Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
354


Apa reaksi kita saat mendengar kata pensiun? Ah masa masih muda gini udah kepikiran buat pensiun, sih? Umumnya, orang akan mengalami masa pensiun saat usianya menginjak angka 55 tahun. Sebuah fakta yang tertulis di Kompasiana bahkan menjelaskan kalau ada 90% pekerja di Indonesia sama sekali nggak siap buat pensiun.

Kita sama-sama tahu kalau masa bekerja itu nggak akan terjadi selamanya. Maka dari itu, sebuah perencanaan adalah hal yang paling bisa kita lakukan sejak sekarang ini.

Di pikiran kita, pada masa pensiun nanti, uang kita cukup untuk pergi berkeliling negara atau masih punya kesehatan buat berkunjung ke cucu-cucu. Iya, kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, untuk itu kita harus mulai merencanakannya sejak sekarang ini.

Saking pentingnya pensiun ini, bahkan pemerintah pun sudah mulai mengakomodasi kita dengan program pensiun yang dibuat dari BPJS, lho. Selain dari dana BPJS, ada hal lain yang bisa kita usahakan agar bisa mencapai tujuan finansial kita yang satu ini: yaitu agar bisa pensiun tanpa harus membebani anak cucu, bahkan bisa menikmati uang hasil bekerja keras kita.

Caranya? Yuk lakukan dua kebiasaan di bawah ini.

Berani bermimpi setinggi mungkin

Meski terdengar sederhana, kenyataannya hal ini cukup sulit buat dilakukan. Nggak sedikit dari kita yang takut untuk bermimpi. Kita mulai berpikir realistis dengan segala kemungkinan yang ada. Padahal, kita semua tahu kalau banyak orang sukses yang memulai langkah sukses mereka dengan mimpi.

Untuk itu, kalau kita belum punya mimpi besar sampai saat ini, mungkin ini saatnya buat mengambil waktu sejenak untuk bermimpi. Iya, kalian nggak salah dengar kok, kita memang harus meluangkan waktu buat mimpi, dan menyetel ulang kehidupan kita. Kalau saat ini kita sudah punya visi untuk masa pensiun, maka ini saatnya buat mengecek kembali soal sampai mana mimpi kita tersebut tercapai.

Mimpi itu bukan soal berapa banyak uang yang akan kita miliki semasa pensiun nanti, tetapi soal bagaimana kita akan menikmati hasil kerja keras kita selama ini. Apakah kita pengin menghabiskan sisa hidup untuk berkelana ke negara-negara lain? Atau mungkin pengin menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang dikasihi?

Satu hal soal mimpi yang perlu kita ingat adalah bahwa mimpi tersebut harus bisa terukur. Sebutkan angkanya. Mimpi itu gratis, bukan? Mereka yang punya kemampuan yang kuat buat mewujudkan mimpi itulah yang akan menjadikan masa pension mereka menyenangkan.

Buat rencananya, dan fokus untuk melakukannya

Sebuah mimpi hanya akan jadi sebatas mimpi kalau nggak beriringan dengan yang namanya rencana. Masa pensiun kita yang akan datang itu, sangat tergantung dari apa yang kita lakukan hari ini. Kalau kita pengin jadi seorang miliarder saat pensiun nanti, maka mulailah dengan membangun sebuah pola pikir ala miliarder.

Jauh-jauh dari yang namanya hutang konsumtif dan nggak pernah menghabiskan uang lebih dari yang kita hasilkan. Juga, jangan lupa buat meminta bantuan dari orang lain yang lebih berpengalaman. Kita bisa mencari mentor buat hal ini.

Kalau ada waktu dimana kita pengin menyerah, coba ingatkan diri soal alasan kenapa kita harus bekerja keras. Ini adalah tentang orang-orang yang kita kasihi, juga alasan kenapa kita berada di dunia ini. Ingat kalau masa depan itu nggak cuma soal kerja keras dan bermimpi, tetapi juga soal menikmati apa yang kita miliki saat ini.

Merencanakan pensiun merupakan salah satu tujuan keuangan yang perlu kita lakukan. Untuk itu, kita harus mulai membuka pikiran soal investasi apa yang harus dilakukan, atau mengenai pembelajaran apa yang harus kita ambil untuk membuka peluang baru.

Terakhir, kita harus meminta bimbingan dari Tuhan. Yakobus 1:5 mengingatkan kita, "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya."

Jadi, selamat bermimpi dan merencanakan masa pensiun! Apakah kamu memiliki pergumulan dengan kehidupan rumah tanggamu atau masalah hidup lainnya dan rindu pertolongan Tuhan, yuk hubungi Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer

Merry Novianty 6 December 2019 - 08:04:01

terlilit hutang rentenir

0 Answer

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

advertise with us