Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
386


Setiap 12 November, kita selalu memperingati Hari Ayah Nasional. Sama seperti Hari Ibu, seorang ayah juga pantas mendapatkan penghargaan atas apa yang dia sudah lakukan. Bukan hanya jadi ayah, tapi dia juga harus jadi suami dan penopang keluarga. Bayangnya, beratnya tugas seorang ayah.

Karena itu, di hari istimewa ini mari menyampaikan rasa bangga kita kepada para ayah. Mari berterima kasih karena sudah mau belajar jadi ayah yang baik. Berjuang untuk jadi pahlawan tanpa tanda jasa.

Dan untuk para ayah, yang merasa belum sepenuhnya memberikan yang terbaik baik anak dan istri. Jangan rendah diri! Gak ada kata terlambat untuk terus belajar untuk jadi pribadi yang bisa diandalkan keluargamu.

Ada 9 pelajaran yang bisa para ayah lakukan biar merasa bisa jadi pahlawan buat anak-anakmu.

1. Jadilah Pelindung

Setiap anak butuh merasa aman. Sebagai ayah, mereka mengandalkanmu untuk melakukannya. Saat anak-anak menatapmu dengan tatapan penuh harapan, mereka sebenarnya merasa bangga karena punya ayah seorang pahlawan yang akan selalu melindungi mereka.

2. Ayah yang Lembut dan Penyayang

Masyarakat kita mungkin sudah memercayai pandangan kalau seorang ayah itu harus kuat, tangguh dan keras. Sikap ini mungkin penting saat berhadapan dengan pihak yang berusaha mengancam keluargamu. Tapi tidak kepada anak-anak. Sebagai ayah, tunjukkanlah kelemahlembutan dan sikap penyayangmu. Karena dari sanalah mereka akan mengenal rasa cinta dari sosok seorang ayah.

3. Tunjukkan Rasa Hormat Ke Istri Dan Mertua

Jadi pahlawan gak melulu bicara tentang tindakan yang mengandalkan otot. Tapi jauh lebih besar dari itu, pahlawan juga perlu punya rasa hormat ke semua orang, khususnya ke istri dan mertua.

Karena dengan itulah anak-anakmu akan bangga karena mereka punya ayah yang patut diteladani.

4. Jadi Teman yang Menghibur

Jangan bilang ini adalah pekerjaan istri. Tidak! Ayah berpengaruh besar menentukan bagaimana anak tumbuh dengan baik. Anak-anak suka kalau ayahnya bisa jadi teman yang lucu, suka bercanda dan membuat mereka tertawa. Gak ada yang lebih membanggakan dari membuat anak bahagia.

5. Mengenal Anak Lebih Dekat

Setiap anak punya keunikannya masing-masing. Karena itu, perlakukanlah sesuai dengan keunikan yang mereka punya. Anak-anak mau mereka dimengerti.

Baca Juga:

Inilah Ayat-ayat Alkitab yang Perlu Para Ayah Renungkan. Selamat Hari Ayah!

Peringati Hari Ayah, Inilah Pesan Bapa di Surga Buat Kita Sebagai Anak-anaknya

6. Gak Mau Menunjukkan Kasih

Jangan kaku. Jadilah ayah yang berani menunjukkan kasih ke anak. Lakukan dengan tindakan, entah dengan memeluk, mencium, atau mengatakan ‘I love you’. Sebagian ayah mungkin agak sulit melakukannya, tapi waktu kamu membiasakan diri melakukannya anak akan merasa dicintai.

7. Perlengkapi Anakmu

Ayah gak hanya berperan membayar uang sekolah anak atau kebutuhannya. Tapi ayah juga perlu berperan dalam memperlengkapi anak sejak masa kecilnya. Terutama mengajarkan mereka soal firman Tuhan, soal mana yang baik dan yang buruk dan siapa yang harus diikuti dan siapa yang bukan, serta bagaimana cara bergaul yang sehat dan baik.

8. Biarkan Anak Hidup Mandiri

Salah satu kesalahan orangtua adalah terlalu melindungi anak. Walaupun ayah berperan sebagai pahlawan untuk melindungi anak, bukan berarti ayah gak memberi anak kesempatan untuk belajar melindungi diri mereka sendiri. Seiring bertambah usia, ajarlah anak untuk menjalani hidupnya sendiri. Sementara ayah hanya berperan sebagai mengawas dari jauh. Tunjukkanlah bagaimana cara untuk hidup mandiri lewat cara hidupmu.

9. Belajarlah Apa yang Anak Pelajari

Jaman berubah dan gaya hidup generasi pun akan ikut berubah. Untuk jadi ayah yang selalu bisa diandalkan, teruslah mengikuti perkembangan, terutama tetap update dengan apa yang anak sedang minati. Dengan itu, saat anak punya masalah atau kendala mereka bisa mengandalkan ayahnya. Bukankah itu mengesankan?

Banggalah kalau anak mau mengandalkan ayahnya. Dan dengan itu, anak tahu nilai yang mereka dapatkan dari ayah mereka berguna dan penting bagi hidup mereka.

Jadi sekali lagi, di hari yang istimewa ini hampirilah ayah kita dan sampaikan ucapan terima kasih karena sudah mau belajar untuk jadi pahlawan bagi anak-anaknya.

 

Jika kamu butuh didoakan atau butuh hubunganmu dipulihkan dengan ayah, kamu bisa menghubungi konseling center kami Sahabat 24 di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DI SINI.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:38

Samaritan

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:05

Samaritan purse

0 Answer

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

advertise with us