Tidak Selalu Masalah Kepahitan. Depresi Bisa Menjadi Penyebab Kenapa Temanmu Jarang Gereja
Sumber: Unsplash.com

Kata Alkitab / 30 October 2019

Kalangan Sendiri

Tidak Selalu Masalah Kepahitan. Depresi Bisa Menjadi Penyebab Kenapa Temanmu Jarang Gereja

Naomii Simbolon Official Writer
2847

Depresi bisa menyerang siapa saja. Tapi, nggak semua dari kita tahu gimana rasanya. Coba deh tanyakan dirimu sendiri, apa saja yang kamu tahu tentang depresi? Apa saja dampak dari depresi dan penyebabnya. Apakah kamu tahu itu?

Untuk mengetahui tentang depresi, coba deh baca beberapa hal yang mereka alami di bawah ini.

Kadang, ketika seseorang tidak pergi ke gereja, atau menjauhkan diri dari kita, kita akan merasa kesal dan komplain, padahal ada hal-hal tertentu yang memang mereka alami. Ketahui yuk supaya kamu tahu gimana caranya menyikapi mereka :

1. Mereka biasanya mengalami penurunan minat dalam berkomunitas

Salah satu aspek penting dalam hubungan kita dengan Tuhan adalah memiliki komunitas dan membangun hubungan dengan orang lain.

Namun, ketika seseorang mengalami depresi maka minat mereka akan menurun dalam kegiatan sosial.  Hal ini bisa kita cegah dengan cara mendekati mereka, dan mendatangi mereka ke rumah.

Bawa komunitas ke rumahnya jika dia tidak mau lagi menghampiri komunitas. Sebenarnya, orang yang depresi membutuhkan orang lain untuk membantu mereka berjalan dan bangkit kembali.

Mainlah sekedar masak-masak bareng atau menonton TV di kosan atau rumahnya. Ini sangat bermakna bagi mereka.

2. Orang yang depresi biasanya gampang lelah sehingga cenderung malas

Jika kamu punya teman se-kos atau adikmu atau kakakmu bermalas-malas, dan sering mengalami sakit nyeri fisik dan sesak nafas maka mungkin dia sedang depresi.

Jangan memaksakan dia untuk bekerja atau melakukan sesuatu sesuai dengan yang kamu mau, biarkan dia bersantai di kasur atau sofa sambil menonton TV dan memberi makan pikirannya.

Ajak dia ke gereja juga, tapi jangan terlalu memaksa.

3. Orang yang depresi cenderung merasa terpisah dari Tuhan

Asal kamu tahu bahwa orang yang depresi cenderung mengalami pertempuran secara spiritual, Mereka akan mengalami peperangan antara hati dan pikiran mereka. Pikiran mereka percaya bahwa Tuhan mencintai mereka, tapi hati dan emosi mereka merasa sebaliknya, sehingga membuat mereka memiliki perasaan yang terpisah dari Tuhan, padahal Tuhan ingin sekali dekat dengan mereka.

Kadang, mereka ingin mengisolasi dari gereja dan komunitas. Makanya jangan heran kalau ada teman yang jarang ke gereja. Coba tawarkan kata-kata semangat dan menjadi sahabat mereka. Berdoa bagi mereka bahkan doakan dia ketika bertemu.

BACA JUGA : 4 Alasan Alkitab Kenapa Angka 7 Sangat Penting Bagi Orang Kristen dan Angka Yang Suci!
4. Mereka akan mengalami insomnia, makanya kalau di gereja mereka cenderung ngantuk dan ingin tidur

Kamu harus memahami ini, jangan langsung salah paham ketika temanmu selalu ngantuk dan tertidur pas Firman di gereja. Bisa jadi mereka nggak bisa tidur karena depresi, atau sering terbangun di tengah malam karena depresi.

Tanyalah kepada mereka, kenapa mereka ngantuk setelah melihatnya beberapa kali. Pastikan kamu tahu penyebab sebenarnya, jangan langsung menghakimi ya!

5. Mereka akan mengalami kepanikan, cemas bahkan ditengah keramaian

Barusan, seorang pengikutku di Instagram menghubungiku dan berkata bahwa dia mengalami kepanikan sampai tangannya bergetar. Dia takut menghadapi teman-temannya dan dosennya, dan ingin memutuskan diri pulang dari kampus.

Ini adalah ciri seseorang yang tengah depresi. Mereka akan mengalami kesedihan sepanjang waktu, takut kepada teman-teman bahkan sekomunitas mereka. 

Itulah 5 ciri orang yang sedang depresi. Jangan langsung menghakimi seseorang hanya karena dia tidak mau di hunjuk melayani atau ke gereja atau komsel ya. Coba temui dia dan jangan berhenti berdoa untuknya. Dia sangat membutuhkan itu!

 

 

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami