Buat Anak Muda, Kalau Mau Kerjanya Keren Ikuti Aja Nasihat Ini…
Sumber: EntrepreneurHUB

Finance / 14 November 2019

Kalangan Sendiri

Buat Anak Muda, Kalau Mau Kerjanya Keren Ikuti Aja Nasihat Ini…

Lori Official Writer
2837

Apakah kamu baru lulus kuliah? Mau cari kerja yang pas buat menunjang karir hidupmu?

Sebagai orang Kristen, kita harus menyadari kalau bekerja itu memang penting. Tapi bukan berarti kita harus memusatkan semua perhatian kita ke dalam pekerjaan.

Justru di masa mencari pekerjaan inilah kamu perlu memahami kalau bekerja seharusnya sejalan dengan pelayanan kita kepada Tuhan.

Beberapa orang lupa hal ini. Karena itu mereka berpikir pekerjaan adalah pekerjaan, bisnis adalah bisnis dan pelayanan adalah pelayanan.

Alkitab menuliskan bukan hanya penting menyadari kenapa kita bekerja, tapi juga bagaimana kita bekerja. Attitute sangat dibutuhkan dalam penerapannya di tempat kerja, seperti contoh bagaimana kita tetap bersikap jujur dan giat bekerja tapi tidak kehilangan jiwa kita.

“Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya.” (Markus 8: 36)

1. Tuhan di atas pekerjaan

Kalau orang dunia menempatkan karir di atas pekerjaan mereka dan saling menghakimi berdasarkan jabatan, wewenang, atau gaji mereka. Maka orang Kristen orang Kristen harus mengubah tempat kerja menjadi rumah untuk melayani Tuhan.

Kita bekerja harusnya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Tapi lebih dari itu, membantu orang lain yang membutuhkan.

“Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.” (Efesus 4: 28)

2. Lakukan pekerjaan yang menyenangkan

Kerjakanlah pekerjaan yang menyenangkanmu.

Karena itu banyak orang sukses mengatakan kalau bekerja dengan passion akan membuat kita bergairah. Karena kita gak hanya mengejar uang, tapi mengejar apa yang membuat kita bahagia.

Jadi, sebelum memutuskan bekerja di satu tempat tanyakan ke dirimu sendiri apakah bidang yang akan kamu ambil benar-benar sesuatu yang jadi passionmu? Jangan sampai kamu terjebak di tempat yang salah.

3. Pilih jenis karir yang tepat untuk menikmati kepuasan

Seorang anak muda mungkin berpikir kalau bekerja di beberapa bidang pekerjaan bergengsi akan sangat menyenangkan.

Sayangnya, gak semua pekerjaan yang kamu harapkan semenarik yang kamu bayangkan.

Karena itu, mulailah mencari tahu bagaimana sebenarnya pekerjaan yang akan kamu lamar.

“Lihatlah, yang kuanggap baik dan tepat ialah, kalau orang makan minum dan bersenang-senang dalam segala usaha yang dilakukan dengan jerih payah di bawah matahari selama hidup yang pendek, yang dikaruniakan Allah kepadanya, sebab itulah bahagiannya.” (Pengkhotbah 5: 18)

4. Jadilah terang di tempat kerja

Apapun jenis pekerjaanmu, lakukanlah dengan sebaik mungkin. Karena dengan itu kamu jadi terang di tempat kerja.

Inilah beda menjadi orang Kristen, bahwa kita harus selalu menjadi berkat dimanapun kita berada.

“Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.” (Amsal 21: 5)  

Jadi, jangan hanya terlihat bekerja waktu atasan atau bosmu ada. Tapi lakukanlah yang terbaik ada maupun gak adanya yang mengawasimu. Karena hal itu menunjukkan etos kerjamu.

5. Capailah kemandirian finansial

Bekerja keras untuk mencapai kemandirian finansial adalah hadiah yang patut dinikmati.

Tapi hanya bekerja keras saja gak cukup. Ada orang yang hanya punya gaji kecil tapi sudah bisa membeli rumah. Sebaliknya, mereka yang punya gaji yang lumayan besar malah tetap hidup dalam kekurangan setiap bulan.

Apa yang salah? Ternyata kebiasaan hidup sangat menentukan seberapa mandirinya hidupmu.

Apa kamu mau melakukan beberapa hal di atas untuk Tuhan?

Ubahlah pola pikirmu lebih dulu soal kenapa kita harus bekerja. Apakah untuk mengejar ambisimu seperti yang dilakukan orang dunia? Atau mengejar pekerjaan baik yang harus kita lakukan untuk orang lain?

Sumber : Godlyyouth.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami