Biar Tetap Sehat, Rayakan Thanksgivingmu Dengan 9 Cara Ini
Sumber: Detik.com

Health / 20 November 2019

Kalangan Sendiri

Biar Tetap Sehat, Rayakan Thanksgivingmu Dengan 9 Cara Ini

Lori Official Writer
2324

Perayaan thanksgiving sudah tiba. Walaupun ini adalah momen liburan yang menyenangkan karena dipenuhi dengan beragam makanan enak, bukan berarti kamu bisa makan sembarangan ya.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan adalah dengan mengatur pola makan dan keseimbangan makanan. Gak makan daging secara berlebihan adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan.

Beberapa cara lain supaya thanksgiving gak merusak kesehatanmu adalah:

1. Bergerak lebih banyak

Duduk dan makan hanya akan menumpuk lemak di dalam tubuh.

Karena itu dibutuhkan pergerakan yang aktif setiap hari. Caranya bisa dengan joging di pagi hari atau berenang dan olahraga lainnya.

2. Pilih menu sarapan sehat

Hindari sarapan padat dan mengandung daging. Pilihlah untuk makan salad sayur, buah atau smoothie, semangkuk sereal gandum yang lebih menyehatkan pencernaan.

Kebiasaan ini tentu saja bukan hanya untuk menjaga berat badan. Tapi bagi kamu yang ingin menggemukkan badan juga sangat dianjurkan untuk membiasakan sarapan sehat.

3. Hidangkan menu makan malam yang seimbang

Hidangan seperti kalkun mungkin adalah sebuah kewajiban. Tapi selain daging, hidangkanlah menu lain yang bisa menyeimbangkannya dengan sayuran hijau, salad atau makanan rendah lemak lainnya.

4. Kontrol porsi makan

Ada banyak pilihan makanan di atas meja. Dan dalam satu waktu kita mungkin akan berhasrat untuk menyantap semuanya sebanyak yang kita mau.

Tapi alih-alih melakukannya, kesehatanpun harus jadi pertimbangan yang perlu kamu ingat. Dengan itu, kamu bisa mengontrol besaran porsi makanmu.

Makan dengan porsi yang cukup di dalam perut sangat dianjurkan karena hal ini bisa mengurangi dampak buruk bagi kesehatan, seperti nyeri perut, kekenyangan dan juga masalah lainnya.


5. Tak masalah lebih banyak mengunyah tapi dengan porsi yang kecil

Makan dalam waktu yang sering bukanlah masalah. Yang penting kamu bertujuan hanya untuk mencicipi atau memuaskan keinginan lidahmu untuk menikmati rasa makanan saja.

Berhentilah jika kamu mulai mengulangi mengambil makanan lebih dari dua kali.

Baca Juga:

Buat Kamu yang Gak Suka Sayur, Pakai Cara Ini Pasti Bikin Pengen Makan Sayur. Percaya Deh!

Makanan dan Kelompok Kecil, Begini Pentingnya Kenyang Saat Bahas Firman Tuhan

6. Kunyah makanan perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan bisa membantu mengurangi porsi makan. Tapi kebiasaan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Karena semakin halus makanan yang masuk ke dalam perut, semakin mudah lambung mencernanya.

7. Hindari minuman keras

Meminum segelas atau setengah gelas alkohol sebagai tradisi dalam sebuah perayaan itu sah-sah saja. Tapi akan merusak kalau minum berlebihan.

Dan sangat dianjurkan hanya mencicipi anggur merah asli saja ya.

8. Nikmati kebersamaan dengan keluarga dan teman

Thanksgiving bicara soal perayaan. Jadi, daripada hanya menghabiskan waktu untuk makan. Lebih baik menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan teman.

9. Evaluasi kondisi kesehatanmu

Seminggu liburan akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh. Kalau kamu lebih banyak olahraga dan mengurangi makan yang mengandung lebih banyak lemak, maka bisa dipastikan kondisi tubuhmu akan tetap fit.

Tapi kalau kamu merasa tubuhmu jauh lebih berat atau lebih lemah dan lemas, itu artinya kamu perlu memeriksa kebiasaan mana yang menyebabkan hal ini.

Pastikanlah supaya kondisi kesehatanmu tetap terjaga selama liburan. Apalagi cukup tidur juga sama pentingnya dengan mengatur pola makan yang sehat.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami