Yakin Orang Kristen Mau Rayain Halloween? Ketahui Asal Usulnya Ini Dulu Yuk!
Sumber: Gelson's Markets

Parenting / 31 October 2019

Kalangan Sendiri

Yakin Orang Kristen Mau Rayain Halloween? Ketahui Asal Usulnya Ini Dulu Yuk!

Naomii Simbolon Official Writer
3545

Di negara-negara barat, halloween adalah hal yang selalu di tunggu-tunggu. Di Indonesia juga, beberapa artis merayakan hal ini mulai dari kalangan biasa  hingga kalangan terkenal. Sekarang, apakah kamu dan keluargamu merayakan halloween? Atau anak-anakmu masih bingung tentang halloween? Ketika kamu melarangnya, kemudian mereka bertanya dengan berbagai pertanyaan yang membuatmu sulit untuk menjelaskannya.

Nah, untuk membantu anak mengerti tentang halloween dan merayakannya dengan melakukan penjangkauan bersama, coba lakukan diskusi ini yuk!

 

1. Diskusikanlah dengan mereka gimana caranya menjadi misi untuk mengenalkan Yesus dalam perayaan Halloween ini. 

Efesus 5:15-16, "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat."

Yesus memerintahkan kita untuk mengasihi sesama kita, baik itu orang-orang di lingkungan kita, termasuk orang yang merayakan Halloween. Tanyalah kepadanya, apakah salah jika kita menjadi keluarga yang memiliki misi mengenalkan Yesus selama musim Halloween ini?

Setelah kamu melakukan brainstorming beberapa ide, maka praktikkanlah  bersama.

Jika anak-anak kamu tidak punya ide untuk menjawab pertanyaan itu, maka coba tanyakan tentang siapa yang bisa kita doain pada saat ini di tahun ini, apakah ada cara untuk memberi tahu Yesus pada Halloween.

2. Ketika mereka takut maka kembalilah ke Alkitab

Coba bertanya kepada mereka, apa yang membuat mereka takut jika melihat kostum dalam perayaan Halloween. 

Ajaklah mereka berkeliling di malam Halloween tersebut dan melihat serta menyembutkan 3 hal yang ditakuti.

Kemudian, jelaskan kepada mereka apa saja kisah dalam Alkitab yang menunjukkan orang takut. Misalnya Yunus (Yunus 1). Petrus (Lukas 24:54-62), Abraham dan Sarah (Kejadian 20:1-12) atau Paulus dan Barnabas (Kis 16:22-34)

Berikan penjelasan tokoh Alkitab di atas, supaya mereka berani dan imannya terus bertumbuh melawan siasat iblis.

BACA JUGA : 3 Cara Mendidik Anak Agar Tak Sekedar ke Gereja Tapi Memiliki Hubungan Dekat Dengan Allah!

3. Seberapa dekat mereka dengan terang dan seberapa dekat mereka dengan kegelapan jika merayakan Halloween.

Yohanes 2:19-20 menuliskan, "Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"

Beritahu anakmu bahwa Yesus yang adalah cahaya sudah datang dan turun ke dunia. Tapi meski begitu, tetap masih banyak orang yang menyukai kegelapan, karena ketika mereka dalam terang maka perbuatan mereka akan terlihat sebagai sebuah kejahatan.. Setiap orang yang melakukan kejahatan pasti akan membenci terang.

Tanyakan kepadanya, dekorasi mana yang populer di pikirannya tentang Halloween, lalu tanyakan mana dari dekorasi ini yang di fokuskan pada kematian atau kegelapan atau sebuah dosa. Lalu tanyakan, jika kita merayakan Halloween apakah itu merayakan terang atau kejahatan.

Jadi, itulah 3 topik yang bisa kamu bahas dengan anak-anakmu mengenai Halloween. Semangat ya Ma dan Pa. Pastikan mereka bertumbuh dalam Tuhan!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami