan, "Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

BACA JUGA : Pengen Nikah, Tapi Rasanya Belum Siap Padahal Kan Sudah Lama Pacaran. Simak Tips Ini Yuk!

3. Mengendalikan nafsu makan

Nafsu makan yang dimaksud bukan bicara nasi ya tapi apapun yang kamu komsumsi seperti alkohol, rokok dan hal lain yang merusak bait Allah yakni tubuhmu.

Amsal 23:20-21 mengatakan, “Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging. Karena si peminum dan si pelahap menjadi miskin, dan kantuk membuat orang berpakaian compang-camping.”

Sama seperti uang, makanan juga bagian yang penting untuk kehidupan kita, tapi jangan hobi makan yang membuat kamu hanya memenuhi nafsu belaka doang.

1 Korintus 10:23 berkata," Segala sesuatu diperbolehkan.’ Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. ‘Segala sesuatu diperbolehkan."

Jadi, sebelum melakukan itu pikirkanlah, apakah yang kamu lakukan itu berguna atau justru tidak bagi tubuhmu, apakah itu membuatmu sehat atau tidak, pikirkanlah itu!

Mempraktekkan gaya hidup yang sehat bukan hanya agar badan kita menjadi bagus untuk kepuasan kita. Gaya hidup tersebut adalah salah satu bentuk ibadah dan appreciation terhadap bait Allah yang Tuhan berikan kepada kita!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

Banner Mitra Desember week 2