Yakin Orang Kristen Mau Rayain Halloween? Ketahui Asal Usulnya Ini Dulu Yuk!
Sumber: fiestino.ru

Single / 28 October 2019

Kalangan Sendiri

Yakin Orang Kristen Mau Rayain Halloween? Ketahui Asal Usulnya Ini Dulu Yuk!

Naomii Simbolon Official Writer
3294

Apakah kamu merayakan Halloween? Tahu nggak sih asal usul dari Halloween? Terus bisa nggak sih orang Kristen merayakan Halloween?

Tahu nggak kalau ternyata Halloween di mulai dengan sebuah festival yang diberi nama 'Summer's End' atau Samhain yang dirayakan 2000 tahun lalu sebagai awal tahun bagi kaum Celtic alias Yunani Kuno.

Nah, selama festival tersebut petani Celtic membawa ternak untuk musim dingin dan memanem hasil tani mereka.

Kemudian, mereka akan mengorbankan hasil panen terbaik dan ternak terbaik untuk menenangkan dewa-dewa kafir.

1. Kenapa Halloween di rayakan tanggal 31 Oktober?

Jadi, menurut legenda Celtic, peri memberikan mantra sehingga orang mati akan berjalan diantara manusia selama festival Samhain tersebut. Kemudian pada tanggal 31 Oktober, orang-orang Eropa Utara kuno itu pada percaya bahwa ketika mereka mengunjungi orang mati makan mereka akan menemukan masa depan mereka dari roh yang abadi.

Asal kamu tahu saja bahwa bangsa Celt ini sangat percaya dengan takhayul dan mengira bahwa roh-roh jahat tersebut bisa merusak tanaman, memiliki hidup dan bisa menyebarkan penyakit yang nggak bisa disembuhkan. Nah, itu sebabnya, mereka menggunakan kostum yang menakutkan serta menyembunyikan binatang dan melayang ketakutan di sekitar api unggung.

2. Tradisi makanan dari Halloween yg harus kamu tahu.

Tradisi ini dilakukan selama Samhain. Yaitu kebiasan kuno dimana orang miskin akan pergi jauh dari rumah mereka kemudian mendatangi sebuah rumah lain untuk meminta kue jiwa.

Sebagai imbalannya dari kue jiwa tersebut, para peminta alias pengemis harus berdoa untuk anggota keluarga yang baru saja meninggal. Nah, sampe sekarang kayaknya masih ada deh kue soul tersebut. Itu seperti roti bundar yang diisi dengan kismis.

3. Pumpkins dan Jack-o-Laterns juga merupakan bagian dari pengetahuan Celtic

Sebuah kisah diceritakan bahwa seorang petani mabuk bersama Stingky Jack yang  begitu jahat sehingga ketika dia meninggal, dia dengan begitu gelisah berkeliaran diantara surga dan neraka, tidak bisa masuk melalui salah satu dari itu. Nah, ketika dia menjelajahi kegelapan, dia kemudian melobangi lobak dan menyalakan batu bara untuk menerangi jalannya.

BACA JUGA :

Inilah Ayat Firman Yang Penting Untuk di Ingat Dalam Membangun Persahabatan

4. Bobbing untuk aple juga punya mitos loh!

Jadi, bangsa Celtic itu percaya bahwa praktik itu dulu dianggap sebagai bentuk ramalan. Menurut NPR, mengayun-ayunkan apel adalah praktik dimana orang akan mencelupkan kepala mereka ke dalam tong air dan kemudian akan mengigit buah apung untuk mencari tahu pasangan masa depan mereka. Para wanita akan menandai sebuah apel dan melemparkannya ke dalam bak.  Percayanya sih bahwa mereka akan ditakdirkan menikah dengan siapapun yang mengeluarkan mereka dari air.

Setelah mengetahui 4 hal di atas, lantas gimana sih seharusnya orang Kristen menangani Halloween?

Sebenarnya, hal ini adalah pilihan bagi kita orang Kristen apakah kita mau ikutan atau tidak dalam perayaan Halloween.

Kalau kamu sudah mengerti tentang kebenaran, maka mungkin kamu pasti mengerti tentang apa yang Alkitab katakan mengenai finalitas kematian, janji melalui Yesus dan harapan untuk bangkit kembali.

Selain itu, jika memang ingin merayakannya jadikanlah ini sebagai waktu utnuk membangun komunitas dan menunjukkan belas kasih Tuhan dan membagikan pesan Kristus

Di seluruh dunia, ada banyak gereja yang merayakan Halloween dan menyediakan tempat bagi keluarga untuk merayakannya. Agar masyarakat tahu bahwa orang Kristen itu tidak mengisolasi, kita juga bisa menerima keadaan dan trend tapi tetap harus membandingkannya dengan Alkitabiah.

 

Sumber : crosswalk | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami