Bantu Anak Kenali Identitasnya Dalam Tuhan Dengan 3 Hal Sederhana Ini…
Sumber: Jawaban.com

Relationship / 31 August 2022

Kalangan Sendiri

Bantu Anak Kenali Identitasnya Dalam Tuhan Dengan 3 Hal Sederhana Ini…

Lori Official Writer
3997

Seorang anak gak akan pernah tahu identitasnya kalau dia gak dididik untuk mengenali dirinya di rumah.

Anak bisa sangat mudah kehilangan identitas dirinya saat berada di luar rumah. Anak bisa saja kehilangan identitas yang sebenarnya karena ucapan atau tindakan yang dia terima di luar rumah. Seperti saat diejek, dikata-kata bodoh, jelek, gak berharga, tolol, dan ucapan-ucapan buruk lainnya.

Saat anak mulai mempercayai hal itu, saat itulah mereka akan mulai membenci dirinya dan berubah jadi pribadi yang sama dengan dunia.

Dalam Yehezkiel 16 dikisahkan tentang umat Tuhan di Yerusalem yang hidup bertentangan dengan kehendak Tuhan. Saat itu Yerusalem bagaimana seorang anak yang kehilangan identitasnya. Karena itulah Tuhan menegur dan menyampaikan tentang identitas aslinya.

“Asalmu dan kelahiranmu ialah dari tanah Kanaan; ayahmu ialah orang Amori dan ibumu orang Heti. Kelahiranmu begini: Waktu engkau dilahirkan, pusatmu tidak dipotong dan engkau tidak dibasuh dengan air supaya bersih; juga dengan garampun engkau tidak digosok atau dibedungi dengan lampin. Tidak seorangpun merasa sayang kepadamu sehingga diperbuatnya hal-hal itu kepadamu dari rasa belas kasihan; malahan engkau dibuang ke ladang, oleh karena orang pandang enteng kepadamu pada hari lahirmu. Maka Aku lalu dari situ dan Kulihat engkau menendang-nendang dengan kakimu sambil berlumuran darah dan Aku berkata kepadamu dalam keadaan berlumuran darah itu: Engkau harus hidup dan jadilah besar seperti tumbuh-tumbuhan di ladang! Engkau menjadi besar dan sudah cukup umur, bahkan sudah sampai pada masa mudamu. Maka buah dadamu sudah montok, rambutmu sudah tumbuh, tetapi engkau dalam keadaan telanjang bugil.” (Yehezkiel 16: 3-7)

Sama seperti yang dilakukan Tuhan terhadap umat Yerusalem, orangtua juga bisa membangun identitas anak melalui 3 hal ini:

1. Sampaikan Keunikan Anak

Sampaikanlah kebanggaan atas anak.

Sampaikan hal unik yang anak miliki dalam dirinya dan dorong mereka untuk memakai karunia yang sudah Tuhan berikan.

 

Baca Juga: Begini Cara Jawab Pertanyaan Nyeleneh Anak yang Bikin Orangtua Terdiam

 

 

2. Ajarkan anak kalau tak ada manusia yang sempurna

Kadang orangtua harus membiarkan anak mencoba menjadi dirinya sendiri. Sampai dia menemukan identitasnya sendiri di dalam Kristus. Mereka bisa saja mencoba beragam hal. Di satu sisi anak bisa gagal dan di sisi lain dia bisa berhasil. Tak perlu kuatir. Kegagalan mereka hanya akan jadi anak tangga menuju kesuksesan yang akan datang.

 

3. Arahkan anak kembali ke Tuhan

Ingatkan bahwa anak adalah karya buatan Tuhan. Karena itu penting untuk tahu siapa dirinya di dalam Tuhan.

Memberitahu identitas anak di dalam Tuhan gak semudah hanya menyampaikannya saja. Tapi menjadi tugas orangtua untuk membuat anak percaya. Kepercayaan inilah yang membantunya bertumbuh dalam apa kata Tuhan, bukan manusia.

Sampaikanlah beberapa bagian ayat ini ke anak:

  • Aku adalah ciptaan yang luar biasa dari Tuhan. Dia tahu segalanya tentangku. (Mazmur 13: 14)
  • Aku dibentuk sebagai cerminan dari Tuhan. Kemampuanku untuk menciptakan, belajar dan mencintai datang dari Tuhan sendiri. Aku punya banyak kesamaan dengan Tuhan sendiri (Kejadian 1: 27).
  • Aku diadopsi ke dalam keluarga Tuhan, dan aku akan hidup untuk selama-lamanya sebagai anak Allah (Roma 8: 15).
  • Aku dibuat dengan satu tujuan. Tuhan mempersiapkan hal-hal baik untuk aku lakukan, dan Dia akan memberikan semua yang aku butuhkan untuk melakukannya (Efesus 2: 10).
  • Aku dipilih oleh Tuhan dan aku istimewa dimata-Nya (1 Petrus 2: 9).
  • Aku adalah warga negara Kerajaan Surga. Aku hanya menumpang di dunia ini (Filipi 3: 20).
  • Aku tidak akan dibiarkan sendiri dalam kegelapan. Firman Tuhan akan menolongku menemukan jalan ketika berada di masa-masa kekelaman (Mazmur 119: 105).

 

Baca Juga: Gak Kayak Biasanya, 5 Tanda Anak Lagi Tutupi Masalahnya Sendirian

Anak-anak kita adalah warisan yang harus kita jaga. Jangan sampai dunia membohongi mereka dengan ucapan-ucapan kosongnya.

 

Di bulan ini, CBN Indonesia sedang mengadakan Church Talent Festival. Ini adalah ajang untuk membantu anak mengeluarkan potensi yang dimiliki. Terdapat empat bidang yang diperlombakan diantaranya Dance, Musik, Vocal dan Story Telling. Parents bisa mendaftarkan anak Anda di ajang ini, dengan cara klik di sini: https://www.jawaban.com/churchtalentfestival/

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami